Kesehatan Mulut dan Gigi

Ingin Pakai Kawat Gigi? Cek Harga Pasang Behel di Sini!

Dipublish tanggal: Mei 5, 2020 Update terakhir: Mei 5, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ingin Pakai Kawat Gigi? Cek Harga Pasang Behel di Sini!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Dibandingkan jenis behel lainnya, behel konvensional cenderung paling murah. Harganya sekitar Rp 3.000.000-12.000.000.
  • Behel transparan memiliki warna transparan alias bening dan bisa dilepas-pasang. Harganya berkisar antara Rp 13.000.000-21.000.000.
  • Behel berbahan keramik mirip seperti behel konvensional, tapi warna bracketnya bening mirip seperti warna gigi. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 8.000.000-15.000.000.
  • Self-ligating brace (damon) memberikan hasil gigi rapi yang lebih cepat dan minim rasa sakit. Maka tak heran harganya lebih mahal, yaitu sekitar Rp 10.000.000-30.000.000.
  • Harga pasang behel lingual adalah kisaran Rp 20.000.000-75.000.000. Cenderung mahal karena letak kawat dan bracket-nya di belakang gigi, sehingga seperti tidak sedang pakai behel.

Memutuskan untuk memakai behel tentu melibatkan banyak pertimbangan. Salah satunya adalah soal penampilan, mau tak mau Anda harus rela senyum indahnya terhalang oleh kawat gigi yang terpasang. Perlu diketahui juga bahwa harga pasang behel berbeda-beda, tergantung jenis kawat gigi yang Anda pilih. Pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Harga pasang behel gigi berdasarkan jenisnya

1. Behel berbahan metal

Behel kawat adalah salah satu behel konvensional yang paling umum digunakan. Kawat gigi ini menggunakan bracket berbahan logam (metal) yang direkatkan di bagian depan gigi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Behel metal akan memberikan tekanan pada gigi supaya posisi gigi jadi lebih rapi. Biasanya, jenis behel ini digunakan untuk menangani masalah gigi yang kompleks.

Meskipun cukup mengganggu penampilan, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa mengganti warna karet sesuai yang diinginkan. Jadi, Anda masih bisa tampil cantik dan percaya diri meskipun sedang memakai behel.

Dibandingkan jenis kawat gigi lainnya, harga pasang behel berbahan metal cenderung paling murah. Kisaran biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp 3.000.000-12.000.000.

Baca Juga: Memahami 5 Jenis Behel dan Tips Memilih Behel yang Cocok

2. Behel transparan

Bagi Anda yang ingin pasang behel tapi tak mau kelihatan pakai kawat gigi, maka behel transparan patut dipilih. Warnanya yang transparan alias bening cocok untuk Anda yang memperhatikan masalah penampilan.

Selain unggul dalam hal estetika, jenis behel ini diperuntukkan bagi kasus pergeseran gigi yang ringan. Behel transparan juga bisa dilepas-pasang dengan mudah saat makan atau sikat gigi. Namun, behel bening ini tetap harus dipakai minimal 20-22 jam setiap hari supaya hasilnya maksimal.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Karena menawarkan banyak keuntungan, harga behel transparan tentunya lebih mahal dibandingkan behel konvensional. Tergantung dari masing-masing klinik, harga pasang behel transparan umumnya berkisar antara Rp 13.000.000-21.000.000.

3. Behel berbahan keramik

Kawat gigi keramik memiliki bentuk yang mirip seperti behel konvensional. Keduanya sama-sama memiliki kawat, hanya saja braket pada behel keramik terbuat dari bahan yang bening dan mirip seperti warna gigi.

Ada beberapa jenis bahan yang bisa Anda pilih saat ingin menggunakan behel ini, yaitu keramik, sapphire, atau komposit. Namun, hati-hati karena behel keramik cenderung lebih rapuh dan mudah pecah, sehingga tidak cocok untuk mengatasi masalah gigi yang cukup parah.

Dilihat dari biayanya, harga pasang behel keramik sekitar Rp 8.000.000-15.000.000.

Baca Juga: Yang Perlu Diketahui Sebelum Pasang Behel

4. Self-ligating brace (damon)

Kawat gigi jenis self-ligating brace sebetulnya tidak jauh berbeda dengan behel konvensional. Keduanya sama-sama memiliki bracket yang berfungsi untuk menahan dan memperbaiki susunan gigi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun bedanya, self-ligating brace sudah tidak membutuhkan karet atau pita pada bracket. Jenis behel ini mempunyai klip logam kecil pada bracket yang bisa 'mengunci' dengan sendirinya.

Dibandingkan jenis kawat gigi lainnya, rasa sakit yang ditimbulkan cenderung minim. Anda pun bisa mendapatkan hasil gigi yang rapi dengan lebih cepat.

Maka tak heran jika harga pasang behel model self-ligating cenderung lebih mahal, yakni kisaran Rp 10.000.000-30.000.000.

5. Kawat gigi lingual

Kawat gigi lingual mirip seperti behel konvensional. Hanya saja, letak kawat dan bracket-nya berada di bagian belakang gigi sehingga Anda tidak kelihatan seperti sedang pakai behel.

Hal itulah yang membuat biaya behel lingual lebih mahal daripada kawat gigi konvensional. Rata-rata harga pasang behel lingual adalah Rp 20.000.000-75.000.000.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
American Dental Association. Braces. (https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/b/braces).
Healthline. Ceramic Braces: How Do They Compare? (https://www.healthline.com/health/ceramic-braces). 17 Mei 2019.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app