Gejala Bentol - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 464.070 orang

Bentol atau bintik merah yang menonjol di kulit kamu tentunya bukan hal asing lagi yang memang sering terjadi di tubuh kamu bukan. Ya, bentol identik dengan efek samping yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk pada tubuhmu.

Bentol memang bukan suatu penyakit atau keluhan yang serius namun kehadirannya tentu bisa mengganggu mood serta aktivitas kamu karena bentol datang kebanyakan disertai oleh rasa gatal atau panas dan cenderung berwarna merah yang akan mengganggu kamu yang sedang melakukan aktivitas keseharianmu.

Lalu selain bentol akibat nyamuk, tahukah kamu apa apa arti bentol sebenarnya dan bagaimana cara yang mudah dan baik dalam mengatasi bentol ? Yuk simak artikel kali ini untuk mendapatkan jawabannya.

Definisi Bentol

Bentol atau dalam ilmu medis lebih dikenal dengan nama Urtika ini merupakan suatu gangguan atau kelainan pada kulit berupa reaksi vaskular yang dapat disebabkan oleh banyak faktor.

Bentol sendiri bentuknya akan cenderung menonjol atau sedikit bengkak, berwarna kemerahan, berbatas tegas dengan kulit lainnya serta akan memutih bila kamu menekan area bentol tersebut dan akan disertai rasa gatal.

Bentol biasanya datang dan pergi dengan sendirinya sehingga untuk kamu yang kulitnya ada bentol bentol merah diharapkan tidak perlu kawatir berlebihan. Bentol atau urtika dibagi menjadi dua kategori.

Kategori pertama ialah urtikaria akut atau bentol yang terjadi secara tiba-tiba  lalu juga akan menghilang setelah beberapa saat. Sedangkan kategori kedua ilalah urtikaria kronik dimana bentol sering datang secara berulang dan akan sembuh dalam waktu yang cukup lama.

Seorang ahli kulit terutama dalam kasus urtika yang seiring disebut ahli patofsikologi urtikaria atau bentol ini mengatakan bahwa bentol dapat terjadi dikarenakan adanya proses peradangan pada satu bagian tubuh yang akan menyebabkan proses dilatasi atau bisa diartikan sebagai proses pelebaran pembulu darah sehingga warna kulit akan menjadi memerah dan lebih menonjol dan membentuk bentol.

Selain itu bentol juga biasanya diikuti oleh rasa gatal yang cukup menyiksa penderitanya. Hal ini juga dapat terjadi akibat adanya perangsangan oleh mediator kimia Histamin. Zat kimia histamin sendiri juga dapat terbentuk karena adanya proses peradangan.

Selain akibat digigit nyamuk, bentol juga dapat terjadi karena beberapa faktor penyebab dibawah ini seperti:

  • Gigitan Serangga
    Selain nyamuk, ada beberapa jenis serangga yang memang suka mengigit kulit manusia seperti lebah, ulat, semut dan semacamnya. Efeknya pun rata rata mirip yaitu bentol disertai rasa gatal yang tak menentu.

  • Dermatitis
    Kondisi dimana terjadi peradangan pada kulit manusia yang diakibatkan oleh alergi pada bahan atau zat tertentu. Contohnya pada orang yang memiliki alergi pada udang atau seafood, setelah tanpa sengaja termakan udang atau seafood tersebut akan membuat bentol bentol muncul. Ini merupakan akibat dari alergi bila terkena alergennya.

  • Penyakit infeksi kulit
    misalnya infeksi jamur pada kulit juga bisa membuat kulit menjadi bentol bentol.

  • Kebiasaan menggaruk tubuh
    kebiasaan ini lama kelamaan akan memunculkan bentolan bentolan pada kulit manusia.

  • Kebiasaan mengkonsumsi Alkohol
    Selain efek mual, muntah dan diare, mengkonsumsi alkohol dengan jumlah yang banyak juga biasanya akan membuat benjolan pada beberapa bagian kulit si peminum alkohol tersebut.

  • Efek samping dari mengkonsumsi obat obatan tertentu
    seperti obat Penicilin, Ibuprofen, Asprin, Naproxen dan obat penurun darah tinggi.

Cara mudah mengatasi Bentol

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bentol yang biasa menyerang tubuh manusia umumnya bukan merupakan masalah serius dan akan hilang dengan sendirinya.

Namun bila sifatnya sanggat mengganggu, kamu bisa memberikan pertolongan pertama dengan memberi krim anti gatal sehingga efek gatal yang muncul akibat adanya bentol dapat mereda sementara.

Selain krim, kamu bisa gunakan bedak dingin atau bedak yang mengandung mentol untuk memberikan sensasi dingin dan meredakan rasa gatal. Namun bila bentolmu masih tidak juga mereda setelah 2 – 3 hari, sebaiknya kamu memeriksana diri ke dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat sesuai kondismu.

Semoga artikel kali ini bisa menambah informasi dan pengetahuanmu akan bentol.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit