Pengobatan

Gamma Knife Radiosurgery

Dipublish tanggal: Feb 23, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jul 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Gamma Knife Radiosurgery

Gamma Knife Radiosurgery adalah salah satu teknik operasi yang memanfaatkan terapi radiase menggunakan sinar gamma yang bermanfaat untuk menangani beberapa penyakit yang berhubungan dengan tumor-otak. 

Gamma knife radiosurgery paling banyak digunakan dalam menangani kasus tumor pada otak serta menangani kelainan saraf dan pembuluh darah di otak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Apa itu Gamma Knife Radiosurgery?

Gamma knife radiosurgery sangatlah aman digunakan sesuai prosedur pembedahan. Dengan menggunakan radiasi sebagai sumber penopang selain menggunakan pisau bedah, terapi radiasi memiliki manfaat besar dalam memudahkan proses operasi pada jaringan yang lebih luas di sekitar otak.

Bagaimana cara kerja Gamma Knife Radiosurgery?

Gamma knife radiosurgery digunakan pada beberapa terapi yaitu:

Tumor Otak

Tumor otak adalah salah satu pertumbuhan sel yang tidak normal yang beraraf pada organ otak. Munculnya tumor otak tentu akan mengganggu sistem persarafan baik dari daerah otak dan juga ke bagian tubuh lainnya. 

Banyak penelitian menyatakan bahwa tumor otak banyak disebabkan oleh dua faktor yaitu dari faktor genetik dan dari faktor kimia lingkungan yang berbahaya. Beberapa jenis tumor otak yang paling sering ditemui antara lain:

  • Glioma
  • Meningioma
  • Adenoma otak

Tumor otak juga diawali dengan adanya kasus kanker pada beberapa bagian tubuh lainnya seperti apyudara, usus, dan paru-paru, penyebaran (metastase) tersebut dapat berjalan perlahan hingga mencapai bagian otak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Gejala tumor otak antara lain:

  • Nyeri kepala hebat
  • Mual muntah
  • Penglihatan buram
  • Mati rasa pada beberapa bagian tubuh
  • Kejang
  • Keseimbangan tubuh berkurang
  • Pendengaran menurun
  • AVM

AVM atau Aterivenous Malformation adalah salah satu kelainan pada pembuluh darah. Kondisi ini terjadi karena tidak terhubungnya arteri dan vena pembuluh darah dengan kepiler. 

Hal ini menimbulkan terjadinya peningkatan tekanan yang sangat tinggi dari arteri dan vena yang menyebabkan dinding pembuluh darah yang tidak sanggup menahan tekanan darah sehingga pembuluh darah akan pecah.

Kondisi ini jarang sekali terjadi, dan biasanya menimpa orang tua usia 30 tahun keatas dengangt;gejala seperti sakit kepala hebat, gejala stroke, hingga penurunan kesadaran.

Penyakit lainnya yang dapat disembuhkan meggunakan metode Gamma knife radiosurgery antara lain:

  • Trigeminal neuralgia
  • Eplilepsi
  • Kejang
  • Parkinson

Cara kerja Gamma Knife Radiosurgery

Jenis penanganan ini sama sekali tidak menggunakan metode pisau bedah dalam teknik pembedahan. Penggunaan Gamma knife radiosurgery adalah dengan merusak DNA daripada sel-sel tumor di bagian otak sehingga tidak akan terjadi pertumbuhan kembali. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Apabila tidak langsung merusak DNA sel, terapi dari Gamma knife radiosurgery dapat memperlambat fungsi sel tumor yang berkembang sehingga memberikan kesempatan kehidupan 2 hingga 3 tahun lebih panjang setelah penggunaan terapi radiasi tersebut.

Selain menghancurkan sel tumor, penggunaan terapi Gamma knife radiosurgery juga dapat mengatasi masalah kelainan pembuluh darah seperti malformasi arteriovena atau AVM. 

Dengan menggunakan Gamma knife radiosurgery, metode ini akan menutup pembuluh darah yang mengalami pendarahan serta memberikan ruang bagi dokter untuk memperbaiki celah kapiler untuk mengalirkan aliran darah sehingga dapat mencegah peningkatan tekanan darah dan mencukupi aliran darah ke pembuluh darah

Penanganan ini juga memberikan pencegahan komplikasi seperti stroke pendarahan akibat lemahnya dinding pembuluh darah.

Keuntungan dari Metode Gamma Knife Radiosurgery

Gamma knife radiosurgery lebih dipilih karena memiliki beberapa keuntungan antara lain:

  • Resiko operasi yang minimal
  • Resiko infeksi yang sangat kecil
  • Resiko pendarahan yang kecil

Perhatian Khusus

Dokter akan menanyakan Beberapa perhatian khusus sebelum melakukan tindakan Gamma knife radiosurgery antara lain:

  • Memiliki riwayat aneurisme
  • Menggunakan pacemaker
  • Memasang implan metal
  • Memiliki penyakit paru kronis
  • Implantasi kornea

Sebelum prosedur hendaknya untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman  pada malam hari sebelum operasi karena akan mengganggu kelancaran operasi.

Setelah operasi selesai dan sudah dalam kondisi sadar, biasanya pasien akan merasakan beberapa efek samping seperti nyeri kepala, mati rasa, dan rasa mual muntah. Efek samping seperti kerontokan rambut, hilang pendengaran, dan efek radiasi biasanya jarang sekali terjadi. 

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Neurological diagnostic tests and procedures fact sheet. National Institute of Neurological Disorders and Stroke. https://www.ninds.nih.gov/Disorders/Patient-Caregiver-Education/Fact-Sheets/Neurological-Diagnostic-Tests-and-Procedures-Fact.
A typical treatment day. International RadioSurgery Association. http://www.irsa.org/treatment.html.
Shih HA. Acute complications of cranial irradiation. https://www.uptodate.com/contents/search.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app