Hipnotis: Cara Baru untuk Berhenti Merokok

Dipublish tanggal: Mei 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Hipnotis: Cara Baru untuk Berhenti Merokok

Bagi perokok aktif, berhenti merokok merupakan tantangan berat dalam hidup. Tidak jarang perokok aktif yang sebenarnya ingin berhenti merokok namun ia bingung memilih cara apa yang harus ditempuh agar berhasil menghilangkan kebiasaan buruknya. 

Anda tidak perlu khawatir, jika patch, konseling dan permen karet nikotin kurang berfungsi dalam usaha Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda, metode hipnotis bisa anda coba. Penasaran ? Yuk kita simak bersama ulasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apa hipnotis itu ?

Hipnotis merupakan perubahan kondisi tubuh yang sedang trance / seperti orang tertidur namun masih dibawah alam bawah sadarnya. Metode hipnotis ini juga sudah banyak digunakan oleh medis untuk mengobati penyakit baik psikologis maupun masalah fisik misalnya untuk mengendalikan rasa sakit/ anestesi secara psikis, untuk membantu terapi berat badan, kecanduan sampai masalah kelainan bicara.

Walaupun masih banyak orang yang memperdebatkan masalah kinerja hipnotis tersebut, namun sebagian orang juga percaya bahwa ketika seseorang dihipnotis maka orang tersebut akan merasa lebih fokus, lebih kooperatif untuk diberi sugesti, serta lebih rileks. 

Meskipun orang yang sedang dihipnotis tersebut terlihat seperti tidak sadar namun sebenarnya orang tersebut masih menyadari akan keadaan di sekitarnya karena semua sugesti tersebut tidak akan bisa dilakukan tanpa persetujuan dari orang yang sedang dihipnotis.

Bahkan sebuah survei yang melakukan uji otak pada pasien yang sedang mengikuti sesi hipnotis menunjukan aktivitas neurologi yang relatif tinggi.

Hipnotis yang diterapkan pada perokok aktif

Ketika sesi hipnotis sedang berjalan, pasien akan diminta atau disugesti oleh hipnoterapis tentang bahaya merokok dan beberapa ilustrasi hiperbola pada saat proses merokok berlangsung. 

Misalnya asap orang yang merokok sama dengan asap truk dan ketika orang yang sedang dihipnotis merokok akan selalu merasa mulutnya sangat kering. Terdapat beberapa metode hipnotis yang sering dilakukan untuk membantu orang berhenti merokok di antaranya :

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Metode Spigel

Metode spigel merupakan salah satu metode hipnotis favorit yang sedag banyak dilakukan oleh medis dan berfokus pada 3 prinsip utama, yaitu :

  • Merokok adalah racun yang dapat merusak tubuh
  • Padahal untuk menjalani hidup yang bahagia Anda memerlukan tubuh yang sehat
  • Sehingga Anda wajib menjaga dan menghargai tubuh Anda sendiri.

Metode hipnotis ini akan mengajarkan self-hypnosis pada pasien dan memberi sugesti pada pasien untuk mengulangi kalimat afirmasi tersebut ketika ia ingin merokok.

Tingkat efektivitas metode hipnotis untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Hipnotis sebenarnya tidak selalu dapat berfungsi untuk setiap orang. Perbandingannya adalah 1 banding 4. Meskipun beberapa website mengklaim hipnotis bukan merupakan cara terapi yang disetujui. 

Terdapat segelintir peneliti yang mengemukakan bila metode hipnotis ini masih memerlukan studi yang lebih mendalam tentang keakuratannya ketika digunakan sebagai metode untuk menghentikan kebiasaan merokok. 

Walaupun mereka juga menaruh harapan yang cukup besar pada metode ini karena memiliki beberapa keunggulan tentunya dengan menggunakan kombinasi beberapa teknik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum mengikuti sesi hipnoterapi, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pastikan hipnoterapis yang Anda pilih telah mempunyai lisensi dan sudah terlatih/ berpengalaman sebab seseorang yang menjadi hypnotizer dalam bidang medis haruslah orang yang mengerti betul tentang segala bidang mengenai obat-obatan, perawatan, psikologis dan psikiatri.
  • Anda perlu mewaspadai klaim atau janji yang menjamin hipnotis ini 100% manjur karena menurut survei yang telah ada, hipnotis tidak manjur pada semua orang.

Demikian mengenai info hipnotis sebagai cara untuk berhenti merokok. Bagi Anda yang tengah berjuang untuk berhenti merokok mungkin bisa mencoba metode hipnotis. Siapa tahu nantinya kebiasaan merokok Anda bisa berhenti.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Will Hypnotherapy Help You Stop Smoking? - Smoking Cessation Center. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/stop-smoking/smoking-cessation-aids-hypnotherapy.aspx)
Hypnosis to Quit Smoking: Benefits and Risks. WebMD. (https://www.webmd.com/smoking-cessation/hypnosis-for-quitting-smoking#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app