HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Kenali Bahaya Pedikur dan Manikur Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Kenali Bahaya Pedikur dan Manikur Bagi Kesehatan Tubuh

Demi menjaga kecantikan kulit, wanita rela melakukan segala hal. Perawatan muka, tangan, dan kaki pun tak lupa menjadi rutinitas wajib bagi wanita. Pedikur dan manikur adalah contohnya. Sayangnya perawatan kuku tangan dan kaki ini dapat menimbulkan masalah kesehatan jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Penelitian asal Columbia University's Department of Dermatology menyatakan bahwa perawatan kecantikan kuku ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan jika dilakukan dengan cara yang salah dan kurang hati-hati.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Berbagai penyakit kuku seperti paronychia, onycholysis, dan kuku rapuh dapat saja mengintai kuku indah Anda. Tak hanya itu, pelaksanaan manikur dan pedikur yang salah mampu memicu timbulnya alergi, infeksi bakteri, dan kutil. Dalam kasus berat, kesalahan pedikur dan manikur justru dapat menyebabkan hepatitis dan HIV. 

Ada pula perawatan pedikur dan manikur yang menggunakan sinar ultraviolet yang membahayakan kesehatan penggunanya. Sinar ultraviolet mampu memicu timbulnya kanker. Penggunaan sinar ini biasanya untuk menguatkan kuku dan memudahkan pemasangan kuku palsu.

Seorang ahli dermatologi dari University of Texas, Deborah MacFarlane mengatakan penggunaan sinar UV yang berlebihan dapat memicu timbulnya sel kanker.

“Jika terlalu sering, paparan sinar UV bisa menjadi pemicu utama timbulnya kanker kulit,” ujarnya.

Namun hal berbeda muncul dari seorang ahli kanker Caroline Cerny. Cerny menganggap bahwa tidak selamanya sinar UV mampu menjadi penyebab timbulnya kanker. Namun dirinya juga tidak memungkiri bahwa paparan sinar UV yang berlebihan seperti pada proses penggelapan kulit (tanning) juga dapat menyebabkan kanker.

Cerny menambahkan, munculnya kanker juga disebabkan oleh penggunaan produk kimia yang berbahaya. Bahan-bahan tersebut akan diserap dan masuk ke akar kuku dan kulit sehingga merusak sel kulit dan kuku yang berpotensi menimbulkan kanker.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Are Professional Pedicures Really Safe?. Piedmont Healthcare. (https://www.piedmont.org/living-better/are-professional-pedicures-really-safe)
Nail psoriasis or fungus?: Differences, symptoms, and outlook. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319625.php)
Your Guide to a Perfect Pedicure. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-pedicure)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app