Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Kesehatan Fisik

Fungsi Protein Bagi Tubuh

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 2.065.292 orang

 Fungsi Protein Bagi Tubuh

Topik kali ini tentunya sudah tidak asing lagi ya buat kamu. Ya siapa sih yang ga tahu mengenai protein. Sedari kecil kamu semua pastinya sudah mendapatkan pelajaran di sekolah mengenai kebutuhan akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan semacamnya bagi tubuh manusia

Kebanyakan dari kamu biasanya hanya tahu bahwa protein ialah zat yang penting dan dibutuhkan tubuh manusia yang dapat ditemukan baik di telur ataupun daging dan ikan. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun apakah kamu tahu benar mengenai apa – apa saja fungsi protein dalam tubuh manusia ? Nah disini kita akan sharing mengenai berbagai fungsi protein dalam tubuh manusia. Yuk disimak ya guys.

Fungsi – fungsi Protein dalam tubuh

Protein merupakan zat yang termasuk zat terpenting dalam tubuh manusia. Jumlah protein dalam tubuh manusia pun terdiri dari 1/6 berat tubuhnya. Protein terdapat dan dibutuhkan hampir disetiap sel tubuh manusia. 

Fungsi umum protein ialah untuk membangun dan mendorong metabolisme dalam tubuh manusia. 

Selain itu protein juga berfungsi untuk membentuk jaringan dalam tubuh, mengatur seluruh sistem yang ada pada tubuh manusia, sebagai bahan bakar dan sumber energi ketika karbohidrat dan lemak tidak tercukupi dalam tubuh manusia, mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh manusia, mengendalikan zat beku darah ketika tubuh ada yang terluka dan masih banyak lagi fungsi penting protein dalam tubuh.  

Sumber protein sendiri tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia itu sendiri melainkan hanya dapat didapat oleh makanan yang diasumsi oleh tubuh manusia seperti bila mengkonsumsi daging, ikan, telur, kacang, kentang, jagung, kacang polong, tumbuhan berbiji dan berbagai produk olahannya seperti susu dan keju. 

Adapun beberapa fungsi khusus protein yang juga harus kamu ketahui dan membawa dampak baik pada tubuhmu seperti :

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Sumber energi
  • Sumber perawatan dan perbaikan
  • Sumber pembentuk antibodi
  • Alat transportasi pada beberapa Sel Tubuh
  • struktur pembentuk sel tubuh

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa energi merupakan hal pokok dan dasar yang dapat membuat tubuh manusia bergerak dan beraktifitas. Protein dapat digunakan sebagai sumber energi ketika karbohidrat dan lemak tidak mencukupi kebutuhan energi tubuh kamu. 

Hal ini yang menyebabkan bahwa banyak sekali olahragawan, olahragawati dan para peserta diet akan banyak mengkonsumsi protein seperti daging ayam ataupun susu protein untuk menggantikan posisi karbohidrat dan lemak dalam tubuh yang ingin mereka kurangi sehingga walaupun mereka senang diet ataupun berolahraga, energi mereka tidak berkurang dan dapat terus melanjutkan aktifitas dan kegiatan mereka sehari - hari. 

Namun bila kamu kebanyakan mengkonsumsi protein, tubuh akan menyimpan protein –protein tersebut menjadi sumber cadangan energi di tubuh seperti layaknya lemak.

Protein dapat diumpakan ibarat pondasi pada seluruh tubuh manusia. Hal ini dikarenakan protein memiliki fungsi vital dalam merawat, memelihara serta memperbaiki seluruh jaringan tubuh manusia. 

Beberapa organ tubuh yang dapat terlindungi oleh protein ialah rambut, kulit, mata dan otot.  Selain itu keberadaan protein yang cukup pun sangat dibutuhkan oleh anak – anak yang masih dalam tahap dan proses pertumbuhan

Selain itu para wanita hamilpun dianjurkan untuk dapat mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung protein yang cukup banyak karena dapat membantu proses tumbuh kembang si janin yang berada dalam rahim si ibu hamil.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Antibodi tentunya menjadi zat yang sangat penting dan vital dalam menjaga kekebalan tubuh manusia. Ya dengan andanya antibodi, sistem imun dan kekebalan tubuh manusia tentunya akan lebih terlindungi dan tidak mudah terserang segala macam penyakit

Nah pembentukan antibodi ini sendiri juga dibentuk oleh protein.  Ini dikarenakan sifat protein yang dapat mengindentifikasi dan menghancurkan berbagai bakteri dan virus pada tubuh manusia.  Selain itu antibodi juga ternyata memiliki fungsi penting dalam darah untuk membuat sel darah putih seperti limfosit B. 

Protein diketahui dapat mengangkut dan menyalurkan seluruh oksigen ke seluruh bagian tubuh manusia. Nama dari protein pengangkut ini ialah hemoglobin

Hemoglobin dapat mengangkut oksigen dari apru paru lalu melepaskannya ke seluruh jaringan sel tubuh agar setiap sel dapat bekerja optimal dan sesuai fungsinya masing-masing.

Nah untuk kamu yang sudah tahu akan pentingnya fungsi protein dalam tubuh, yuk segera konsumsi protein sehingga dapat memaksimalkan seluruh fungsi protein untuk kesehatan tubuhmu ya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit