Bisakah Menggunakan Metode Hipnoterapi Untuk Berhenti Merokok ?

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bisakah Menggunakan Metode Hipnoterapi Untuk Berhenti Merokok ?

Berhenti merokok bisa menjadi sebuah tantangan yang cukup berat bagi para perokok pada umumnya. Namun, berhenti merokok merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan para perokok. 

Beberapa metode yang dilakukan untuk berhenti merokok terbilang cukup beragam, seperti patch, permen karet nikotin, konseling, dan metode lainnya. Namun, jika hal tersebut tidak berhasil, anda bisa mencoba metode hipnotis. Simak ulasan berikut untuk mengetahui tentang metode hipnotis untuk berhenti merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Apa itu hipnotis?

Hipnotis adalah perubahan kondisi kesadaran di mana pasien akan dibuat dalam keadaan seperti tertidur.  Metode hipnotis klinis seringkali digunakan untuk mengatasi masalah fisik atau psikologis. 

Misalnya, hipnotis digunakan mengendalikan rasa sakit pada pasien pasca operasi, bisa juga dilakukan pada pasien yang memiliki masalah berat badan, susah berbicara, dan masalah ketergantungan.  

Terdapat banyak perdebatan tentang bagaimana cara kerja dari metode hipnotis. Beberapa orang menganggap hipnotis bekerja jika ruang bawah sadar pasien mengikuti sugesti yang diberikan hipnoterapis.

Hipnotis untuk berhenti merokok

Selama metode hipnotis  untuk berhenti merokok sedang berlangsung,  pasien biasanya diminta untuk membayangkan dampak buruk yang disebabkan dari merokok. Sebagai contoh, seorang hipnoterapis dapat memberikan sugesti bahwa asap rokok sangat bau, atau merokok dapat membuat mulut terasa terasa kaku dan kering.

Salah satu metode hipnotis yang terkenal yaitu metode Spiegel.  Metode ini adalah salah satu teknik hipnotis yang cukup populer dan berfokus pada 3 pokok utama dalam proses, yaitu:

  • Merokok menyebarkan racun pada tubuh
  • Anda perlu tubuh tetap sehat dan bebas dari racun
  • Anda harus menghargai, menjaga dan melindungi tubuh Anda

Apakah metode hipnotis ampuh untuk berhenti merokok?

Kenyataannya, metode hipnotis tidak sepenuhnya bekerja untuk semua orang.  Jika metode hipnotis yang dilakukan berhasil, intensitas prosedur hipnotis cukup beragam pada masing-masing orang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Bagaimana metode hipnotis bekerja untuk berhenti merokok tergantung pada sumber yang terpercaya. Hasil penelitian terkait hal ini cukup bervariasi. Pada tahun 2010 silam, ulasan sistematis terhadap penelitian tidak memberikan cukup bukti terkait penggunaan metode hipnotis dapat membuat seseorang berhenti merokok.  

American Cancer Society menyimpulkan bahwa walaupun metode hipnotis banyak dilakukan, namun hasilnya tidak efektif.

Meskipun beberapa sumber dan website gencar mempromosikan dan mengklaim hasil yang efektif dari metode hipnotis, para peneliti menyatakan bahwa masih perlu dilakukan studi yang menyeluruh untuk menentukan apakah dengan metode hipnotis benar-benar dapat membantu perokok berhenti merokok.  

Namun, para peneliti juga menambahkan, dengan metode hipnotis yang dilakukan, pasien akan memiliki harapan untuk berhenti merokok. Namun, cara terbaik untuk berhenti merokok adalah dengan perpaduan beberapa teknik terapi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih metode hipnoterapi

Jika Anda ingin mencoba metode hipnotis untuk berhenti merokok, jangang sungkan untuk meminta hipnoterapis yang kredibel dan terkualifikasi.  Berikut ini tips-tips untuk memilih hipnoterapis yang kredibel dan terkualifikasi :

  • Pastikan bahwa hipnoterapis memiliki lisensi dan sertifikat. Hipnotis untuk alasan medis dan perilaku psikologi hanya dapat dilakukan oleh hipnoterapis yang memiliki sertifikat dan lisensi khusus.
  • Tetap waspada terhadap klaim atau jaminan yang terlalu berlebihan dari hipnoterapis, karena hipnotis tidak selalu bekerja untuk semua orang.

Hal yang paling utama jika ingin berhenti merokok adalah niat dari diri anda sendiri.  Bagaimanapun juga, hanya diri sendiri yang bisa membantu anda berhenti merokok.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Selecting a qualified professional. American Society of Clinical Hypnosis. http://www.asch.net/Public/GeneralInfoonHypnosis/SelectingaQualifiedProfessional/tabid/137/Default.aspx.
Stewart JH. Hypnosis in contemporary medicine. Mayo Clinic Proceedings. 2005;80:511.
Madden K, et al. Hypnosis for pain management during labour and childbirth (review). Cochrane Database of Systematic Reviews. http://www.thecochranelibrary.com.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app