Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI
Kesehatan Fisik

Mengenal Jenis-Jenis Kanker

Update terakhir: SEP 21, 2019 Tinjau pada SEP 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.062.312 orang

Mengenal Jenis-Jenis Kanker

Tentunya pembaca sekalian sedikit banyak sudah pernah mendengar jenis-jenis kanker yang mungkin diantaranya telah di ketahui melalui televisi, media cetak, atau mendengarnya langsung dari dokter ketika seseorang divonis memiliki jenis kanker tertentu, seperti kanker payudara, kanker otak dan lain sebagainya.

Tahukah Anda, ada lebih dari 200 jenis-jenis kanker, sangat banyak bukan. Oleh karena itu untuk mempermudah mempelajarinya jenis kanker yang banyak itu dikelompokkan ke dalam beberapa kategori umum berdasarkan sistem penggolongan jaringan asal sel kanker.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. GRATIS ongkir untuk minimal pembelanjaan Rp50.000!

Klasifikasi jenis kanker berdasarkan gambaran yang dilihat dibawah mikroskop atau mikroskopik yang dimaksud, yaitu:

  • Karsinoma
  • Sarkoma
  • Leukimia
  • Limfoma dan myeloma
  • Kanker Sistem saraf pusat (Central nervous system cancers)

Marilah kita pelajari satu persatu.

Karsinoma Merupakan jenis Kanker yang berasal dari lapisan terluar  kulit atau jaringan yang melapisi atau menutupi organ internal (jaringan  epitel), contoh kanker yang tergolong karsinoma ini, antara lain: Kanker kulit, karsinoma sel skuamosa dan basal, papiloma, melanoma, dan adenoma, kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker ovarium, dan kanker usus besar. Karsinoma terbagi menjadi dua garis besar yaitu adenocarcinoma (bila berasal dari organ atau kelenjar) dan karsinoma sel skuamosa bila berasal dari sel epitel berbentuk berderet seperti batu bata (skuamosa).

Sarkoma Merupakan Jenis Kanker yang berasal dari mesotel (jaringan tengah atau jaringan ikat) yakni jaringan tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, jaringan ikat atau penyokong lainnya. Contoh sarkoma diantaranya: kanker tulang, osteosarcoma, synovialsarcoma, kanker jaringan lemak (lipoma), liposarcoma, angiosarcoma, rhabdosarcoma, dan fibrosarcoma.

Leukemia Leukimia merupakan jenis Kanker yang berasal dari jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang dan menyebabkan produksi sejumlah besar sel darah yang abnormal. Secara lebih sederhana leukimia disebut kanker darah putih, diantaranya: leukemia lymphoblastic akut ( ALL dan CLL ), leukemia myelogenous ( AML dan CML ), leukemia T - cell, dan hairy-cell leukemia.

Lymphoma Merupakan Kanker yang terbentuk dari sel-sel sistem kekebalan tubuh atau sistem limfatik, yang termasuk jenis kanker ini, antara lain: limfoma sel-T, limfoma sel B, limfoma Hodgkin, limfoma non -Hodgkin, dan limfoma lymphoproliferative

Myeloma

Myeloma merupakan keganasan yang berasal dari sel plasma dari sumsum tulang. Sel-sel plasma ini menghasilkan protein yang dapat ditemukan didalam darah.

 

Kanker Sistem Saraf Pusat (Central nervous system cancers) Seseuai dengan namanya jenis Kanker ini berasal dari jaringan sistem saraf pusat yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang, contohnya tumor otak dan sumsum tulang belakang, meningioma, glioma, pituitary adenoma, vestibular schwannomas, dan tumor neuroectodermal primitif.

Ada jenis kanker yang tidak tercantum di atas, yaitu kanker metastatik, sebenarnya merupakan perwujudan dari salah satu jenis kanker diatas namun telah menyebar ke jaringan atau organ lainnya. Sebagai contoh seseorang yang memiliki kanker payudara stadium IV, ternyata kanker payudara tersebut telah menyebar ke paru-paru sehingga terbentuklah kanker paru-paru metastatik. Dalam dunia medis dikenal dengan istilah kanker sekunder, sedangkan kanker primer merupakan kanker yang memang berasal dari sel tersebut misalnya kanker payudara yang bukan dari hasil metastase dari sel-sel jaringan lainnya.

 

Referensi

American Cancer Society (2015). Lymph Nodes and Cancer.

American Cancer Society (2017). Alcohol Use and Cancer.

American Heart Association AHA (2017). Meat, Poultry, and Fish: Picking Healthy Proteins.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit