Velopharyngeal Dysfunction: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 5 menit
Velopharyngeal Dysfunction: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apa itu disfungsi velopharyngeal?

Pada disfungsi velopharyngeal (VPD), bagian tenggorokan dan atap mulut tidak berfungsi dengan benar saat berbicara.

"Velo" mengacu pada velum, atau langit-langit lunak. Itu adalah bagian dari atap mulut yang bergerak ketika Anda mengatakan "ah."

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

"Faring" mengacu pada tenggorokan.

Untuk suara saat melakukan pembicaraan normal, langit-langit mulut naik untuk menyentuh bagian belakang tenggorokan dan mengirim semua udara keluar dari mulut.

Ketika seorang anak menderita VPD, langit-langit lunak mereka tidak selalu menyentuh tenggorokan mereka ketika mereka berbicara. Ini memungkinkan udara keluar melalui hidung mereka saat berbicara.

Jika VPD parah, mungkin sulit untuk memahami ucapan anak.

Apa saja jenis VPD yang berbeda?

Menentukan jenis VPD spesifik yang dimiliki anak sangat penting sehingga rumah sakit dapat merekomendasikan perawatan yang tepat. Ada 3 jenis.

Velopharyngeal insufficiency (VPI)

Terjadi ketika tidak ada cukup ("tidak cukup") jaringan di langit-langit atau tenggorokan untuk membiarkan langit-langit menghubungi bagian belakang tenggorokan selama berbicara.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Velopharyngeal mislearning (VPM)

Terjadi ketika seorang anak mempelajari cara-cara yang salah untuk membuat suara. Beberapa anak mengembangkan pola bicara yang tidak biasa yang tidak menggunakan langit-langit mulut meskipun langit-langitnya berfungsi dengan baik.

Anak-anak lain menggunakan pola bicara yang tidak biasa untuk menebus masalah dengan struktur mulut atau tenggorokan mereka. Mereka belajar membuat suara tanpa menggerakkan langit-langit lunak ke bagian belakang tenggorokan mereka.

Velopharyngeal Incompetence (VP incompetence)

Artinya, ada masalah dalam bagaimana langit-langit lunak bergerak untuk membuat suara bicara.

Kemungkinan seseorang dapat memiliki lebih dari satu jenis VPD. Ahli patologi bicara dan bahasa (SLP) yang berspesialisasi dalam VPD akan membantu menentukan jenis apa yang dimiliki anak.

Siapa yang rentan mengalami disfungsi velopharyngeal?

VPD dapat ditemukan pada anak-anak yang memiliki:

  • Langit-langit mulut sumbing. Sekitar 10% hingga 20% anak-anak yang mengalami langit-langit mulut sumbing akan mengalami VPI bahkan setelah perbaikan langit-langit mulut mereka.
  • Langit-langit sumbing tertutupi oleh lapisan atap mulut (submucous cleft).
  • Kondisi tertentu, seperti sindrom penghapusan 22q11.2.
  • Melakukan operasi untuk menghilangkan kelenjar gondok mereka.
  • Otot tenggorokan lemah.
  • Terlalu banyak ruang antara langit-langit mulut dan tenggorokan.
  • Gangguan bicara motorik.
  • Terkadang penyebabnya tidak diketahui.

Gejala Disfungsi Velopharyngeal

Gejalanya bervariasi tergantung pada jenis VPD anak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Gejala insufisiensi velofaringeal

2 gejala bicara utama pada VPI adalah:

  • Suara nasal saat berbicara (hipernality)
  • Nasal air escape 

Kedua gejala terjadi karena langit-langit mulut tidak menyentuh bagian belakang tenggorokan saat berbicara.

1. Suara nasal

Dalam bahasa Inggris, bunyi m, n dan ng adalah satu-satunya bunyi yang seharusnya berbunyi nasal. Ini terjadi ketika suara lain beresonansi melalui hidung. Ini disebut "hypernasality" atau "hypernasal resonance." Ini bisa ringan atau berat.

Anda dapat mendengar ucapan sengau saat seorang anak mengucapkan vokal atau bunyi seperti w, y, l atau r.

2. Nasal air escape

Ketika udara keluar melalui hidung saat anak membuat konsonan tekanan, ini disebut "nasal air escape" atau "emisi udara hidung."

Mereka disebut konsonan tekanan karena tekanan menumpuk di mulut ketika langit-langit mulut menutup dan menutup mulut dari hidung.

Ketika seorang anak mengalami VPI, tekanan tidak bisa menumpuk di mulut. Udara yang keluar melalui hidung bisa terdengar seperti embusan, cicitan, atau dengusan. Suara anak mungkin sangat lembut.

Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat Pengembangan Suara Dini pada Anak-anak dengan Langit-Langit Sumbing 

Gejala Velopharyngeal mislearning

Terkadang anak-anak belajar cara yang salah untuk membuat suara. Selama berbicara, langit-langit lunak mereka tidak menutup ke belakang tenggorokan mereka. Suara-suara ini disebut "compensatory misarticulations." Termasuk:

  • Menghentikan udara dengan pita suara (seperti ketika mengatakan "uh oh"). Suara ini disebut glottal stop.
  • Menggunakan lidah atau langit-langit untuk menghentikan atau membatasi udara di mulut atau tenggorokan dengan cara yang tidak biasa.
  • Memegang langit-langit terbuka dan mendorong udara melalui hidung

Gejala Velopharyngeal incompetence

Gejalanya sangat bervariasi. Mereka disebabkan oleh cara langit-langit lunak bergerak untuk membuat suara bicara. Waktu gerakan langit-langit atau jumlah langit-langit yang bergerak mungkin salah.

Mendiagnosis Disfungsi Velopharyngeal

Sebelum rumah sakit mengembangkan rencana perawatan, rumah sakit menentukan jenis VPD apa yang dimiliki anak. rumah sakit juga memeriksa masalah lain yang mempengaruhi cara bicara.

anak mungkin mengalami masalah dengan:

  • Membuat suara dengan mulut dan lidah (artikulasi)
  • Menyatukan suara (koordinasi ucapan)
  • Otot bicara yang lemah
  • Suara terdengar “sengau” (hyponasality)
  • Menggunakan pita suara mereka untuk membuat suara
  • Pendengara
  • anak mungkin perlu 1, 2 atau 3 janji untuk menyelesaikan evaluasi untuk VPD. Sebelum seseorang menelepon untuk menjadwalkan, seorang SLP yang berspesialisasi dalam VPD akan menentukan mana yang mungkin dibutuhkan anak. Setelah tes, rumah sakit akan berbicara dengan Anda tentang opsi perawatan. Pelajari lebih lanjut tentang apa yang diharapkan pada kunjungan Klinik VPD.

Mengobati VPD

Tujuan rumah sakit adalah untuk menyembuhkan VPD sedini mungkin. Ini membantu anak mengembangkan pola bicara yang normal.

Pada pertemuan pertama Anda, rumah sakit menentukan jenis VPD yang dimiliki anak. 3 jenis VPD memiliki perawatan yang berbeda:

  • VPI dirawat dengan operasi atau alat bicara khusus yang akan dipakai anak di mulutnya.
  • VPM diobati dengan terapi wicara.
  • VP incompetence diobati dengan terapi wicara dan terkadang dengan alat bicara atau operasi.

1. Terapi berbicara

Terapi bicara dapat menjadi bagian dari perawatan anak bahkan jika mereka memiliki masalah struktural yang juga akan memerlukan operasi atau alat bicara.

  • Untuk anak-anak dengan VPM, terapi dapat membantu mereka belajar bagaimana mengontrol aliran udara dan menggunakan lidah, bibir dan rahang mereka dengan benar untuk membuat suara.
  • Dengan VP incompetence, tujuan spesifik terapi bicara tergantung pada kebutuhan anak. Setelah memeriksa anak, SLP akan menentukan suara dan keterampilan mana yang menjadi fokus.

2. Alat bicara

Untuk beberapa anak dengan VPI atau VP incompetence, perawatan akan mencakup alat bicara yang disebut obturator.

Obturator seperti retainer gigi yang dimodifikasi dengan "bola lampu" yang terpasang di belakang. Ini dapat membantu anak terdengar lebih sedikit sengau dan menjaga udara keluar dari hidung mereka ketika mereka berbicara.

Obturator dibentuk khusus agar sesuai dengan gerakan otot anak. anak akan melakukan beberapa kunjungan ke Klinik Gigi sehingga dokter gigi dapat membuat alat.

Ahli patologi bicara dan bahasa membantu menyesuaikan obturator dan memeriksa keefektifannya. anak bisa memakainya di siang hari dan malam hari saat tidur. Bisa dipakai saat makan.

Obturator dapat menjadi opsi jangka pendek atau panjang. Ini dapat digunakan sebelum atau sebagai pengganti operasi untuk VPI. Beberapa anak memulai perawatan dengan obturator dan menjalani operasi ketika mereka lebih besar. Beberapa terus menggunakan obturator hingga dewasa

3. Operasi bicara

Sebagian besar anak-anak dengan VPI memerlukan pembedahan karena mereka tidak memiliki cukup ("insufisiensi") jaringan di langit-langit mulut atau tenggorokan. Terkadang anak-anak dengan VP incompetence juga perlu dioperasi.

Jika anak dapat melakukan operasi, dokter bedah dan SLP Anda akan berdiskusi dengan Anda tentang jenis operasi dan kapan harus melakukannya.

Operasi pidato yang paling umum untuk VPI disebut Furlow palatoplasty dan sphincter pharyngoplasty.

Furlow palatoplasty membawa otot-otot langit-langit mulut ke posisi yang lebih normal. Ini dapat memperpanjang langit-langit mulut.

Sphincter pharyngoplasty menggerakkan jaringan dari sisi tenggorokan untuk menciptakan "tonjolan" di belakang tenggorokan. Dengan perubahan ini, langit-langit lunak dapat menyentuh bagian belakang tenggorokan ketika anak berbicara.

Setelah operasi VPI, langit-langit lunak dapat menyentuh bagian belakang tenggorokan untuk menutup hidung saat berbicara.

Prosedur bedah dilakukan di dalam mulut dengan anestesi umum. Biasanya anak harus tinggal di rumah sakit semalaman.

anak akan menjalani evaluasi tindak lanjut bicara 3 hingga 4 bulan setelah operasi.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Incidence and development of trigger thumb in children. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16632044)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app