HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Bayi Baru Lahir

Kiat Membeli Perlengkapan Bayi

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Mar 31, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kiat Membeli Perlengkapan Bayi

Memilih perlengkapan bayi sama pentingnya dengan memilih makanan yang tepat. Apa yang Anda kenakan di kulit luar si kecil mempunyai efek yang sama dengan makanan yang memang dicerna oleh si kecil. Produk perawatan kulit bayi mempunyai kandungan yang dapat terserap oleh kulit si kecil dan masuk ke dalam sistem peredaran darah

Hal ini cukup penting karena tubuh bayi masih berada dalam tahap perkembangan yang cukup rapuh. Belum lagi, adanya kebiasaan bayi memasukkan tangan bahkan kakinya ke dalam mulut, apa yang Ibu oleskan ke kulitnya dapat ikut tertelan olehnya.

Sebagai orangtua, Anda perlu mengetahui berbagai jenis bahan kimia yang berbahaya yang terkandung dalam produk perawatan si kecil, dan berusaha meminimalisir interaksi si kecil dengan bahan kimia berbahaya tersebut. Pisahkan mana produk yang tidak diperlukan si kecil dan batasi penggunaannya sehari-hari. Berhati-hatilah karena banyaknya bahan kimia yang diterima tubuh si kecil dapat mengakibatkan kemungkinan terkena asma, gangguan pertumbuhan, bahkan kanker menjadi semakin besar. 

Sedikit pekerjaan rumah untuk para ibu, sebelum memutuskan membeli suatu produk bagi bayi, baik itu, sampo, sabun, bedak, krim anti matahari, hingga losion sekalipun, cobalah baca bahan-bahan apa yang terkandung dalamnya yang tertera di kemasan. Jika ada nama yang belum para ibu kenal, sedikit riset akan membuat para ibu merasa lebih tenang. Jangan sampai produk yang Anda berikan memberikan dampak buruk bagi kesehatan si Kecil nantinya. 

Dalam memilih produk perawatan dan perlengkapan bayi, hindari produk yang mengandung pewangi tambahan. Mulailah menggunakan produk perawatan yang mengandung sebagian besar bahan-bahan natural dari alam yang dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko obat. 

Nama Bahan Kimia yang dapat Ditemui dalam Produk Perlengkapan Bayi dan Harus Hihindari:

- Parabens
- Phthalates (DEHP, BBP, DBP, DMP, DEP)
- DMDM hydantoin
- Triclosan
- Sodium lauryl/laureth sulfate
- DEA (diethanolamine)
- TEA (triethanolamine)
- Formaldehyde
- PEGs (polyethylene glycol)
- Apa saja yang bertuliskan glycol maupun methyl

Berbagai jenis bahan kimia di atas mempunyai dampak medis seperti reaksi alergi dan kerusakan kulit, hingga ke kerusakan sarah dan mengganggu keseimbangan hormon jika digunakan.

Hal lain yang perlu Ibu waspadai adalah adanya label yang tidak tertera sebagaimana adanya. Maksudnya adalah, kemasan produk mungkin dapat menipu. Tulisan-tulisan seperti “telah diuji coba oleh dokter”, “telah diuji coba oleh ahli kulit”, “tidak beracun”, “tidak mengandung bahan sintetis”, dan masih banyak tulisan lain kadang belum tentu benar adanya. Untuk mengetesnya, pakaikan sedikit olesan bahan ke tubuh si kecil dan lihat reaksi yang terjadi. Jika Ibu tidak ingin mencoba-coba, hilangkan produk yang tidak jelas kandungan serta kebenarannya dari daftar perlengkapan bayi.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Baby Must-Haves (and Don't-Needs) for Your Registry. Parents. (https://www.parents.com/baby/gear/registries-buying-guides/baby-shopping-guide/)
Newborn Baby Guide: Essential Gear, How-Tos, Tips, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/parenting/newborn-baby)
Baby Gear: How to Make Choices on a Budget. WebMD. (https://www.webmd.com/parenting/baby/features/expert-answers-choosing)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app