Jadikan Olahraga Teman Sehat untuk Tubuh Bebas Rokok

Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 4, 2019 Waktu baca: 2 menit
Jadikan Olahraga Teman Sehat untuk Tubuh Bebas Rokok

Saat ini olahraga menjadi salah satu kebutuhan untuk mendapatkan kualitas hidup lebih produktif. Apalagi sangat baik dilakukan oleh anda yang sedang berusaha berhenti dari kegiatan merokok. Ya, olahraga menjadi cara yang bisa mendukung pemulihan terhadap nikotin yang masih tersisa di dalam tubuh.

Merokok telah berhasil membuat anda dibayangi penyakit kronis yang bisa menimpa anda kapan saja. Kemudian di sisi lain anda tidak bisa lepas dari jeratan tersebut. Jika anda berniat untuk melepaskan diri dari nikotin, maka terdapat beberapa gejala yang harus anda rasakan selama kurun waktu tertentu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Namun sangat baik kiranya ketika anda memutuskan berhenti merokok, karena sama dengan anda memutus mata rantai penyakit yang bisa anda idap pada satu atau dua tahun mendatang. Apa saja keunggulan olahraga yang berdampak bagi anda yang hendak berhenti merokok. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Fungsi Olahraga

Beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari melakukan berbagai kegiatan olahraga, baik dalam skala yang ringan sampai yang berat ialah sama rata, antara lain:

Mampu Mengurangi Kadar Stres

Ketika anda berhenti merokok maka salah satu gejala yang timbul adalah stres akibat kesulitan tidur, emosional, cemas dan gelisah berlebihan. Maka stres akan menurun dengan melakukan kegiatan olahraga, Sehingga tubuh dapat saling berinteraksi dan bergerak dengan fungsinya masing-masing. Memberikan sensasi tenang dan pikiran yang lebih fresh.

Mengontrol Berat badan

Olahraga dapat membantu anda dari kelebihan dan kekurangan berat badan. Hal itu terjadi karena proses metabolisme berjalan dengan lebih baik akibat olahraga yang anda lakukan, setidaknya 15 sampai dengan 30 menit sehari.

Mengontrol Rasa Lapar

Melakukan olahraga akan membuat anda lebih selektif dalam memilih makanan. Sehingga anda tidak akan mudah lapar dan memakan apa saja dengan kadar yang sembarangan. Selain itu berguna bagi orang yang sedang mengalami diet, supaya merasakan sensasi kenyang lebih lama dan serat yang tetap terkontrol.

Memulai Olahraga

Jadikan kegiatan olahraga sebagai sebuah kegiatan yang lebih mudah untuk dilakukan. Apalagi jika saat ini anda berniat bebas dari kecanduan akibat rokok. Sehingga simak beberapa tips berikut ini:

  • Tentukan waktu yang tepat disela-sela rutinitas anda yang padat. Sehingga anda tetap memiliki jadwal yang rutin untuk bisa anda lakukan setiap hari.
  • Olahraga yang memiliki intensitas sedang berkisar antara 30 menit. Dengan demikian anda tidak akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk melakukan berbagai pekerjaan lainnya. Mungkin saja anda bisa melakukan olahraga tersebut sebelum pergi ke tempat kerja setiap hari.
  • Pilih jenis olahraga yang memungkinkan untuk anda lakukan setiap hari. Sehingga olahraga seolah bukan tuntutan sehat semata namun juga sebagai kegiatan yang lebih menyenangkan.
  • Jika memungkinkan, maka anda bisa ikuti kelas-kelas olahraga yang biasanya dilakukan dalam skala mingguan.

Jenis Olahraga

Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga yang bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah, seperti:

  • Jalan santai di pagi hari saat matahari belum benar-benar muncul. Anda bisa memulainya dengan berjalan santai di sekitar perumahan.
  • Berenang, olahraga air ini memang menyenangkan. Dimana anda dituntut untuk bergerak di dalam air sehingga paru-paru dan otot bekerja dengan maksimal. Sehingga anda bisa bernafas dengan lebih baik setiap hari.
  • Jogging, anda bisa lakukan olahraga satu ini di akhir pekan bersama kawan-kawan ke taman kota. Sehingga anda bisa memanfaatkan akhir pekan dengan lebih menyenangkan. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How exercise can help you to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320484)
Exercise-based smoking cessation interventions among women. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5718352/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app