Kapan Waktu yang Tepat Menarik Penis Keluar Ketika Bercinta Menggunakan Kondom?

Dipublish tanggal: Mei 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kapan Waktu yang Tepat Menarik Penis Keluar Ketika Bercinta Menggunakan Kondom?

Kapan Waktu yang Tepat Menarik Penis Keluar Ketika Bercinta Menggunakan Kondom?

Kondom merupakan jenis alat kontrasepsi yang biasa digunakan oleh para pria ketika berhubungan seks. Kondom berfungsi untuk mencegah masuknya sperma ke dalam rahim yang memungkinkan terjadinya kehamilan. Dengan menggunakan kondom, Anda dan pasangan memiliki peluang yang tinggi untuk mencegah terjadinya kehamilan

Waktu yang Tepat untuk Menarik Penis Ketika Memakai Kondom
Kondom berfungsi untuk menampung sperma yang keluar dari penis agar tidak masuk ke dalam rahim. Dengan menggunakan sperma, Anda tidak perlu terburu-buru menarik sperma sebelum ejakulasi karena sperma akan membantu menahan sperma agar tidak masuk ke dalam rahim.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Namun yang harus menjadi perhatian, walaupun kondom dapat menahan dan menampung sperma, ketika sedang melakukan hubungan suami istri, Anda sebaiknya segera menarik penis setelah proses ejakulasi terjadi. Hal ini dilakukan untuk menghindari sperma bocor masuk kedalam rahim akibat kondom yang sobek karena tidak kuat untuk menampung sperma yang terlalu banyak.

Jika Anda ingin tingkat pencegahan kehamilan menjadi tinggi, maka penarikan penis sebaiknya dilakukan sebelum proses ejakulasi terjadi. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat berkomunikasi bersama pasangan mengenai jenis mana yang ingin digunakan, kombinasi keduanya akan menghasilkan tingkat pencegahan kehamilan menjadi lebih efektif.

Penggunaan Kondom yang Benar
Berdasarkan kutipan dari Planned Parenthood, dijelaskan bahwa kondom memiliki tingkat keberhasilan dalam mencegah kehamilan sebesar 98%. Namun jika penggunaannya kurang benar, maka tingkat pencegahan tersebut menjadi menurun sebesar 85%. Dengan fakta ini, diketahui bahwa penggunaan kondom juga mempengaruhi tingkat keefektifan dalam mencegah kehamilan.

Oleh karena itu, agar pencegahan kehamilan dapat berjalan sukses, maka penggunaan kondom harus dilakukan sebelum melakukan hubungan seks. Hindari penggunaan kondom ketika menjelang proses ejakulasi. Dengan menggunakan kondom lebih awal, maka kemungkinan sperma untuk masuk ke dalam rahim menjadi lebih kecil.

Untuk memberikan kenyamanan berhubungan suami istri selama menggunakan kondom, maka Anda dapat menambahkan pelumas untuk memberikan kenyamanan dan juga perlindungan tambahan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tanggal kadaluarsa kondom sebelum menggunakannya. Kondom yang kadaluarsa tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas yang dihadirkannya.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam penggunaan kondom adalah dengan memegang pangkal kondom saat menarik penis keluar. Ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi kondom dan mencegah agar kondom tidak terlepas dari penis.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Penyimpanan Kondom yang Benar
Banyak pasangan yang belum mengetahui bahwa penyimpanan kondom juga akan mempengaruhi kualitas kondom yang digunakan. Kondom yang disimpan dengan benar maka kualitasnya akan tetap baik sehingga efektif digunakan untuk mencegah kehamilan.

Sebaliknya, kondom yang disimpan secara asal-asalan, maka kemungkinan terjadinya penurunan kualitas kondom dapat terjadi sehingga penggunaannya tidak mampu memaksimalkan pencegahan kehamilan. Kondom biasanya terbuat dari lateks. Oleh karena itu penyimpanan yang paling tepat adalah dengan menyimpannya di suhu kamar.

Kondom yang disimpan di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin maka dapat merusak material lateks kondom itu sendiri. Hal ini dikarenakan sinar matahari yang tinggi pada suhu panas dan juga kelembaban yang berlebih pada suhu dingin mampu memecah lateks sehingga menjadikan kondom yang digunakan menjadi lebih mudah robek.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai kondom serta cara penggunaanya. Walaupun kondom dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Anda sebaiknya perlu memperhatikan beberapa hal terutama dalam proses penggunaan dan juga penyimpanan kondom agar kondom dapat berfungsi dengan baik terutama untuk mencegah kehamilan.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What If the Condom Slipped Off During Sex? (for Teens). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/teens/lost-condom.html)
Condoms - male. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/ency/article/004001.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app