Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Kenali Herpes Mulut Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: SEP 17, 2019 Tinjau pada SEP 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.710.229 orang

Apakah Herpes Mulut?

Herpes mulut atau yang dikenal dengan herpes oral merupakan suatu penyakitgt;infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Kebanyakan herpes mulut ini disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe I (HSV-1).  Infeksi herpes mulut ini bisa menyerupai bentuk sariawan. Oleh karena itu, sering kali tidak disadari bagi para penderita. Mari simak penjelasan artikel mengenai herpes mulut berikut ini…

Penyebab Herpes Mulut

Virus herpes dapat digolongkan menjadi dua macam yaitu herpes zooster dan herpes simpleks. Virus herpes simpleks sendiri memiliki 2 macam jenis, yaitu tipe 1 yang dikaitkan dengan infeksi di daerah bibir dan rongga mulut dan tipe 2 yang bermanifestasi di genital (alat kelamin). Infeksi HSV tipe 1 ini dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar gusi, bibir, lidah, langit-langit mulut dan di dalam pipi. Selain itu gejala lain juga dapat muncul seperti demam dan nyeri otot.

Virus herpes tipe 2 (HSV-2) biasanya menyebar melalui kontak seksual dan menyebabkan herpes genital. Namun, kadang-kadang HSV-2 juga dapat menyerang mulut melalui oral seks dan menimbulkan lepuhan di sekitar mulut.

Penyebaran Herpes Mulut

Penyebaran virus dapat terjadi melalui kontak sekresi yang telah terinfeksi seperti membran mukosa atau air ludah . Selain itu dapat juga tersebar melalui sentuhan langsung dengan kulit penderita. Infeksi ini dapat diteruskan dari seseorang yang sedang mengalami infeksi aktif, atau dari penderita tanpa gejala apapun.

Dalam keadaan aktif, virus berada di saliva atau air liur dan sekresi genital dan dapat berada di situ selama sedang terjadi serangan klinis dan beberapa hari atau minggu setelahnya. Kenyataan bahwa penyakit ini sering ditularkan selama kegiatan vaginal, anal ataupun oral seks membuat penyakit herpes sering dikategorikan sebagai sexual transmitted disease

Gejala dan Tanda Herpes Mulut

o   Sensasi terbakar pada mulut yang terinfeksi.

  • Rasa nyeri, rasa kesemutan dan rasa gatal pada area yang terinfeksi sebelum luka pada mulut muncul
  • Timbul gelembung-gelembung yang tampak seperti hendak pecah dan menimbulkan luka merah di kulit.
  • Luka yang muncul pada mulut/bibir bakal kelihatan seperti kopengan sesudah beberapa hari di mana ini nantinya akan mengering lalu warnanya berubah kuning.
  • Luka biasanya bisa muncul tak hanya pada bibir, tapi juga pada depan lidah, gusi, bagian dalam pipi, langit-langit mulut, hingga tenggorokan.
  • Timbul luka di mulut yang terasa nyeri dan mengakibatkan para penderita sulit makan dan minum gt;bengkakan kelenjar limfa leher dan terasa sakit
  • Inflamasi pada gusi, sehingga terlihat merah, bengkak dan pendarahan pada gusi dapat terjadi

o   Sakit tenggorokan dan amandel yang warnanya keabuan, biasa terjadi pada penderita berusia remaja serta yang usianya 20 tahunan.

Pengobatan Herpes Mulut

Ketika gejala sudah pada tahap mengganggu sehingga kita sulit untuk makan dan minum, penanganan utama harus segera dilakukan agar tidak berlanjut lebih parah. Meskipun tidak ada obat untuk virus herpes mulut, Anda dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi penampakan herpes mulut sebagai berikut:

o   Pemberian asupan cairan. Hal ini perlu dilakukan demi mencegah dehidrasi pada penderita ketika sudah mulai sulit dan malas untuk minum.

o   Krim dan tablet antivirus. Krim antivirus seperti asiklovir,pensiklovir dapat mempercepat waktu penyembuhan infeksi herpes pada bibir dan mulut. Krim antivirus hanya membantu menyembuhkan wabah herpes mulut akan tetapi tidak menyingkirkan virus herpes simpleks.

  • Krim, gel dan perawatan topikal lain yang mengandung anestetik agar rasa nyeri dapat diredakan. Pemakaian salep harus dioleskan dan jangan digosok. Hal ini dianjurkan untuk meminimalkan penyebaran virus ke area sekitar.
  • Obat penghilang rasa sakit, dapat meredakan rasa nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen.
  • Minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi.
  • Gunakan anti kumur antiseptik apabila penderita tidak dapat menyikat gigi.

Referensi

Balasubramaniam, R., Kuperstein, A. S., & Stoopler, E. T. NCBI (2014). Update on Oral Herpes Virus Infections. Dental Clinics of North America, Apr;58(2):265-80.

Davis, C. P. eMedicine Health (2018). Oral Herpes.

Dock, E. Healthline (2017). Herpes Simplex.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit