Fakta Menarik Hipnoterapi Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Fakta Menarik Hipnoterapi Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Metode hipnoterapi digunakan sebagai salah satu bentuk terapi bagi orang-orang yang ingin berhenti merokok. Keberhasilan terapi ini telah dibuktikan dengan hasil signifikan hingga mencapai angka tertinggi dibandingkan dengan cara yang lainnya. 

Pernyataan tersebut dikatakan oleh seorang ahli scientist. Oleh sebab itu, simak di bawah ini fakta mengenai metode hipnotis yang digunakan untuk menghentikan seseorang berhenti merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Hipnoterapi tidak selalu membuat tak sadarkan diri

Beberapa orang akan beranggapan jika hipnoterapis merupakan metode yang dilakukan saat kondisi tak sadarkan diri. Namun, nyatanya trance sendiri sama seperti metode relaksasi dan tentu saja Anda akan merasa familiar saat melakukannya.

Trance sendiri merupakan kondisi normal dan alami. Jadi, trance ini berbeda dengan hipnotis pada umumnya yang orang banyak ketahui karena dilakukan saat keadaan tidak sadarkan diri.

Anda akan merasa rileks

Hipnotis dapat meningkatkan relaksasi secara natural. Hipnotis tidak selalu dilakukan dengan cara membuat Anda menjadi tertidur, karena sebenarnya hipnotis jauh berbeda dengan keadaan saat tidur.

Ketika tidur, Anda benar-benar kehilangan kontrol dan dipengaruhi oleh alam bawah sadar Anda tanpa kendali, sedangkan saat Anda dihipnotis, Anda masih bisa mendengarkan apa yang dikatakan dan bisa dihentikan kapan pun karena Anda memegang kendalinya.

Saat mengalami hipnoterapi, akan terlintas dipikiran Anda tentang beberapa pertanyaan kondisi yang dialami seperti ‘sedang berada dalam keadaan dihipnotis ataukah ini hanya keadaan rileks?’. 

Kondisi tersebut wajar terjadi, kuncinya Anda hanya perlu mengikuti sugesti dari terapis dan membuka pikiran Anda, kemudian setelah selesai Anda dapat membicarakannya dengan sadar. Anda hanya perlu mengikuti instruksi terapis dan menerima sugesti dengan baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pada dasarnya kondisi hipnotis bisa terjadi saat Anda melakukan kegiatan sehari-hari, contohnya pada saat Anda sedang menyetir. Anda pasti pernah berada dalam kondisi blank dalam perjalanan, kemudian Anda seketika tersadar kembali. 

Lalu, ketika Anda sering melewati belokan jalan yang sama, seketika Anda akan otomatis berbelok tanpa sadar, padahal sebenarnya tujuan Anda seharusnya melewati jalan yang lain.

Hal lainnya dapat terjadi saat Anda sedang serius menyimak televisi atau obrolan dari orang lain, Anda  tidak akan mendengar suara-suara lainnya, sekalipun ada orang lain yang datang, memanggil atau berbicara pada Anda. Hal-hal tersebut merupakan gambaran sederhana yang serupa dengan keadaan hipnotis.

Jenis hipnotis apa yang digunakan?

Hipnotis merupakan alat perubahan yang telah digunakan lebih dari puluhan tahun dan telah disetujui oleh asosiasi medis. Beberapa tipe hipnotis yang banyak diketahui oleh  orang-orang saat ini, salah satunya digunakan untuk pertunjukan.

Anda pasti pernah menyaksikannya dan berpikir jika orang yang dihipnotis diberikan instruksi untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin mereka lakukan. Faktanya, hal tersebut tidak benar-benar terjadi. Ahli hipnotis tidak dapat membuat orang melakukan hal yang tidak ingin dilakukannya. Lalu, bagaimana?

Jadi, penonton yang ingin menyaksikan pertunjukan hipnotis, tentu saja karena mereka ingin mencari hiburan dengan melihat orang lain yang naik ke atas panggung melakukan hal-hal konyol. Biasanya, orang yang menghipnotis akan memanggil beberapa sukarelawan yang ingin dilihat dan tampil di panggung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Setelah itu, sukarelawan yang ingin tampil dipilih oleh ahli hipnotis untuk dilakukan serangkaian tes. Ahli hipnotis tidak mencari orang yang dapat dihipnotis, tetapi mencari orang yang bisa diajak bekerja sama. 

Umumnya, orang-orang yang memiliki IQ rata-rata dapat di hipnotis, tetapi hanya sedikit yang mau melakukan hal-hal konyol dan bersedia mengikuti instruksi dari ahli hipnotis.

Kondisi tersebut sama saja seperti hipnotis yang dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Artinya, hipnotis tidak akan membuat Anda berhenti merokok jika tidak terdapat niat yang kuat dalam diri Anda. 

Hipnotis hanya dapat membantu Anda untuk melakukan hal yang ingin Anda lakukan, salah satunya berhenti merokok. Cara ini diyakini ampuh untuk membantu Anda mewujudkan keinginan tersebut.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Elkins, Gary & Marcus, Joel & Bates, Jeff & Rajab, Hasan & Cook, Teresa. (2006). Intensive Hypnotherapy for Smoking Cessation:A Prospective Study. The International journal of clinical and experimental hypnosis. 54. 303-15. 10.1080/00207140600689512. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/7017847_Intensive_Hypnotherapy_for_Smoking_CessationA_Prospective_Study)
Elkins, Gary & Rajab, Hasan. (2004). Clinical Hypnosis For Smoking Cessation: Preliminary Results of a Three-Session Intervention. The International journal of clinical and experimental hypnosis. 52. 73-81. 10.1076/iceh.52.1.73.23921. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/8881046_Clinical_Hypnosis_For_Smoking_Cessation_Preliminary_Results_of_a_Three-Session_Intervention)
Will Hypnotherapy Help You Stop Smoking? - Smoking Cessation Center. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/stop-smoking/smoking-cessation-aids-hypnotherapy.aspx)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app