Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Diet Rendah Kalori

Dipublish tanggal: Jul 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Diet Rendah Kalori

Diet merupakan cara yang paling sering dilakukan untuk menurunkan berat badan dan salah satu program diet yang sering dilakukan adalah diet rendah kalori. Diet ini dilakukan dengan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalori sendiri adalah satuan unit yang digunakan untuk menghitung jumlah energi yang masuk ke dalam tubuh dan berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Kalori inilah yang menghasilkan energi yang digunakan tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas. Jika kalori yang masuk terlalu banyak dan tidak digunakan maka kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Sehingga untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh serta mengatur pola makan Anda, termasuk diet rendah kalori.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Tetapi sebelum memulai diet rendah kalori, ada beberapa hal penting yang harus diketahui, termasuk kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda dan hal ini dapat dipengaruhi oleh perbedaan jenis kelamin, usia, tinggi badan, berat badan, tingkat aktivitas, dan kondisi fisik. Laki-laki dan perempuan dengan usia yang sama pun akan memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Begitupun dengan anak kembar yang juga akan memiliki kebutuhan kalori berbeda karena aktivitas fisik yang dilakukan keduanya mungkin juga berbeda.

Di Indonesia, standar asupan kalori yang dibutuhkan tubuh dikelompokkan berdasarkan usia, seperti:

  • Anak-anak usia 7-11 tahun membutuhkan 725 kkal per hari
  • Pria usia 9-29 tahun membutuhkan 2.725 kkal per hari, sementara wanita usia 19-29 tahun membutuhkan 2.250 kkal per hari 
  • Pria usia lebih dari 80 tahun membutuhkan 1.525 kkal per hari dan wanita usia di atas 80 tahun membutuhkan 1.425 kkal per hari
  • Ibu hamil memerlukan jumlah kalori yang lebih banyak (setidaknya perlu tambahan 180-300 kkal per hari)
  • Ibu menyusui membutuhkan jumlah kalori tambahan hingga 300 kkal pada 6 bulan pertama masa menyusui

Baca juga: Jumlah Kalori Dalam Sehari Ketika Diet

Makanan yang perlu dibatasi saat diet rendah kalori

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tetapi rata-rata orang dewasa membutuhkan 2.000 kalori setiap hari. Saat melakukan diet rendah kalori, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari, yaitu gula, minyak biji dan sayur, pemanis buatan, serta makanan dengan proses pengolahan yang panjang.

  • Gula. Mengonsumsi gula berlebihan dapat menaikkan berat badan secara cepat. Selain itu, mengonsumsi gula secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko penyakit obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskuler
  • Minyak biji dan sayur. Kandungan asam omega-6 yang tinggi pada minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak sayur akan berdampak buruk bagi program diet
  • Pemanis buatan. Pemanis buatan mengandung kalori yang cukup tinggi, sehingga perlu dihindari saat sedang diet. Selain itu, rasa manis juga akan meningkatkan rasa lapar sehingga membuat Anda ingin terus makan
  • Makanan dengan proses pengolahan yang panjang. Makanan yang diolah dalam waktu lama akan memiliki nutrisi yang lebih rendah dan meningkatkan kandungan bahan kimia di dalamnya. Untuk itu makanan jenis ini perlu dihindari saat sedang diet

Menu diet rendah kalori

Sebelum melakukan diet rendah kalori, Anda harus mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Secara umum, jumlah kalori yang dibutuhkan wanita saat sedang diet adalah 1.200 kalori per hari. Sedangkan pada pria yang sedang diet membutuhkan 1.500-1.800 kalori per hari. Namun, kebutuhan kalori bisa bertambah tergantung aktivitas yang dilakukan.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Saat melakukan diet rendah kalori, Anda disarankan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan nutrisi dan serat. Selain itu, mengonsumsi protein yang rendah lemak juga penting. Beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi saat sedang diet rendah kalori di antaranya oats, greek yoghurt, buah berries termasuk strawberry, bluberry, raspberry, dan blackberry, telur, chia seed, ikan, serta kentang.

Baca juga: Makanan Sehat Rendah Lemak dan Kalori yang Baik untuk Diet

Dengan mengurangi jumlah kalori bukan berarti Anda harus menahan lapar, tetapi menggantinya dengan jenis makanan lain yang mengandung kalori rendah dapat membantu Anda mengurangi rasa lapar serta menurunkan berat badan. Berikut menu diet rendah kalori yang dianjurkan:

Diet sehat 1.200 kalori untuk wanita

  • Makan pagi: Semangkuk oatmeal dan secangkir kopi atau teh sebagai minuman
  • Makan siang: 2 roti gandum dengan potongan dada ayam dan tambahan sayuran hijau yang segar
  • Makan malam: Salmon panggang dengan campuran salad, serta lemon sebagai minuman

Diet sehat 1.500 kalori untuk pria

  • Makan pagi: Roti gandum dengan almond butter dan telur rebus
  • Makan siang: Roti gandum dengan tambahan irisan daging sapi, keju, dan mustard
  • Makan malam: Potongan dada ayam dan satu cangkir sayur brokoli segar

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Very low calorie diets. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/very-low-calorie-diets/)
Low-Calorie Diet: Pros, Cons, and How It Works. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/what-is-a-low-calorie-diet-2506557)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app