Kapan Haid Setelah Melahirkan Itu Terjadi?

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 7, 2019 Waktu baca: 2 menit
Kapan Haid Setelah Melahirkan Itu Terjadi?

Bagi ibu-ibu yang baru saja melahirkan, tentu akan bertanya-tanya kapankah menstruasi atau haid setelah melahirkan itu dimulai kembali. Bagaimana tidak, hingga saat masa nifas berakhir, tidak juga mendapatkan haid dan sudah terlanjur berhubungan dengan suami. Ada yang telat 1 bulan, 2 bulan, dan seterusnya.

Anda mungkin langsung khawatir dengan kemungkinan hamil lagi, padahal si bayi masih sangat kecil. Jangan buru-buru cemas dulu, sebaiknya ketahui dulu waktu haid normal kembali setelah persalinan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Kapan bisa haid setelah melahirkan?

Apakah Ibu menyusui atau tidak dan frekeunsi menyusui merupakan 2 faktor utama yang mempengaruhi seberapa cepat ibu akan mulai menstruasi lagi. Akan tetapi hal ini tidak bisa disamaratakan, karena setiap wanita akan berbeda. 

Jadi perlu diingat bahwa tidak ada cara yang dapat diandalkan untuk memprediksi secara tepat kapan seorang ibu setelah melahirkan akan mendapatkan menstruasi pertamanya.

Namun demikian, ada beberapa patokan yang berupa waktu di bawah ini yang hanya sebagai perkiraan kapan haid setelah melahirkan dimulai:

Bagi ibu menyusui

Salah satu efek dari menyusui adalah menunda haid yang artinya juga dapat mencegah kehamilan (walaupun bukan jaminan). Jika ibu menyusui secara eksklusif, siang dan malam, maka bisa jadi akan menunggu sampai 6 bulan baru mendapatkan menstruasi.

Semakin jarang ibu menyusui, maka akan semakin cepat mendapatkan haid setelah melahirkan. Jadi, jika bayi sering tidur nyenyak sepanjang malam sejak usia dini, atau jika menyusui secara jarang karena menggunakan pendamping ASI, maka kemungkinan besar akan mendapatkan haid lebih cepat dari enam bulan.

Lagi-lagi, tidak ada jaminan bahwa menyusui akan menyetop ovulasi. Ini hanya untuk menggambarkan pola umum periode postpartum, tetapi efek menyusui pada menstruasi bervariasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Beberapa wanita yang menyusui secara eksklusif bisa saja mendapatkan haid sebulan setelah melahirkan, sementara yang lain walaupun jarang menyusui bisa mendapatkan haid setelah beberapa bulan (malah lebih lama).

Bagi Ibu yang tidak menyusui

Rata-rata ibu yang tidak menyusui, karena bayi diberi susu formula atau alasan lainnya, akan mulai menstruasi 5-6 minggu setelah melahirkan. Jika Anda tidak haid selama tiga bulan setelah melahirkan, maka perlu berbicara dengan dokter. Dokter akan memeriksa kenapa tidak terjadi menstruasi (amenore sekunder) karena hal ini dapat disebabkan oleh kehamilan, atau masalah lainnya.

Perlu diketahui bahwa tubuh akan melepaskan telur postpartum (setelah melahirkan) pertama sebelum menstruasi itu datang. Jadi jika tidak mulai menggunakan kontrasepsi, sedangkan Anda sudah mulai 'berhubungan' lagi, maka bisa saja terjadi kehamilan.

Walaupun ibu sedang menyusui, jangan disesatkan oleh mitos bahwa Anda tidak subur. Banyak ibu menyusui telah terkejut dengan kehamilan yang tidak direncanakan.

Jangan khawatir jika menstruasi setelah melahirkan ini lebih berat atau lebih ringan dari sebelum hamil. Dan menjadi hal yang wajar ketika siklus mentruasi yang baru dimulai akan tidak lancar atau teratur.

Jika tenyata menstruasi tidak juga kunjung teratur setelah beberapa bulan, atau menimbulkan pendarahan yang begitu banyak tidak seperti menstruasi biasa, maka langkah terbaik adalah berkonsultasi dengn dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan pada rahim ataupun kondisi hormonal Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Period won't stop: 12 reasons why and how to treat it. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326094.php)
First Period After Pregnancy: What to Expect. Healthline. (https://www.healthline.com/health/pregnancy/first-period-postpartum)
Irregular Periods: Possible Causes of a Missed Period. WebMD. (https://www.webmd.com/women/why-is-my-period-so-random)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app