Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Fibrinogen: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.791.178 orang

Fibrinogen adalah protein buatan. Fibrinogen dihasilkan secara alami oleh tubuh untuk membantu proses pembekuan darah. Fibrinogen digunakan untuk menangani episode pendarahan pada penderita defisiensi fibrinogen kongenital

Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan fibrinogen apabila Anda alergi terhadap fibrinogen atau pernah memiliki reaksi alergi terhadap fibrinogen. Beritahukan pada dokter apabila Anda pernah memiliki riwayat stroke atau penyumbatan darah.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Masih belum diketahui apakah obat ini akan membahayakan janin.

Beritahukan pada dokter apabila Anda sedang hamil atau berencana akan hamil. Selain itu, masih belum diketahui apakah fibrinogen dapat tersalurkan ke bayi melalui air susu ibu (ASI) atau dapat membahayakan bayi. Beritahukan ke dokter apabila Anda sedang menyusui bayi Anda.

Fibrinogen terbuat dari plasma manusia (plasma adalah bagian dari darah) yang mungkin mengandung virus dan agen penginfeksi lainnya. 

Plasma yang didonasikan dites dan ditangani sehingga risiko terdapatnya agen penginfeksi dapat berkurang, tetapi masih terdapat kemungkinan plasma darah dapat menularkan penyakit. Bicarakan dengan dokter mengenai risiko dan manfaat apabila Anda akan menggunakan obat ini.

Cara menggunakan obat Fibrinogen 

Dokter akan melakukan tes darah sehingga dapat diketahui apakah Anda memiliki kondisi yang dapat mencegah Anda untuk dapat menggunakan fibrinogen secara aman. Ikuti petunjuk pada label resep. 

Jangan menggunakan obat dalam jumlah yang terlalu besar, terlalu sedikit atau terlalu lama dari yang disarankan. Fibrinogen diinjeksikan melalui vena dengan prosedur IV (injeksi, suntikan). 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Jangan menggunakan obat sendiri jika Anda tidak mengerti bagaimana cara untuk menginjeksikan dan membuang jarum suntik, tabung injeksi dan barang-barang lain yang digunakan dengan baik dan benar. 

Fibrinogen dalam bentuk bubuk obat harus dicampurkan dengan cairan (dilarutkan) sebelum dapat digunakan. Jika Anda melakukan injeksi secara mandiri, pastikan Anda mengerti cara yang tepat untuk mencampurkan dan menyimpan fibrinogen. 

Jangan mencampurkan fibrinogen dengan obat lain atau menggunakan suntikan yang sama untuk obat yang berbeda. Fibrinogen tidak mengandung bahan pengawet. 

Setelah Anda menusuk karet pada vial obat dengan jarum suntik, Anda harus menggunakan obat dalam vial tersebut dengan segera. Jangan mengocok botol obat karena dapat merusak kandungan obat. 

Siapkan sebanyak dosis yang dibutuhkan saja apabila Anda sudah siap disuntik. Campuran harus terlihat cukup bening atau berwarna sedikit. Jangan gunakan obat apabila warna sudah berubah atau terdapat partikel di dalamnya. 

Campuran obat harus digunakan dalam waktu 24 jam jika disimpan dalam suhu kamar. Setiap penggunaan satu vial (botol) obat fibrinogen hanya untuk sekali penggunaan

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Buang botol fibrinogen setelah sekali penggunaan, meskipun masih ada sedikit fibrinogen yang tersisa di dalamnya setelah menyuntikkan dosis yang Anda perlukan. 

Gunakan suntikan sekali pakai hanya sekali saja. Ikuti hukum dan aturan yang berlaku dalam membuang suntikan dan jarum suntik yang telah digunakan. Gunakan wadah pembuangan anti tusukan (tanyakan pada farmasis). 

Jauhkan wadah pembuangan ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Beritahukan pada dokter apabila Anda mengalami penurunan berat badan

Dosis fibrinogen berdasarkan berat badan, jika ada perubahan berat badan, akan memberikan efek pada dosis yang diberikan. Lakukan tes kesehatan sehingga dokter dapat menentukan berapa lama Anda harus ditangani dengan fibrinogen. 

Simpan bubuk fibrinogen yang belum dicampurkan di lemari es atau tempat yang gelap dan sejuk. Lindungi dari paparan sinar matahari langsung dan jangan sampai fibrinogen membeku. Buang fibrinogen yang belum dipakai jika sudah melewati tanggal kadaluarsa pada label di botol fibrinogen.

Peringatan terhadap obat Fibrinogen 

Apabila Anda lupa menggunakan dosis Anda, langsung minum setelah Anda ingat. Lewatkan dosis yang terlewat apabila telah mencapai waktu dosis selanjutnya. Jangan meminum fibrinogen secara ekstra untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek samping obat Fibrinogen 

Segera hubungi pertolongan gawat darurat jika Anda mengalami tanda reaksi alergi seperti bintik-bintik merah, ruam kulit, rasa sesak di dada, nafas berdecit, sulit bernafas, merasa akan pingsan, pembengkakan di wajah, bibir, lidah atau tenggorokan. 

Hentikan penggunaan fibrinogen dan periksakan ke dokter jika:


Referensi

Bloodworks Northwest (2017). Cryoprecipitate.

BPOM RI (2018). Cek BPOM. Fibrinogen.

Burgess, R. Medscape (2015). Dysfibrinogenemia.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini