Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Dipublish tanggal: Feb 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Sebelum ditemukannya berbagai minuman-minuman seperti minuman bersoda atau bahkan jus buah, salah satu pelepas dahaga alami tertua yang dikenal manusia adalah air kelapa. Minuman ini mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin dan mineral, dan memiliki kandungan elektrolit yang dapat membantu mengurangi defisit elektrolit. 

Dengan demikian, air kelapa bukan hanya minuman yang menyegarkan, tetapi juga merupakan salah satu minuman energi dan bisa menjadi solusi instan jika Anda mengalami kelelahan dan dehidrasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Wanita hamil sering memiliki metabolisme yang berbeda dengan orang normal. Oleh karena itu, wanita hamil sering mengalami kelelahan dan dehidrasi. Kondisi ini disebabkan oleh tubuh yang tiba-tiba dan cepat, tingkat stres yang meningkat saat melakukan aktivitas sehari-hari, peningkatan kebutuhan air karena penyerapan air yang tinggi dibutuhkan untuk perkembangan janin

Hidrasi yang tepat dapat membantu beberapa masalah tersebut. Air kelapa adalah solusi rehidrasi yang ideal, bergizi, sehat dan dapat digunakan oleh wanita selama proses kehamilan.

Di masyarakat, banyak sekali informasi-informasi mengenai manfaat dan kegunaan dari air kelapa bagi ibu hamil. Beberapa informasi mungkin memang terbukti kebenarannya, tetapi beberapa informasi hanyalah ‘hoax’ yang tidak bisa dipertanggungj awabkan kebenarannya. 

Untuk lebih jelas mengenai fakta dan mitos mengenai manfaat air kelapa bagi wanita hamil, mari di simak artikel yang satu ini.

Manfaat apa yang Anda dapatkan dengan mengkonsumsi air kelapa?

  • Rehidrasi dengan cara yang menyegarkan
  • Meningkatkan sistem imun Anda.
  • Merevitalisasi elektrolit
  • Dapat luka bakar dan sembelit.
  • Detoksifikasi tubuh.
  • Kalori - 46 kcal
  • Gula - 6,26 gram
  • Kalsium - 6%
  • Serat makanan - 2,6 gram
  • Sodium - 252 mikro gram
  • Karbohidrat - 8,9 gram
  • Kalium - 600 mikro gram

Mitos dan fakta tentang air kelapa selama kehamilan

  • Mitos: Air kelapa membuat kulit bayi yang akan lahir lebih lembut dan dapat membuat bayi terlihat cantik
    Fakta: Memang enak didengar, tetapi hal ini hanyalah sebuah harapan. Kesehatan dan warna kulit bayi Anda akan bergantung sepenuhnya pada faktor genetik dan tidak dapat diubah hanya dengan meminum air kelapa.
  • Mitos: Minum air kelapa membuat rambut bayi menjadi lebih tebal dan kuat
    Fakta: Kekuatan dan tekstur rambut bayi Anda murni bergantung pada faktor genetik. Minum air kelapa tidak menunjukkan dampak pada pertumbuhan rambut bayi Anda. Hal ini hanyalah mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
  • Mitos: Seorang wanita hamil dapat memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkan dengan meminum air kelapa
    Fakta: Di bumi, tidak ada satu pun makanan yang mengandung semua paket nutrisi. Meskipun air kelapa memang memiliki nutrisi penting, tetapi air kelapa itu sendiri tidak dapat menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan saat Anda hamil.
  • Mitos: Minum air kelapa selama kehamilan membuat kepala bayi sebesar kelapa
    Fakta: Lucu! Sangat mengejutkan bahwa orang-orang memiliki mitos semacam itu. Tetapi tidak ada hubungannya sama sekali bahwa meminum air kelapa dapat mempengaruhi ukuran kepala bayi Anda.
  • Mitos: Air kelapa bisa menjadi minuman terbaik selama kehamilan Anda
    Fakta: Mengejutkan untuk mengetahui bahwa baik minuman olahraga maupun air kelapa memiliki sifat rehidrasi terbaik jika dibandingkan dengan air minum putih. Karena faktanya minuman yang terbaik tetap lah air putih. Jadi, Anda harus memiliki setidaknya delapan hingga dua belas gelas air per hari untuk membuat diri Anda tetap terhidrasi.

Minum air kelapa selama kehamilan memang memiliki manfaat pada kehamilan, tetapi Anda juga ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika Anda mengkonsumsinya secara rutin selama masa kehamilan, yaitu:

  • Air kelapa bukan merupakan pengganti air minum. Keduanya memiliki manfaat yang berbeda dalam tubuh Anda.
  • Ketika membeli air kelapa, ingatlah untuk memilih tempat yang bersih dan juga pastikan bahwa penjual mencuci tangannya.
  • Minum air kelapa segera setelah dibuka. Periksa air dengan menuangkan air ke dalam gelas untuk mengetahui tampilannya atau minum dengan sedotan bersih. Meminum air kelapa selalu merupakan pilihan yang baik selama kehamilan Anda, tetapi Anda tidak boleh mempercayai mitos yang berkaitan dengan minum air kelapa.
    Air kelapa hanyalah sebatas minuman yang mengandung nutrisi yang dapat merevitalisasi kebutuhan elektrolit dan rehidrasi Anda. Anda harus cukup bijak untuk menerima



3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app