GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Mengenal Bakuchiol, Pengganti Retinol dalam Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Dipublish tanggal: Mei 17, 2021 Update terakhir: Jun 3, 2021 Waktu baca: 3 menit
Mengenal Bakuchiol, Pengganti Retinol dalam Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Ringkasan

Buka

Tutup

    • Bakuchiol yang berasal ekstrak biji dan daun dari tanaman Psoralea corylifolia atau babchi dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan kulit
    • Penggunaan bakuchiol diperkirakan dapat menggantikan manfaat retinol yang umumnya terdapat dalam berbagai jenis produk kecantikan
    • Bakuchiol yang termasuk bahan alami bersifat menenangkan dan lebih nyaman di kulit serta tidak menimbulkan iritasi pada kulit
    • Bakuchiol dengan bahan kandungan sekitar 0,5-2% dalam produk perawatan wajah diperkirakan dapat memberikan manfaat ideal bagi kulit
    • Manfaat bakuchiol sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat dan tanda penuaan. Bakuchiol memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi, dan antibakteri
    • Bakuchiol cocok digunakan untuk semua jenis kulit, terutama kulit sensitif. Penggunaan pada ibu hamil sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter
    • Temukan dan booking paket perawatan kecantikan dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDMall

    Demi menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap tampil cantik dan mempesona, perawatan wajah tentu perlu dilakukan secara konsisten terus menerus, baik dengan menjalani perawatan kulit wajah di klinik kecantikan ataupun menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

    Jika selama ini banyak orang hanya mengetahui bahwa retinol memiliki manfaat penting bagi kesehatan kulit wajah, ternyata saat ini ada pula salah satu bahan pada produk perawatan wajah yang populer pengganti retinol, yaitu bakuchiol.

    Iklan dari HonestDocs
    Micro PRP-GF Treatment Di Reface Clinic

    Perawatan wajah PRP ( Platelet Rich Plasma) Merupakan salah satu perawatan yang berguna untuk membuat kulit wajah dan leher menjadi kencang, mengurangi garis-garis halus dan menambah volume pada kulit secara alami. Selain itu, Treatment ini juga disertakan dengan mengupayakan luka bekas jerawat sehingga hasil dari treatment pada kulit anda akan lebih segar dan terlihat lebih muda

    Micro prp gf treatment di reface clinic

    Baca juga: Perbedaan AHA, BHA, PHA dan Retinol dalam Produk Kecantikan

    Apa itu bakuchiol? 

    Bakuchiol adalah ekstrak biji dan daun dari tanaman Psoralea corylifolia atau babchi yang banyak ditemukan di India dan Asia Tenggara serta memiliki bunga berwarna ungu. Bakuchiol dikenal sebagai salah satu bahan alternatif retinol yang terkandung dalam produk kecantikan dalam mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

    Untuk bakuchiol sendiri dipercaya memiliki manfaat yang hampir sama dengan retinol, hanya saja cenderung lebih nyaman digunakan pada kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Hal ini dikarenakan bahan bakuchiol bersifat lebih alami dan tidak terlalu menimbulkan iritasi kulit. 

    Baca juga: Dari 5 Jenis Kulit, Jenis Kulit yang Manakah Anda?

    Jenis produk perawatan wajah yang mengandung bakuchiol

    Dengan kandungan antioksidan yang kuat, bakuchiol diklaim mampu meminimalisir munculnya efek tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan pada wajah, menghaluskan kulit, mengurangi perubahan warna kulit, melindungi kulit dari paparan radikal bebas, mengembalikan elastisitas kulit, serta memberikan efek menenangkan di kulit. 

    Secara umum, penggunaan kandungan bakuchiol banyak digunakan pada produk skincare untuk kulit berjerawat, seperti pada moisturizer, serum, maupun toner untuk kulit berjerawat yang memang dikhususkan dalam mengatasi berbagai masalah jerawat di wajah. Kandungan bakuchiol diperkirakan memiliki efek anti inflamasi dan juga anti bakteri yang ampuh dalam mengatasi jerawat ringan hingga sedang.

    Iklan dari HonestDocs
    Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

    Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

    Dermal fillers treatment di reface clinic

    Bahkan tak jarang, kandungan bakuchiol digunakan bersamaan dengan retinol dalam suatu produk produk perawatan wajah. Bakuchiol yang dapat membantu menenangkan kulit wajah digunakan untuk menstabilkan efek kemerahan dan sensitivitas yang terjadi akibat penggunaan retinol. 

    Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tuntas

    Kegunaan bakuchiol dalam menjaga kesehatan kulit wajah

    Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa bakuchiol memiliki berbagai manfaat baik dalam menjaga kesehatan kulit wajah, terutama dalam produk skincare untuk kulit berjerawat serta produk anti-aging dalam melawan efek tanda penuaan pada kulit. Bakuchiol juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit dan sangat baik bila diterapkan pada kulit sensitif.

    Berikut ini beberapa kegunaan bakuchiol yang bermanfaat bagi kulit:

    • Meratakan warna kulit dan membantu mengatasi munculnya bintik hitam atau hiperpigmentasi
    • Mengurangi munculnya efek tanda penuaan pada kulit seperti garis halus dan kerutan 
    • Membuat kulit menjadi lebih lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit 
    • Mempercepat regenerasi sel kulit karena terjadi peningkatan produksi kolagen 
    • Memberikan efek menenangkan pada kulit dan membantu mengatasi jerawat

    Produk perawatan wajah yang mengandung bakuchiol terbilang cukup aman digunakan oleh siapapun karena termasuk bahan alami, tetapi bagi ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan produk dengan kandungan bakuchiol. 

    Hampir sama dengan retinol, penggunaan produk yang mengandung bakuchiol juga dapat digunakan 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari. Setelah membersihkan wajah, Anda dapat menggunakan produk perawatan wajah bakuchiol secara tipis dan merata pada area wajah hingga leher. Dari hasil penelitian, penggunaan bakuchiol dengan bahan kandungan sekitar 0,5-2% dalam produk perawatan wajah dapat memberikan manfaat ideal bagi kulit.

    Baca juga: Jenis Produk Perawatan Wajah Pencegah Penuaan Dini

    4 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
    Byrdie. Bakuchiol: The New, Natural Alternative to Retinol. (https://www.byrdie.com/what-is-bakuchiol)
    National Library of Medicine. Bakuchiol as a Trendy Ingredient in Skincare: Recent Evidence. (https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31496474/)​​

    Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Tanya Dokter

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

    Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

    Submit
    Buka di app