Fraktur Hangman - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 960.809 orang

Fraktur hangman merupakan kondisi patah tulang di salah satu tulang belakang leher. Meskipun bisa sangat serius, kondisi ini dapat diobati hanya dengan istirahat.

Vertebra adalah tulang yang mengelilingi sumsum tulang belakang dari punggung bawah hingga tengkorak Anda. Fraktur Hangman mengacu pada patah tulang yang dikenal sebagai C2 yang merupakan tulang kedua yang turun dari tengkorak di tulang belakang leher Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Fraktur dapat berupa patah sebagian atau seluruhnya pada tulang. Cedera ini juga dapat menyebabkan C2 menonjol keluar dari deretan tulang dibawahnya yang dikenal sebagai C3.

Apakah Penyebab Fraktur Hangman?

Penyebab
Kecelakaan jatuh dan mobil adalah faktor penyebab paling umum dari fraktur hangman ini. Jenis fraktur ini juga bisa merupakan hasil dari kegiatan olahraga, seperti pukulan kuat saat bermain sepak bola atau rugby.

Fraktur Hangman mempengaruhi bagian tulang belakang yang disebut pars interarticularis. Ini adalah bagian dari tulang yang menghubungkan bagian utama silindris dari tulang belakang ke bagian lamina. Lamina adalah bagian bulat dari tulang belakang yang mengelilingi kanal tulang belakang.

Cedera yang menyebabkan leher dan patah kepala depan atau belakang dapat menyebabkan retak atau fraktur yang serius pada vertebra serviks.

Tanda dan Gejala
Nyeri leher di daerah sekitar cedera bisa sangat parah. Jika saraf di tulang belakang terkena, Anda mungkin juga mengalami gejala mati rasa atau kesemutan di lengan atau kaki.

Kerusakan pada saraf yang mempengaruhi paru-paru dan saluran udara mungkin membuat Anda sulit bernapas secara normal. Kekakuan pada leher juga sangat umum terjadi. Selain itu, gejala lain yang mungkin timbul adalah memar kulit di dekat fraktur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini setelah jatuh atau cedera lainnya, segera temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pencegahan Fraktur Hangman?

Sementara patah tulang Hangman dapat berbahaya dan dapat menyebabkan perubahan besar dalam gaya hidup Anda, pencegahan sejak dini bisa sangat membantu menjaga kesehatan Anda.

Jika Anda mengalami kecelakaan mobil atau kejadian serupa dan mengalami sakit leher atau kekakuan, segera periksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih dalam. Semakin cepat cedera Anda dievaluasi dan mulai perawatan, semakin cepat proses penyembuhan dengan rentang gerak yang dipulihkan.

Bagaimana Pengobatan Fraktur Hangman?

Diagnosis
Fraktur Hangman sering ditemukan saat Anda mengalami kecelakaan, jatuh, atau cedera olahraga. Dalam penegakan diagnosis, dokter akan memeriksa kondisi leher dengan hati-hati,meliputi:

  • rentang gerak
  • memar
  • tanda-tanda lain bahwa tulang telah patah

Setelah itu, dokter akan memesan tes pencitraan untuk mengkonfirmasi diagnosis dan menentukan keseriusan cedera, termasuk:

  • X-ray dapat mengungkapkan tingkat kerusakan dan dislokasi tulang.
  • Pemindaian computed tomography (CT), untuk melihat serangkaian gambar leher secara terperinci dimana kerusakan tulang dapat terlihat.
  • MRI, yang menggunakan medan magnet yang kuat dan frekuensi radio untuk menghasilkan gambar untuk melihat apakah cedera tersebut menyebabkan kerusakan saraf.

Sinar-X dan CT scan bermanfaat untuk melihat fraktur, tetapi tidak untuk saraf dan jaringan lunak lainnya.

Pengobatan
Pilihan pengobatan untuk mengobati fraktur Hangman meliputi pengobatan bedah dan non-bedah, berdasarkan dari keparahan gejala.

Dalam beberapa kasus, pembedahan tidak perlu dilakukan. Penyangga leher mungkin cukup untuk membantu penyembuhan patah tulang. Namun, pada patah tulang Hangman seringkali dapat menjadi cedera serius, dimana tulang tidak selalu sembuh dengan benar dan mencapai stabilitas dengan sendirinya. Pembedahan seringkali diperlukan.

Jika patah tulang serius dimana kepala dan leher mungkin tidak bisa bergerak, dokter dapat meletakkan pin logam yang ditempatkan sementara di tengkorak dan melekat pada bingkai yang dilengkapi dengan katrol, pemberat, dan tali. Ini adalah bentuk traksi kerangka dan seringkali digunakan sebagai perawatan awal setelah cedera.

Jika tindakan operasi dibutuhkan, sayatan akan dibuat di belakang leher, dimana tulang yang patah akan disatukan bersama menggunakan batang kecil dan sekrup. Terkadang sayatan dibuat di bagian depan leher.

Pada cedera yang rumit, kadang-kadang dilakukan sayatan di bagian depan dan belakang leher. Jika ada serpihan tulang yang menempel pada sumsum tulang belakang, dokter dapat mengangkatnya seluruhnya. Prosedur ini disebut dengan dekompresi bedah.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit