Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Anak

Kenali Apa Saja Bahaya Obesitas Pada Anak Sejak Dini

Dipublish tanggal: Mar 3, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kenali Apa Saja Bahaya Obesitas Pada Anak Sejak Dini

Obesitas kini menjadi momok penting bagi orang tua dalam hal mengatur pola hidup anak. Anda sebagai orang tua jangan bangga jika memiliki buah hati dengan tubuh yang montok dan gemuk. 

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa anak yang memiliki tubuh gemuk akan terlihat menggemaskan. Namun terdapat bahaya yang mengintai di usia dini.

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Munculnya penyakit obesitas tersebut dapat memicu adanya penyakit lain yang mengganggu kesehatan. Kelebihan berat badan bisa di sebabkan faktor keturunan, untuk itu, Anda juga harus membiasakan hidup sehat dan rajin olahraga agar tidak menurun pada anak Anda. 

Anda harus mengenali bahayanya berbadan gemuk pada anaknya untuk itu, kami akan menjelaskan secara lengkap, simak artikel berikut ini.

Penyebab anak mengalami obesitas

Mereka yang memiliki orang tua yang mengalami kelebihan berat badan cenderung akan menurunkan kepada anak. Namun tak hanya faktor keturunan saja yang menjadi penyebabnya, tumbuh kembang anak juga mempengaruhi, seperti cenderung memiliki nafsu makan yang banyak.

Untuk itu Anda sebagai orang tua harus memperhatikan apakah Anak Anda menunjukkan tanda-tanda kelebihan nafsu makan, dan apakah tubuhnya sudah menunjukkan tanda kegemukan yang normal.

Maka Anda harus waspada akan hal itu, karena hal tersebut akan membahayakan kesehatan dari anak untuk jangka waktu yang panjang. Oleh karena itulah sehingga Anda harus mengetahui bahasa obesitas pada anak.

Mengalami gangguan pernafasan

Anak akan lebih berisiko untuk mengalami gangguan pada bagian saluran nafas ini. Anda dapat mengetahuinya ketiak anak sedang tertidur lepas. Anak yang mendengkur dan merasa mudah lelah kemungkinan besar mengalami gangguan ini. Jika hal itu terus menerus terjadi, maka akan mudah terkena penyakit asma.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Penyakit jangka pendeknya yaitu Anak Anda akan mudah mengalami sesak nafas. Sehingga jika anak Anda telah mengalami hal tersebut, segera Anda mengajaknya untuk olahraga sehat, seperti bermain di luar rumah dengan bersepeda, atau mengajaknya untuk berlari di pagi hari.

Hal ini bertujuan agar, kesehatan anak tetap terjaga, serta membantu dalam menurunkan berat badan, dengan cara yang menyenangkan.

Tidak dapat mengatur pola makan

Kebiasaan ini sering sekali terjadi pada orang yang mengalami kegemukan berlebih. Karena hasta ingin makan yang sangat besar terutama pada anak kecil, nantinya akan berpengaruh ketika anak menginjak usia dewasa. 

Jika makanan yang di konsumsi terus menerus tidak sehat dan mengandung lemak tinggi, maka akan berpotensi tertimbunnya lemak pada bagian tubuh tertentu.

Makanan yang tidak sehat seperti junk food akan membuat tubuh menjadi tidak sehat. Maka dari itu tugas Anda sebagai orang tua, harus memberikan asupan 4 sehat 5 sempurna sejak dini. Dan jika pola makan anak memang banyak dan mudah lapar, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak.

Agar Anda dapat mengatur dan berkonsultasi bahan apa saja yang sesuai untuk di berikan pada Anda. Terlebih di ingat, jangan tiba-tiba memarahi anak saat memakan-makanan tidak sehat, namun berikan alasan, kenapa hal tersebut tidak baik. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Sehingga anak akan sadar dan mengurangi sedikit-demi sedikit makanan tersebut.

Sistem imun menjadi terganggu

Seorang anak yang mengalami kegemukan, maka organ tubuh yang ada di dalamnya juga akan bekerja lebih keras dalam sistem metabolisme, seperti pernapasan dan juga pernah pencernaannya. Bila hal itu terjadi, maka akan meningkatkan risiko terkena inflamasi atau peradangan.

Akan berakibat kepada otak sehingga membuat suasana hari Anak menjadi berubah-ubah dan akan mempengaruhi nafsu makannya. Sehingga perlu kami ingatkan lagi, anak yang gemuk memiliki potensi terserang nya penyakit lain, karena sistem imunnya yang menjadi lemah.

Diabetes

Penyakit yang menyerang orang dewasa ini bisa saja di sebabkan karena masa kecil nya yang mengalami kelebihan berat badan. Namun tidak dapat di pungkiri diabetes juga dapat di alami oleh anak kecil.

Faktor penyebabnya karena mengonsumsi makanan manis secara berlebihan sehingga menyebabkan insulin bekerja lebih. Jangan di anggap remeh, karena penyakit ini termasuk golongan kronis, dan sulit untuk di sembuhkan. Maka dari itu Anda harus membatasi asupan makanan yang manis.

Untuk itu Anda sebagai orang tua, mulai sekarang perhatikan makanan anak Anda, dan mencegah obesitas sejak dini, agar tidak terserang penyakit di masa depan kelak. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat. 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Childhood Obesity: Causes, Risks, and Outlook. Healthline. (https://www.healthline.com/health/weight-loss/weight-problems-in-children)
Preventing Obesity in Children, Causes of Child Obesity, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/children/guide/obesity-children)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit