GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

5 Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Dipublish tanggal: Jul 3, 2020 Update terakhir: Sep 1, 2021 Waktu baca: 2 menit
5 Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Ikan gabus atau channa striata sangat dikenal manfaatnya untuk mempercepat penyembuhan luka karena mengandung albumin yang tinggi
  • Ikan gabus juga mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh yang meliputi kalsium, fosfor, zat besi, serta vitamin A dan vitamin B
  • Protein yang tinggi pada ikan gabus juga ikut membentuk dan memelihara kesehatan otot sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes
  • Albumin juga memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh dan membantu memperbaiki jaringan sel yang rusak
  • Selain ikan gabus (channa striata), sejumlah makanan yang tinggi protein di antaranya kacang-kacangan, putih telur, serta susu dan produk olahannya
  • Klik untuk membeli suplemen Ikan Gabus atau multivitamin dan suplemen lainnya melalui HDmall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD

Ikan gabus atau channa striata sangat dikenal karena kemampuannya untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini disebabkan karena ikan gabus memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, terutama kadar albumin yang merupakan protein utama yang dihasilkan oleh hati (liver).

Kandungan protein albumin pada ikan gabus bahkan digadang-gadang lebih tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya bahkan dengan telur sekalipun. Selain kaya akan albumin yang dapat membantu pemulihan luka, adakah manfaat ikan gabus bagi kesehatan lainnya? 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

5 Manfaat ikan gabus bagi kesehatan

Selain kadar protein albumin yang tinggi, ikan gabus juga mengandung sejumlah nutrisi penting meliputi kalsium, fosfor, zat besi, serta vitamin A dan vitamin B yang dibutuhkan tubuh.

1. Memperbaiki masalah kurang gizi

Manfaat ikan gabus yang umumnya telah diolah menjadi ekstrak ikan gabus ternyata juga dapat membantu memperbaiki masalah kurang gizi. Oleh karena itu, suplemen ikan gabus dapat dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, maupun orang lanjut usia yang membutuhkan asupan protein tambahan. 

Baca juga: Kenali Gejala Malnutrisi atau Kurang Gizi Sejak Dini

2. Membentuk dan memelihara kesehatan otot

Kandungan protein yang tinggi pada ikan gabus juga ikut membantu pembentukan dan pemeliharaan kesehatan otot tubuh. Meski tidak bisa dibandingkan dengan nutrisi pada ikan salmon, tetapi ikan gabus yang termasuk dalam golongan ikan air tawar memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan otot.

3. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Manfaat ikan gabus yang mengandung tinggi albumin tak hanya mencukupi kebutuhan protein tubuh, tetapi juga mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangan cairan, maka fungsi organ tubuh dapat terganggu, termasuk proses penyerapan protein di dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Struktur ikan gabus yang kenyal dan memiliki kadar protein yang tinggi membuat ikan gabus mudah dicerna dalam sistem pencernaan. Hal ini tentu membuat fungsi saluran cerna dapat berjalan lancar tanpa menimbulkan gangguan pencernaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: Ketahui Cara Meningkatkan Bakteri Baik dalam Pencernaan

5. Mengatasi penyakit diabetes

Kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan gabus diperkirakan baik dalam mengatasi penyakit diabetes dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan nutrisi ikan gabus cukup untuk memenuhi asupan kalori harian yang dibutuhkan tubuh serta membantu pankreas menghasilkan hormon insulin.

Mengetahui seputar kandungan albumin yang diperlukan tubuh

Albumin sendiri memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan dapat membantu memperbaiki jaringan sel yang rusak (regenerasi sel) sehingga membantu mempercepat penyembuhan luka terutama pasca operasi.

Kadar albumin yang normal seharusnya berkisar 60 persen dalam komponen plasma darah. Kondisi tubuh yang mengalami kekurangan atau defisiensi albumin disebut dengan hipoalbuminemia di mana hal tersebut juga dapat dipengaruhi oleh terganggunya fungsi kerja ginjal dan hati (liver), mengalami peradangan (inflamasi), ataupun akibat kekurangan gizi (malnutrisi). 

Baca juga: Fungsi Albumin, Kadar Normal, dan Penyakit Terkait

Selain terdapat pada ikan gabus (channa striata), untuk membantu mengatasi defisiensi albumin, ada sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi dan mengandung tinggi protein, di antaranya kacang-kacangan, putih telur, serta susu dan produk olahannya.

Dari sejumlah manfaat ikan gabus di atas, penelitian lanjutan masih terus dilakukan demi memastikan keefektifan manfaat ikan gabus bagi kesehatan. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi ikan gabus ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Medicalnewstoday. What are the effects of low albumin? (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321149)
Healthline. What Is Hypoalbuminemia and How Is It Treated? (https://www.healthline.com/health/hypoalbuminemia#symptoms)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app