Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Fluphenazine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.290.049 orang

Fluphenazine adalah turunan trifluoromethyl phenothiazine yang digunakan untuk mengatasi schizophrenia, delusi dan halusinasi. Fluphenazine termasuk dalam kelompok obat yang disebut phenothiazine, yang bekerja dengan mengubah aksi zat kimia dalam otak.

Jenis-jenis Fluphenazine

  • Tablet fluphenazine (tablet fluphenazine hidroklorida) mengandung 5 dan 10 mg fluphenazine hidroklorida per tablet.
  • Elixir fluphenazine (Elixir fluphenazine hidroklorida) mengandung 0,5 mg fluphenazine hidroklorida per mL.

Indikasi penggunaan obat Fluphenazine 

Fluphenazine diindikasikan untuk memanajemen manifestasi gangguan prikotik. Fluphenazine belum menunjukkan adanya efektivitas dalam manajemen komplikasi perilaku pada pasien yang mengalami kemunduran mental.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cara kerja obat Fluphenazine 

Fluphenazine bekerja dengan mencegah pelepasan zazt kimia dalam otak yang menyebabkan gejala psikotik.

Cara menggunakan obat Fluphenazine 

Ikuti semua petunjuk pada label resep. Dokter akan mengganti dosis cukup sering agar Anda mendapatkan hasil terbaik. Jangan menggunakan obat ini dalam jumlah yang terlalu banyak atau sedikit atau dalam waktu yang lebih lama lebih dari yang disarankan. 

Ukur fluphenazine cair dengan suntikan dosis yang disediakan atau dengan sendok ukur atau cangkir obat untuk dosis khusus. Jika tidak memiliki atau tersedia bersama obat, mintalah ke farmasis. 

Fluphenazine larutan konsentrat minum harus dicampur setidaknya dengan ¼ cangkir cairan seperti susu, jus tomat, jus buah-buahan (tidak boleh jus apel), atau soft drink yang tidak mengandung kafein

Saat menggunakan fluphenazine, Anda akan membutuhkan tes kesehatan untuk memeriksa fungsi hati dan ginjal Anda. Jika Anda akan melakukan operasi, beritahu ke dokter bedah jauh-jauh hari bahwa Anda menggunakan fluphenazine. 

Anda mungkin akan diminta untuk berhenti untuk menggunakan fluphenazine untuk sementara. Jangan tiba-tiba berhenti menggunakan fluphenazine setelah penggunaan jangka panjang atau Anda akan mengalami gejala akibat penghentian. 

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Tanyakan pada dokter cara untuk mencegah gekala akibat penghentian saat Anda berhenti menggunakan fluphenazine. Simpan pada temperatur ruangan, jauhkan dari kelembaban, panas dan terik. Jangan membiarkan fluphenazine cair membeku.

Peringatan terhadap Fluphenazine 

Sebelum menggunakan fluphenazine, beritahukan ke dokter atau farmasis jika Anda alergi terhadap fluphenazine atau obat lain di kelompok phenothiazine (seperti chloropromazine, perphenazine) atau jika Anda memiliki alergi lainnya. 

Produk ini juga memiliki bahan tidak aktif yang juga mungkin menyebabkan reaksi alergi

Selain itu, beritahukan ke dokter atau farmasis mengenai riwayat kesehatan Anda terutama kerusakan otak, masalah sistem saraf (CNS, depresi, insufisiensi serebrovaskuler, tumor otak, encephalitis, enchephalophaty), masalah darah (seperi leukopenia, thrombocytopenia, agranulocytosis), masalah hati, kanker payudara, masalah mata (seperti glaukoma), masalah jantung (seperti tekanan darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah).

Efek samping obat Fluphenazine 

  • Sistem saraf pusat
    Efek samping yang umum dilaporkan pada penggunaan phenothiazine adalah gejala ekstrapiramidal termasuk pseudoparkinsonism, dystonia, dyskinesia, akathisia, oculogyric crises, opisthotonis dan hyperreflexia. Gejala ekstrapiramidal merupakan gejala yang dapat diubah, tetapi juga mungkin tidak dapat diubah. Pemberian turunan phenothiazine, insiden dan tingkat keparahannya tergantung lebih kepada sensitivitas pasien daripada faktor lain, tetapi kadar dosis dan umur pasien juga menjadi faktor. Reaksi ekstrapiramidal dapat dirasakan dan pasien akan menyadari. Reaksi ini dapat diatasi dengan administras obat antiparkinsonian seperti benztopine mesylate atau suntikan kaferin dan suntikan natirum benzoat dan penurunan dosis secara berkala
  • Metabolik dan endokrin
    Perubahan berat badan, edema peripheral, laktasi abnormal, gynecomastia, datang bulan tidak teratur, kesalahan pada tes kehamilan, impotensi pada pria dan libido yang meningkat pada wanita, sering terjadi pada pasien yang menjalani terapi dengan phenothiazine.
  • Reaksi alergi
    Gangguan pada kulit seperti gatal-gatal, eryhtema, urticaria, seborrhea, fotosensitivitas, eksim dan pengelupasan dermatitis dilaporkan akibat penggunaan turunan phenothiazine. Kemungkinan reaksi anaphylactoid yang terjadi pada beberapa pasien harus menjadi perhatian
  • Hematologi
    Penghitungan jumlah darah sangat disarankan untuk dilakukan selama terapi karena dyscrasias darah seperti leukopenia, agranulocytosis, thrombocytopenic atau nonthrombocytopenic purpura, eosinophilia, dan pancytopenia telah diobservasi karena penggunaan turunan phenothiazine. Selebihnya, jika terjadi peradangan pada mulut, gusi atau tenggorokan, atau terjadi gejala lain seperti infeksi pernafasan bagina atas dan hasil perhitungan leukosit menunjukkan depresi seluler, terapi harus dihentikan
  • Hepati
    Kerusakan liver yang ditandai dengan penyakit kuning kolestatik mungkin terjadi, biasanya pada terapi awal-awal bulan, terapi harus dihentikam bila terjadi

Referensi

Allen, Hellen. Patient Info. (2016). Fluphenazine long-acting injection (Modecate).

Drugs . (2017). Fluphenazine.

Matar, et al. (2013). Fluphenazine (oral) Versus Placebo for Schizophrenia. Cochrane Database of Systematic Reviews, DOI: 10.1002/14651858.CD006352.pub2.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp