5 Manfaat Lemak Jenuh Tunggal Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Manfaat Lemak Jenuh Tunggal Bagi Kesehatan

Asupan lemak sering kali dikambinghitamkan sebagai penyebab mutlak berbagai macam penyakit. Padahal, sebenarnya lemak juga dibutuhkan untuk menjaga fungsi organ-organ tubuh. Salah satunya lemak jenuh tunggal.

Lemak jenuh tunggal adalah salah satu jenis lemak yang baik untuk Anda konsumsi setiap hari. Jenis lemak ini justru berfungsi sebagai pengganti lemak jenuh dan lemak trans yang merugikan kesehatan. Memangnya, apa saja manfaat lemak jenuh tunggal untuk kesehatan?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Manfaat lemak jenuh tunggal bagi kesehatan

Secara umum, lemak jenuh tunggal berfungsi untuk mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sehingga aktivitas di saluran cerna tidak terganggu. Asupan lemak jenuh tunggal haruslah seimbang, dalam artian tidak kelebihan maupun kekurangan, agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal.

Baca Juga: Lemak Jenuh, Tak Jenuh, dan Trans: Apa Bedanya?

Sejumlah manfaat lemak jenuh tunggal adalah sebagai berikut:

1. Kadar kolesterol seimbang

Manfaat lemak jenuh tunggal yang bisa Anda peroleh adalah kadar kolesterol menjadi seimbang. Kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dapat berangsur-angsur menurun secara signifikan, kemudian akan menaikkan kadar HDL atau kolesterol baik yang diperlukan oleh tubuh.

Baca Selengkapnya: Benarkah Lemak Jenuh Adalah Lemak Jahat?

2. Mendukung pertumbuhan sel tubuh

Manfaat lemak jenuh tunggal selanjutnya adalah mampu menjaga regenerasi sel tubuh Anda dengan lebih optimal. Kandungan vitamin E yang ada dalam lemak jenis ini sangat penting dalam menjaga kekebalan tubuh dan panca indera, sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

3. Aman untuk penderita diabetes

Orang yang sedang menderita penyakit tertentu biasanya lebih ketat dalam membatasi asupan makanannya. Apalagi yang berkaitan dengan lemak, jenis nutrisi ini biasanya dihindari oleh penderita diabetes.

Kabar baiknya, penderita diabetes tipe 2 masih bisa mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung lemak jenuh tunggal. Pasalnya, jenis leamk ini bermanfaat untuk mengendalikan jumlah kadar gula darah dengan cara yang lebih optimal.

4. Meredakan stres

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di kawasan Mediterania cenderung lebih sedikit mengalami stres hingga bunuh diri, dibandingkan dengan masyarakat yang berada di kawasan Eropa Utara. 

Hal tersebut dipercaya bahwa masyarakat di kawasan Mediterania sering mengonsumsi lemak jenuh tunggal secara rutin yang berasal dari minyak zaitun dan minyak ikan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lemak jenuh tunggal akan senantiasa membuat Anda lebih awet muda. Hal ini karena tubuh memang memerlukan asupan lemak baik yang cukup untuk menjaga elastisitas kulit, terutama di bagian wajah.

Sumber makanan kaya lemak jenuh tunggal

Nah, sekarang Anda tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi lemak jenuh tunggal karena manfaatnya sangat baik bagi kesehatan. Namun dengan catatan, asupannya tetap diseimbangkan dan jangan sampai berlebihan, agar tidak malah membahayakan kesehatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Berikut ini beberapa sumber makanan yang kaya lemak jenuh tunggal, antara lain:

1. Mengganti menu camilan

Apabila Anda menjadi salah satu tim ngemil kue kering alias cookies atau keripik kentang, sebaiknya segera kurangi asupannya. Pasalnya, kedua jenis camilan tersebut biasanya tinggi akan kandungan gula dan bahan pengawet

Sebagai solusinya, Anda bisa memulainya dengan mengganti menu tersebut dengan camilan dari kacang-kacangan. Dengan demikian, Anda tetap bisa ngemil dengan cara dan menu yang lebih sehat.

2. Mengganti minyak goreng

Apabila Anda sudah terbiasa menggunakan mentega untuk memasak berbagai jenis olahan, mulai saat ini segera ganti minyak kelapa dengan minyak zaitun atau Canola oil. Kedua jenis minyak tersebut mengandung lemak yang baik dan aman bagi kesehatan.

3. Menambah menu salad

Agar mendapatkan lemak jenuh tunggal harian yang cukup, mulailah dengan menambah menu salad sehat ke dalam daftar makanan harian Anda. Jangan lupa juga untuk menambahkan buah alpukat pada roti atau salad di pagi hari atau menjelang makan malam.

Nah, mulai sekarang jangan takut lagi untuk mengonsumsi makanan kaya lemak jenuh tunggal. Selama asupannya tidak berlebihan, manfaat lemak jenuh tunggal bisa didapatkan secara maksimal dan baik untuk kesehatan.

Baca Selengkapnya: Kandungan Lemak Dalam Makanan Favoritmu

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The role of reducing intakes of saturated fat in the prevention of cardiovascular disease: where does the evidence stand in 2010?. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3138219/)
Saturated Fat: Good or Bad?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/saturated-fat-good-or-bad)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app