Kuku Jari Biru - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 493.307 orang

Kuku jari biru diakibatkan oleh rendahnya kadar atau kekurangan sirkulasi oksigen dalam sel darah merah Anda. Kondisi ini dikenal dengan sianosis. Hal ini terjadi ketika tidak terdapat cukup oksigen pada darah Anda, menyebabkan kulit atau membran di bawah kulit Anda berubah warna menjadi biru keunguan.

Perubahan warna kulit dapat juga menunjukkan tingginya kadar dari bentuk abnormal hemoglobin dalam darah yang beredar melalui tubuh Anda. Hemoglobin merupakan protein yang bertanggung jawab untuk menyalurkan oksigen dan berada dalam darah Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Suhu dingin juga dapat menyebabkan kuku Anda berubah menjadi biru. Hal ini karena suhu dingin memaksa pembuluh darah Anda untuk mengerut. Jalan darah yang menyempit membuat sulit bagi darah untuk membawa hemoglobin yang kaya akan oksigen untuk disalurkan ke kuku Anda. 

Jika warna kuku normal kembali selama pemanasan atau memijat tangan Anda, warna biru kemungkinan karena bagian tubuh Anda tersebut tidak mendapatkan suplai darah yang cukup karena suhu dingin. Kuku biru karena suhu dingin merupakan respon normal oleh tubuh untuk menjaga organ dalam berada pada suhu yang tepat.

Bagaimanapun, jika jari kuku berubah menjadi berwarna biru mungkin terdapat sebuah penyakit atau abnormalitas struktural yang mengganggu kemampuan tubuh untuk mengirimkan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Penyebab Kuku Jari Biru

Perubahan warna kuku menjadi biru dapat disebabkan oleh masalah pada paru-paru, jantung, sel darah atau pembuluh darah. Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sianosis:

  1. Penyakit paru-paru seperti, COPD, asma, sindrom acute respiratory distress, pneumonia, pulmonary embolism (gumpalan darah dalam paru-paru).
  2. Penyakit jantung seperti, penyakit jantung kongenital (struktur abnormal jantung dan pembuluh darah sejak lahir), sindrom Eisenmenger (komplikasi penyakit jantung kongenital yang terlambat ditangani), gagal jantung congestive.
  3. Sel darah abnormal seperti, methemoglobinema yang terdiri dari dua jenis yaitu kongenital dan didapatkan. Kongenital maksudnya adalah kelainan sudah ada sejak lahir sementara didapatkan maksudnya muncul ketika mengonsumsi obat, makanan atau zat kimia tertentu. Selain methemoglobinema, kelainan sel darah merah lainnya yaitu keracunan karbon monoksida dan polycythemia vera (produksi sel darah merah yang berlebihan).
  4. Kelainan pembuluh darah seperti fenomena Raynaud (pembuluh darah pada tangan dan kaki mengerut yang tidak seharusnya).

Diagnosis dan Perawatan Sianosis

Oksimeter denyut jantung non invasif merupakan cara termudah untuk mengukur sel darah merah yang mengangkut oksigen. Gas darah arteri diambil untuk mengukur seberapa banyak oksigen dalam darah Anda. Hal ini membantu menentukan faktor apa yang mungkin berkontribusi pada kuku jari membiru.

Diagnosis sianosis pada anak-anak dilakukan dengan mengumpulkan informasi historis, memeriksa anak Anda dan mengukur saturasi oksigen. Pemeriksaan ini benar-benar bebas rasa sakit, tidak menggunakan jarum, melainkan menggunakan sejenis perban dengan cahaya khusus pada jari dan kaki selama beberapa menit untuk mengukur kadar oksigen. Hasil pemeriksaan ini berupa informasi mengenai kadar oksigen dalam darah apakah rendah atau tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Sebagian besar sianosis pada anak-anak merupakan hasil dari akrosianosis dan tidak memerlukan perawatan khusus. Jika terdapat masalah paru-paru atau jantung primer, sianosis akan menghilang ketika kondisi utama penyebabnya ditangani baik dengan cara medis atau operasi.

Perawatan melibatkan kemampuan untuk mengidentifikasi penyebab utama dan mengembalikan secara benar oksigen yang cukup ke dalam darah.

Kapan Sebaiknya Menghubungi 911?

Hubungi 911 jika kuku jari Anda membiru disertai dengan gejala berikut:

  1. Nafas pendek, kesulitan bernafas atau bernafas dengan terengah-engah
  2. Nyeri dada
  3. Berkeringat cukup banyak
  4. Pusing atau pingsan

Sekilas mengenai Sianosis

Sianosis terjadi pada seseorang yang memiliki cacat jantung kongenital yang menyebabkan sirkulasi darah tidak normal. Kerusakan jantung membiarkan darah miskin akan oksigen dari sisi kanan jantung masuk ke sisi kiri jantung secara langsung daripada melalui paru-paru untuk mendapatkan tambahan oksigen. Pada sisi kiri jantung, darah miskin oksigen dan kaya oksigen bercampur untuk kemudian dipompa ke seluruh tubuh.

Darah miskin oksigen warnanya tidak secerah merahnya darah kaya oksigen. Rendahnya kadar oksigen dalam darah menyebabkan bibir, jari tangan dan kaki berubah menjadi berwarna biru.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit