Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Perawatan Tubuh

Ayo Kenali Fakta-Fakta Unik Deodoran Yang Jarang Diketahui

Update terakhir: NOV 13, 2019 Tinjau pada NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.712.146 orang

Ayo Kenali Fakta-Fakta Unik Deodoran Yang Jarang Diketahui

Deodoran memang merupakan salah satu barang yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Ya karena deodoran di jaman sekarang ini sudah seperti benda wajib yang biasa dipakai hampir semua orang setelah selesai mandi. 

Fungsi utama dari deodoran sendiri ialah agar badan tetap fresh dan tidak bau walau sudah pergi beraktfitas seharian penuh. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun deodoran jaman sekarang sudah banyak mengalami kemajuan dimana selain untuk menghilangkan bau badan, deodoranpun di claim sudah memiliki fungsi sebagai penghalus kulit ketiak, pemutih kulit ketiak dan sebagainya. 

Nah selain hal hal tersebut, apakah kamu tahu mengenai fakta fakta unik ketiak lainnya ? Yuk simak artikel satu ini untuk menambah pengetahuanmu akan fakta fakta unik dedoran yang mungkin belum kamu ketahui.

Deodoran dan berbagai fakta uniknya

Manusia berkeringat ialah suatu hal yang wajar, normal dan manusiawi. Tubuh manusia memang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengeluarkan keringat. Keringat jugalah bukan hal yang merugikan bagi tubuh manusia. 

Banyak sekali manfaat yang dapat dberikan oleh keringat bagi tubuh dan kesehatan manusia. Keringat baru menjadi masalah saat muncul bakteri dan virus di area ketiakmu yang akan membuat ketiak berbau tidak sedap. 

Karena inilah maka dengan itu deodoran diciptakan sebagai solusi cepat dalam mengatasi bau badan yang ditimbulkan oleh ketiak seseorang bila tersentuh bakteri. Berikut ialah beberapa fakta unik yang harus kalian ketahui mengenai deodorant yaitu :

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Deodoran ternyata sudah berusia sangat lama

Hal ini dikatakan oleh majalah terkenal di Amerika Serikat yaitu New York Time bahwa setelah melakukan beberapa penelitian, mereka menemukan bahwa keberadaan deodoran sebenarnya sudah ada dan ditemukan sejam jaman Mesir Kuno namun dalam bentuk yang berbeda. 

Ya, di jaman Mesir Kuno, masyarakat akan memakaikan mengoleskan berbagai wewangian dan memakai parfum pada bagian lipatan tubuh mereka seperti leher, ketiak, tangan dan lainnya. 

Deodoran modern merk Mum pertama kali diperkenalkan ke publik dan dipasarkan di tahun 1881, sedangkan deodoran jenis antiperspirant yang pertama kali diproduksi ialah merk Everdry di tahun 1896.

2. Deodoran memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri

Seperti sudah dijelaskan diatas, keringat dapat berbau bila terkontaminasi oleh bakteri. Hal ini lah yang menjadi tujuan utama diciptakan deodorant dimana deodorant dipakai untuk menghilangkan bau badan tak sedap yang bersumber pada ketiak seseorang. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Untuk melakukan tujuannya, deodorant tentunya harus mampu untuk menghilangkan sumber utama yang menyebabkan ketiak seseorang berbau tak sedap dan sumber itu ialah bakteri. 

Maka dengan itu setiap produsen deodoran akan menciptakan dedodoran untuk memiliki kemampuan dalam membunuh bakteri sehingga bau badan menjadi tidak berbau dan segar kembali. 

3. Deodoran tidak bisa menghilangkan keringat

Banyak orang berpikir bahwa dengan menggunakan deodoran setiap harinya maka keringat yang akan dikeluarkan oleh ketiakmu akan semakin sedikit. 

Jawabannya ialah salah. Pemakaian deodoran sebanyak apapun tidak akan mampu menghilangkan keringatmu dan hanya mampu menurunkan produksi keringatmu sebanyak 20% saja.

4. Deodoran belum tentu dapat menyebabkan noda kuning pada baju

Selama ini banyak orang berpikir bahwa dengan memakai deodoran maka akan memunculkan noda kuning pada bagian baju di area ketiak. 

Hal ini belum tentu benar karena sampai saat ini para ahli kesehatan dan pakaian belum menemukan hasil akan pencarian fakta bahwa deodoran dapat menciptakan noda kuning pada baju sehingga pernyataan deodoran menyebabkan noda kuning pada baju belum tentu benar adanya.

5. Tidak semua orang memilki bau badan

Hal ini sama seperti dijelaskan diatas bahwa keringat pada dasarnya tidak berbau dan hanya dapat berbau bila keringat terkontaminasi dengan bakteri. 

Maka bila keringat kamu tidak terkontaminasi dengan bakteri, otomatis kamu pun tidak akan mengalami masalah bau badan dan kamu tidak akan perlu menggunakan deodoran dalam hidupmu sehari hari. 

Ya, karena inilah dapat dikatakan bahwa deodoran bukan hal wajib bagi semua orang dan bukan semua orang juga memerlukan kehadiran deodoran d tubuhnya.

Semoga fakta fakta unik diatas dapat menambah pengetahuanmu mengenai deodoran. Ingatlah untuk selalu juga menjaga kesehatan ketiakmu sehingga pemakaian akan deodoran tidak bersifat ketergantungan. 

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit