Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Gambar Peringatan Bahaya Merokok Efektif Hentikan Kebiasaan Perokok?

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.026.337 orang

Berbicara mengenai rokok, memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, selain jumlah perokok aktif yang semakin meningkat, berbagai upaya untuk menghentikan kebiasaan tersebut cukup sulit untuk diterapkan.

Namun, tahukah Anda, cara paling efektif dari upaya tersebut sebenarnya harus datang dari diri sendiri? Percuma, koar-koar akan berhenti merokok, namun tidak diimbangi dengan tekad yang kuat. 

Apalagi, niat saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan langkah untuk menjauhkan diri dari rokok seperti lingkungan perokok aktif. Ya, tak bisa dipungkiri jika lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab seseorang mulai merokok.

Nah, selain cara diatas, apabila solusi kebiasaan merokok didukung dengan gambar peringatan bahaya merokok, akankah lebih efektif menurunkan angka perokok aktif di Indonesia? Yuk simak!

Gambar seram peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok

Sebenarnya, larangan untuk merokok sudah sering kita dengar. Bahkan, pada bungkus rokok itu sendiri termuat larangan tersebut karena berbahaya bagi kesehatan seperti kanker paru-paru, jantung, impotensi, sampai kehamilan. Namun, sekali lagi peringatan tersebut hanya dianggap angin lalu.

Lalu, bagaimana jika metode larangan berupa tulisan tersebut diubah dalam bentuk visual bahaya merokok? Menurut hasil studi empiris dan teori psikologi sosial  kesehatan, menunjukkan bahwa ada perbandingan yang nyata antara penggunaan visual larangan merokok dengan pesan teks saja. 

Pada tahun 1950, penelitian membuktikan bahwa gambar seram lebih efektif untuk memotivasi perubahan pola hidup sehat masyarakat terutama perokok untuk berhenti karena ketakutannya.

Inilah yang menjadikan alasan mengapa bungkus rokok saat ini telah menggunakan gambar seram sebagai larangan yang efektif. Di Indonesia sendiri, cara tersebut mulai diterapkan tahun 2004 lalu. Kini, apakah gambar seram tersebut benar-benar efektif untuk menekan keinginan perokok?

Efektivitas gambar peringatan terhadap perokok aktif

Keefektifan dari gambar peringatan bahaya merokok ini tentu sudah melalui penelitian dan studi lanjut yang dilakukan oleh David Hammond di Kanada.

Menurutnya, dari 616 partisipan, dilaporkan bahwa terjadi pengurangan aktivitas merokok oleh 1/5 partisipan, sedangkan hanya 1% dari mereka yang tetap giat merokok. 

Hampir keseluruhan peserta tersebut mengalami respon negatif akibat gambar peringatan termasuk rasa takut dan jijik. Perokok juga melaporkan dampak emosional negatif seperti keinginan untuk berhenti merokok dan mengurangi porsi pada tiga bulan selanjutnya. 

Sedangkan, partisipan yang tetap merokok lebih memilih untuk menghindari memperhatikan gambar peringatan tersebut.

Pendapat lain terhadap keefektifan gambar peringatan bagi perokok

Ternyata, penelitian diatas tidak berlaku bagi perokok di lain tempat. Pasalnya, gambar peringatan merokok yang berupa paru-paru membusuk, kanker mulut ganas, sampai gambar tengkorak dinilai sebagai pesan manipulatif. 

Penelitian terbaru oleh University of Illinois tahun 2016 menunjukkan bahwa gambar peringatan tersebut dianggap sebagai ancaman atas kebebasan individu sehingga, penganut anggapan ini lebih memilih untuk tetap melawan peringatan tersebut.

Menurut Nicole LaVoile, seorang mahasiswa kedokteran yang ikut serta dalam penelitian ini menyatakan bahwa gambar peringatan bahaya merokok tersebut justru membuat sebagian masyarakat marah, bukannya takut. Sebab, mereka merasa dibohongi oleh kenyataan yang ada disekitarnya.

Masih menurut salah satu peneliti studi tersebut, Brian Quick juga mengungkapkan bahwa tak hanya reaksi negatif terhadap gambar peringatan tersebut, melainkan kecenderungan masyarakat untuk lebih makin giat melakukan yang dilarang sebagai wujud pemberontakan.

Meski di tempat lain gambar peringatan ini dinilai efektif, menurut LaVoile, bisa jadi hal tersebut dipengaruhi oleh kenaikan bea cukai rokok atau larangan merokok di tempat umum.

Nah, kalau menurut Anda, apakah gambar peringatan merokok tersebut cukup efektif mengurangi jumlah perokok aktif di lingkungan sekitar?

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit