Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Jenis Penyakit Telinga Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 787.216 orang

Jenis-jenis penyakit telinga ini sering terjadi seperti gangguan pendengaran dengan berbagai alasan. Terdapat berbagai jenis gangguan telinga seperti infeksi, kanker dan lainnya dan dapat mempengaruhi bagian tertentu. Hal ini sangat berbahaya jika terus menerus di biarkan.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini terhingga ke dalam penyakit yang tidak berat sehingga tidak memerlukan perawatan yang panjang. Namun tentu saja tidak murah. Untuk itu kami akan menjelaskan jenis-jenis dari penyakit telinga yang dapat di sembuhkan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Inilah Berbagai Jenis-jenis Penyakit Telinga yang Dapat di Sembuhkan:

Infeksi telinga

Ini merupakan penyakit yang biasa sering terjadi. Setiap bagian yang ada di telinganya bisa mengalami infeksi, dari telinga luar, tengah dan telinga dalam. Beberapa kuman seperti bakteri dan virus bisa saja masuk ke telinga dan menyebabkan infeksi. Khususnya pada telinga tengah, karena rongga telinga di balik gendang telinga dapat terisi dengan cairan.

Beberapa perawatan dari ruang sakit bisa saja membantu seperti meminum antibiotik, yang merupakan obat untuk melawan infeksi. Sehingga itulah yang menyebabkan sulitnya penderita untuk mendengar, dan lama-kelamaan intensitas suara semakin mengecil.

Infeksi Telinga Luar (Otitis Externa)

Jenis-jenis penyakit telinga biasanya terjadi pada bagian luar sebelum gendang telinganya dan disebabkan oleh kebersihan yang buruk, dan kebiasaan jelek seperti mengorek telinga secara berlebihan, dan kotoran telinga yang menumpuk karena jarang di bersihkan.

Gejala yang muncul bisa berupa sakit telinga, dan rasa sakit ketika membuka mulut. Gangguan pendengaran lainnya apabila terjadi pembengkakan di bagian lubang telinga.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Infeksi Telinga Tengah (Otitis Media).

Penyakit yang satu ini sering terjadi pada anak-anak yang berasal dari bakteri dan virus. Jarang terjadi pada orang dewasa karena perbedaan struktur anatomi telinga. Dan perlu diketahui jika telinga tengah memiliki saluran yang langsung terhubung ke rongga hidung melalui tabung pendengaran.

Pada anak-anak ukurannya lebih pendek dan datar, sedangkan pada orang dewasa lebih panjang dan melengkung. Inilah sebabnya lebih rentan terkena otitis media. Jika infeksi di sebabkan oleh bakteri, maka dapat di obati dengan antibiotik, namun jika berasal dari virus maka penggunaan Antibiotik tidak akan bekerja.

Operasi merupakan salah satu pengobatan yang baik untuk anak, dengan infeksi yang sedang berlangsung. Dengan cara melubangi dendang telinga untuk mengeluarkan cairan nanah yang ada pada infeksi telinga..

Kanker Telinga

Bisanya terjadi pada kulit bagian luar telinga dan bisa juga tumbuh di Bagian telinganya bagian dalam. Namun hal ini amat sangat jarang terjadi, ada berbagai jenis kanker yang mempengaruhi tingkat. Sebagian bedanya adalah Karsinoma sel skuamosa pada telinga luar.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kanker Telinga Luar

Jenis-jenis penyakit telinga yang satu ini menyerang pada bagian jaringan kulit, karena adanya luka berkeropeng dan tidak teratur dengan pengerasan kulit. Bisanya terjadi di bagian tepi atas dan bagian luar telinga. Dan parahnya bisa terjadi bertahun-tahun disertai dengan pembengkakan. Atau benjolan pada leher.

Jenis-jenis penyakit telinga di sebabkan karena paparan sinar matahari langsung secara terus menerus dalam waktu yang sangat lama bisa saja selain tumor juga menyebabkan kanker. Jika kanker masih dalam waktu kecil maka bisa di lakukan operasi untuk penyembuhannya.

Jika Anda merasakan ketidaknyamanan pada telinga, sebaiknya segera bersihkan menggunakan cotton bath. Namun jika masih merasakan hal tidak enak, segaralah periksakan pada dokter spesialis THT, untuk penanganan lebih lanjut, karena sehat itu mahal. Lebih baik Anda mencegah dari pada mengobati.

Karena jika di biarkan terus menerus, akan menyebabkan penyakit menjadi lebih parah dan sulit untuk di obati. Maka dari itu laksanakan hidup sehat mulai dari sekarang, termasuk menjaga kebersihan telinga. Namun kebanyakan orang salah dalam melakukan perawatan, seperti tidak boleh sering-sering membersihkannya, karena akan menghilangkan cairan yang bertugas menyaring debu dan kotoran dari luar.

Serta jangan memasukkan benda-benda tajam, ke dalam telinga, dan terlebih memasukkannya terlalu dalam. Hal itu menyebabkan kerusakan badan bagian dalam, dan menyulitkan saat pengobatannya. Itu saja Jenis-jenis penyakit telinga yang perlu Anda tahu. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini