Kelainan Tangan Bawaan Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kelainan Tangan Bawaan Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apa itu kelainan tangan bawaan?

Ketika bayi dilahirkan dengan tangan yang tidak biasa, dokter menyebut kondisi tersebut sebagai kelainan tangan bawaan atau perbedaan tangan bawaan. "Bawaan" berarti "muncul saat lahir."

Untuk beberapa alasan, tangan bayi tidak membentuk dengan cara yang biasa ketika mereka berada di dalam rahim. Tangan mereka mungkin terlihat sedikit berbeda dari biasanya, dan itu dapat bekerja secara normal atau hampir normal. Atau mungkin sangat berbeda dari tangan yang biasa, dengan jari tambahan atau hilang atau perbedaan lainnya. Untuk menggunakan tangan dengan baik, anak mungkin perlu pembedahan, terapi okupasi, alat prostetik atau perawatan lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kelainan tangan bawaan pada anak-anak

Dua dari kelainan tangan bawaan yang paling umum adalah polydactyly (jari ekstra) dan syndactyly (jari yang bergabung). Sebagian besar anak-anak dengan kondisi ini tidak memiliki masalah kesehatan lainnya.

Beberapa perbedaan tangan adalah bagian dari kondisi yang lebih kompleks:

  • Symbrachydactyly juga dapat mempengaruhi lengan bawah.
  • Arthrogryposis dan amniotic band syndrome adalah kondisi yang dapat mempengaruhi tangan dan lengan bayi bersama dengan bagian lain dari tubuh mereka.

Orang tua sering bertanya-tanya mengapa tangan bayi mereka tidak khas. Biasanya penyedia layanan kesehatan tidak dapat menjelaskan apa yang menyebabkan kelainan tangan bawaan. Perbedaan tangan ini jarang disebabkan oleh sesuatu yang ibu lakukan atau tidak lakukan ketika dia hamil.

Gejala Kelainan Tangan Bawaan

Gejala kelainan tangan bawaan dapat berkisar dari ringan hingga serius. Gejalanya termasuk:

  • Jari tambahan, hilang, pendek atau menyatu.
  • Tangan yang tidak berkembang seperti biasa atau bukan ukuran biasa.
  • Tangan yang tidak dalam posisi biasa atau tidak bisa bergerak dengan cara biasa.
  • Untuk beberapa anak, perbedaan tangan hanya 1 ciri dari kondisi genetik yang lebih kompleks atau sindrom. Anak-anak ini akan memiliki tanda dan gejala lain.

Mendiagnosis Kelainan Tangan Bawaan

Jika anak lahir dengan kelainan tangan bawaan, dokter akan memeriksanya dengan cermat. Selama pemeriksaan, dokter akan memeriksa tanda-tanda lain untuk mengetahui apakah anak memiliki kondisi yang lebih kompleks.

anak mungkin memerlukan rontgen untuk melihat apakah ada perbedaan pada tulang di tangan mereka. Untuk membantu mendiagnosis kondisi anak, mereka mungkin memerlukan studi pencitraan lain, seperti pemindaian MRI (magnetic resonance imaging).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jika dokter berpikir anak mungkin memiliki masalah genetik lain, anak mungkin melakukan tes untuk memeriksa kromosom mereka.

Opsi Perawatan untuk Kelainan Tangan Bawaan

Kelainan tangan bawaan dapat sangat bervariasi, jadi tidak ada pendekatan pengobatan tunggal. Perawatan setiap anak harus disesuaikan dengan mereka.

Tujuan utama perawatan adalah agar anak dapat menggunakan tangan sebaik mungkin. Tim anak juga akan memperhatikan bagaimana tangan anak terlihat dan apakah mereka dapat memberikan penampilan yang lebih khas.

Bagi sebagian besar anak-anak, perawatan untuk kelainan tangan bawaan melibatkan 1 atau lebih:

  • Pembedahan untuk menghilangkan jari tambahan, membagi jari yang menyatu atau merekonstruksi bagian yang hilang dari tangan
  • Terapi okupasi untuk membantu mengatasi kekakuan atau jaringan parut dan meningkatkan keterampilan anak, seperti menulis dan memberi makan sendiri
  • Terapi fisik untuk membangun kekuatan dan meningkatkan gerakan dan fungsi
  • Splint dan gips untuk menahan tangan dalam 1 posisi, biasakan digunakan saat pemulihan setelah operasi
  • Perangkat adaptif untuk membantu anak melakukan apa yang diinginkan dan yang perlu dilakukan dengan tangan mereka
  • Prostetik untuk mengganti bagian yang hilang

Tim anak dapat menjelaskan semua opsi perawatan anak, opsi mana yang direkomendasikan oleh tim dan alasannya.

Beberapa perbedaan tangan memerlukan perawatan pada bulan-bulan atau tahun-tahun awal  setelah kelahiran, dan kemudian mereka tidak memerlukan perawatan lain di kemudian hari. Perbedaan lain mungkin memerlukan lebih banyak perawatan saat anak tumbuh. Diskusikan kepada tim anak tentang rencana jangka pendek, rencana jangka panjang dan apa yang perlu dipersiapkan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yeşilada, Ayşin & Sevim, Kamuran & Sucu, Deniz & Kilinc, L. (2013). Congenital hand deformities - a clinical report of 191 patients. Acta chirurgiae plasticae. 55. 10-15. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/258280339_Congenital_hand_deformities_-_a_clinical_report_of_191_patients)
Congenital Hand Deformities: Overview, Incidence, Embryology. Medscape. (https://emedicine.medscape.com/article/1285233-overview)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app