Heparinoid: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Mar 1, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 533.262 orang

Memar disebabkan oleh darah yang terperangkap di bawah permukaan kulit, yang disebabkan oleh cedera yang menghancurkan pembuluh darah kecil tetapi tidak merusak kulit. Darah merembes keluar dari pembuluh darah ke jaringan sekitarnya. 

Memar menyebabkan perubahan warna kulit dan Seringkali menyakitkan dan disertai dengan bengkak. Faktanya bahwa wanita lebih mudah memar daripada pria, sekitar 30% wanita merasa mereka mudah memar.

Apa itu Heparinoid?

Heparinoid adalah obat yang tersedia dalam bentuk gel atau krim yang telah terbukti secara klinis dapat menyembuhkan memar. Heparinoid biasanya terkandung dalam obat dengan nama dagang Hirudoid. 

Obat ini bekerja dengan mempercepat proses penyembuhan, heparinoid bukan lah sekedar produk kesehatan dan kecantikan seperti make up yang hanya menutupi bekas memar, tetapi Heparinoid menghilangkan memar dengan mempercepat proses penyembuhan.

Heparinoid mengandung MPS (Mucopolysaccharide polysulphate) yang mirip dengan MPS alami yang ditemukan di lapisan kulit. Kemampuan penyembuhan ini bergantung pada keberadaan MPS dalam jaringan. 

Studi ilmiah menunjukkan bahwa MPS pada heparinoid dapat menembus ke Lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga dapat menghasilkan konsentrasi yang efektif untuk menyembuhkan luka memar dengan cepat.

Secara klinis MPS memiliki beberapa khasiat medis termasuk mempercepat pertumbuhan jaringan, pengurangan pembengkakan dan peradangan, dengan cara ini Heparinoid dapat mempercepat waktu penyembuhan memar.

Jangan gunakan obat ini jika :

  • jika Anda memiliki riwayat alergi (hipersensitif) terhadap heparinoid atau salah satu bahan lain dari Hirudoid Cream
  • jika Anda memiliki kulit yang rusak pada area kulit yang luas
  • jika Anda memiliki kulit yang rusak pada area sensitif seperti mulut, mata atau daerah anus.
  • Heparinoid Cream tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia 5 tahun.

Apakah Heparinoid dapat digunakan saat hamil atau menyusui?

Obat ini tidak diketahui memiliki efek berbahaya ketika digunakan oleh ibu hamil atau menyusui, tetapi seperti semua obat, Alangkah baiknya jika Anda mendapatkan saran medis dari dokter Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan obat apapun.

Bagaimana dosis dan penggunaan Heparinoid?

Heparinoid tersedia dalam bentuk Krim dengan nama dagang Hirudoid. Dalam Hirudoid terkandung Heparinoid 0,3% wlw (Setara dengan 25.000 Unit per 100 g krim).  

Bahan lain yang terkandung di dalam obat ini meliputi : Eucerine anhidrat,, Pengemulsi cetostearyl alkohol tipe A, Gliserol, Isopropil alkohol, Methyl parahydroxybenzoate (E218), Myristyl alkohol, Kalium hidroksida, Propyl parahydroxybenzoate (E216), Air murni, Asam stearat, Timol.

Heparinoid hanya merupakan obat luar. Jangan sampai tertelan. Selalu gunakan obat ini persis seperti yang dijelaskan dalam petunjuk pemakaian pada kemasan obat atau seperti yang diarahkan oleh dokter atau apoteker Anda. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam mengaplikasikan obat ini pada tubuh Anda.

  • Jumlah krim yang Anda gunakan akan tergantung pada ukuran area yang mengalami luka.
  • Anda bisa mengoleskan Krim Heparinoid hingga empat kali sehari. Jangan melebihi dosis ini.
  • Jika area terasa nyeri saat disentuh, Anda dapat mengoleskan krim ke kulit di sekitar area yang terkena.
  • Ingatlah untuk mencuci tangan setelah menggunakan Krim Hirudoid, kecuali tangan Anda adalah area yang diberikan obat.

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan obat-obatan ini?

Seperti semua obat-obatan lainnya, Krim Heparinoid dapat menyebabkan efek samping, meskipun tidak semua orang akan mendapatkannya. 

Pada beberapa kasus obat ini dapat menyebabkan ruam pada orang-orang yang memiliki kulit yang sensitif. Jika hal ini terjadi, segera hentikan penggunaan krim. Dan beri tahu dokter atau apoteker Anda.

Efek samping lain mungkin dapat ditimbulkan oleh penggunaan obat ini. Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh penggunaan obat ini, segera laporkan keluhan Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang adekuat.

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan heparinoids?

Belum ada penelitian lebih lanjut yang membuktikan bahwa obat ini dapat berinteraksi jika digunakan bersamaan dengan obat lain. Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. 

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit