Hentikan Kebiasaan Merokok dengan Metode Akupuntur

Dipublish tanggal: Jun 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 18, 2019 Waktu baca: 2 menit
Hentikan Kebiasaan Merokok dengan Metode Akupuntur

Tidak mudah memang menghentikan kebiasaan merokok. Apalagi mengingat para perokok yang sudah sangat candu akan zat nikotin dalam rokok. Jika Anda benar-benar memiliki niat untuk berhenti merokok dalam waktu dekat, mungkin Anda melakukannya lewat metode akupunktur. 

Cara Berhenti Merokok dengan Metode Akupunktur

Metode akupuntur lumayan tersohor digunakan untuk menghentikan ketergantungan atas rokok. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Sebelum menggunakan metode akupunktur, awali dulu dengan niat

Apapun metode yang digunakan, jika si perokok tak ada niat berhenti merokok, maka usahanya akan sia-sia. Jadi, sebelum menggunakan metode akupuntur untuk berhenti merokok, niatkan diri untuk bisa lepas dari jeratan rokok. 

Bahkan, ada akupunkturis yang meminta pasiennya untuk tidak merokok sehari sebelum diterapi, untuk menunjukkan kesungguhannya berhenti merokok.

2. Metode akupunktur untuk atasi kebiasaan merokok

Metode akupuntur merupakan metode pengobatan yang dilakukan dengan menusukkan jarum-jarum kecil di permukaan kulit. Berbeda jenis penyakit atau gangguan kesehatan yang dialami, maka berbeda pula bagian tubuh yang akan ditusuk dengan jarum akupunktur. 

Selain mengobati penyakit, metode akupuntur juga sering dipercaya untuk menghentikan kecanduan atas rokok. 

Dalam penerapan akupuntur untuk menghentikan kebiasaan merokok, jarum ditusukkan di sekitar bagian telinga si perokok. Bagian telinga dianggap berhubungan dengan rasa candu yang muncul dalam tubuh. Jadi, saat jarum ditusukkan pada titik akupresur di telinga perokok, maka rasa candu akan rokok dalam tubuhnya bisa ditekan seminimal mungkin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penusukan jarum akupunktur akan menstimulasi otak untuk memompa endorfin, hormon yang membuat manusia merasa senang. Hormon ini sama efeknya dengan hormon dopamin yang diproduksi otak saat merokok. Tubuh jadi termanipulasi, dengan mengira hormon tersebut berasal dari nikotin, padahal sebenarnya dihasilkan oleh stimulasi jarum pada titik akupresur. 

Selain menekan rasa candu, metode akupuntur juga menstimulasi sistem saraf sehingga pikiran jadi rileks dan aliran darah menjadi lancar. Keinginan merokok yang muncul akan membuat sirkulasi darah menjadi terhambat, sehingga perokok cenderung merasa tegang, gelisah, stres, dan marah. 

Sirkulasi darah yang lancar juga dapat menghilangkan sisa nikotin dan tar dalam tubuh.

3. Pengendalian candu rokok di rumah dengan biji akupunktur

Selain mengobati kecanduan rokok lewat jarum akupunktur, akupunkturis biasanya juga memberikan biji akupunktur telinga. Biji akupunktur dilekatkan pada beberapa titik akupresur di telinga, agar keinginan merokok tetap bisa dikontrol walau di luar tempat akupunktur. 

Jadi, walau Anda sedang di rumah, kantor, atau tempat lainnya, keinginan merokok Anda tetap bisa ditekan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

4. Obat herbal membuat proses berhenti merokok makin lancar

Pada saat Anda menggunakan jasa akupunkturis untuk berhenti merokok, biasanya Anda juga akan dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan herbal. Obat ini terutama sekali berperan dalam menangani efek berhenti merokok pada tubuh. 

Tiga peran penting obat herbal adalah memperbaiki jaringan tubuh, mengontrol rasa candu, dan menekan rasa kesal karena tak bisa merokok.

Beberapa obat herbal yang biasanya dikonsumsi untuk berhenti merokok adalah ophiopogosis, bupleurum, dan teh hijau. Ophiopogosis berguna untuk menekan candu. Bupleurum berperan meredakan rasa tegang dan gelisah karena tak bisa merokok. 

Terakhir, teh hijau berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh, yang terlanjur rusak karena kandungan dalam rokok seperti nikotin.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk bisa berhenti merokok, salah satunya adalah dengan menggunakan metode akupunktur. 

Keinginan yang dimulai dengan niat yang mantap, ditambah dengan rutin menjalani terapi, sedikit demi sedikit akan membuat Anda terlepas dari rokok. Jauhi rokok dari sekarang, karena tak hanya Anda yang bisa sakit, namun juga orang yang Anda sayangi. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
White, Adrian & Rampes, Hagen & Liu, Jianping & Stead, Lindsay & Campbell, John. (2011). Acupuncture and related interventions for smoking cessation. Cochrane database of systematic reviews (Online). 1. CD000009. 10.1002/14651858.CD000009.pub3. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/49769353_Acupuncture_and_related_interventions_for_smoking_cessation)
Want to Quit Smoking? Acupuncture Can Help You With Cravings. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/want-to-quit-smoking-acupuncture-can-help-you-with-cravings/)
The Effects of the Acupuncture Treatment for Smoking Cessation in High School Student Smokers. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2823015/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app