Folamil : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 15, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.003.109 orang

Folamil, suplemen untuk ibu hamil dan menyusui

Kehamilan bisa menjadi salah satu pengalaman paling menyenangkan dan membahagiakan dalam kehidupan seorang wanita. Namun, hal ini juga dapat menjadi waktu yang membingungkan bagi calon ibu. 

Banyaknya informasi melalui Internet, majalah, dan iklan yang membanjiri wanita dengan saran tentang cara tetap sehat selama kehamilan. Sementara sebagian besar wanita tahu bahwa makanan laut dengan kadar merkuri yang tinggi, alkohol dan rokok merupakan hal yang terlarang selama kehamilan serta pemilihan suplemen yang tepat selama kehamilan juga diperlukan.

Sampai saat ini, suplemen utama yang direkomendasikan untuk kehamilan adalah asam folat dan zat besi. Volume darah yang meningkat dan plasenta yang berkembang selama masa kehamilan menempatkan tuntutan besar pada penyimpanan zat besi, dan asam folat ibu membantu mencegah spina bifida dan cacat tabung saraf lainnya.

Nah, pada artikel ini akan membahas salah satu suplemen obat yang dapat digunakan selama masa kehamilan. Suplemen tersebut yaitu suplemen Folamil. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kegunaan, dosis dan efek samping suplemen Folamil. Selamat membaca.

Kegunaan suplemen Folamil

Suplemen Folamil merupakan suplemen yang digunakan untuk pengobatan dan pencegahan defisiensi besi dan asam folat sebelum, selama dan setelah masa kehamilan. 

Suplemen ini juga dapat digunakan untuk profilaksis defisiensi besi untuk mencakup tunjangan diet harian yang disarankan selama kehamilan dan menyusui, anak-anak, remaja, wanita yang berpotensi melahirkan anak dan orang dewasa yang vegetarian dan lanjut usia.

Dosis suplemen Folamil

Suplemen Folamil tersedia dalam bentuk kalpet yang diminum. Suplemen ini terdiri sari β-karoten 10.000 IU, vit B1 monohidrat 10 mg, vit B2 2,5 mg, nicotinamide 20 mg, vit B6 HCl 15 mg, Ca pantothenate 7,5 mg, vit B12 4 mcg, vit C 100 mg, vit D 400 IU, asam folat 1 mg, K iodida 100 mcg, Fe (III) fumarate 90 mg, tembaga (II) sulfat 0,1 mg, Ca laktat 250 mg, Na fluoride 1 mg. 

Berikut pemberian suplemen Folamil yang biasa diberikan:

  • Dosis suplemen untuk Kekurangan besi: 1 tab 2-3 kali sehari sampai nilai Hb normal tercapai, lanjutkan dengan 1 tab setiap hari sampai akhir kehamilan.
  • Pencegahan defisiensi besi dan asam folat 1 tab setiap hari.

Suplemen ini dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Dapat juga dikonsumsi dengan makanan untuk penyerapan yang lebih baik atau jika terjadi ketidaknyamanan pada saluran cerna.

Bacalah petunjuk penggunaan suplemen sesuai yang tertera pada kemasan obat atau resep dokter. Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk atau pada suhu ruangan. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. 

Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum mengkonsumsi obat.

Efek samping suplemen Folamin

Seiring dengan efek obat yang digunakan, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit