Fakta Perawatan Keratin Rambut yang Perlu Anda Ketahui

Apakah perawatan keratin rambut perlu dilakukan? Apakah ada efek sampingnya? Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan keratin treatment, sebaiknya Anda mengetahui beberapa fakta tentang keratin rambut di bawah ini.
Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Fakta Perawatan Keratin Rambut yang Perlu Anda Ketahui

Mempunyai rambut yang sehat dan berkilau adalah dambaan bagi setiap wanita. Tak jarang para wanita melakukan berbagai perawatan rambut di salon kecantikan. 

Sejak tahun lalu perawatan keratin menjadi trend. Sampai saat ini banyak yang mengatakan bahwa perawatan keratin bagus dan memuaskan, tetapi ada juga yang berpendapat tidak sesuai ekspektasi. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Lalu, Apakah perawatan keratin rambut perlu dilakukan? Apakah ada efek sampingnya? Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan keratin treatment, sebaiknya Anda mengetahui beberapa fakta tentang keratin rambut di bawah ini.

1. Keratin sudah terdapat dalam tubuh Anda

Keratin adalah protein alami yang terdapat pada beberapa bagian tubuh manusia. Keratin pada rambut terletak di bagian kutikula. Keratin berfungsi untuk menjaga kutikula supaya kuat dan dapat melindungi lapisan serta inti dalam rambut. Sebenarnya keratin juga terdapat pada gigi dan kuku.

Kandungan keratin pada rambut juga dapat berkurang seiring bertambahnya usia dan beberapa faktor lainnya. Salah satu faktornya yaitu perawatan rambut yang tidak tepat, sehingga keratin dalam rambut dapat mengelupas. Bahkan ketika rambut di-bleaching, kandungan keratin dalam rambut dapat hilang seutuhnya.

2. Proses perawatan keratin rambut

Saat rambut rusak akibat zat kimia dan faktor lainnya, kutikula rambut tidak sempurna lagi. Hal tersebut yang menyebabkan rambut Anda menjadi kusam, mudah kusut, dan susah diatur. 

Sehingga rambut dengan kondisi seperti itulah yang lebih membutuhkan perawatan keratin. 

Proses perawatan keratin membutuhkan waktu yang agak lama, terlebih jika Anda mempunyai rambut yang tebal serta terdiri dari beberapa tahapan perawatan. Berikut proses perawatan keratin rambut:

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut
  • Rambut akan dicuci bersih, lalu keratin buatan dalam bentuk serum akan diaplikasikan pada setiap helai rambut.
  • Perawatan menggunakan panas akan diaplikasikan pada rambut guna mengaktifkan perawatan karena rambut harus diluruskan dengan cermat.
  • Setelah rambut menjadi lebih lurus dan halus, rambut akan dicuci kembali untuk menghilangkan sisa-sisa keratin yang masih menempel.
  • Setelah dicuci dan dibilas, rambut akan dikeringkan dan kembali diluruskan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perawatan keratin rambut dapat bertahan sesuai dengan tekstur rambut dan perawatan lanjutan setelahnya. Namun biasanya perawatan keratin dapat bertahan antara 3 sampai 6 bulan jika Anda merawatnya dengan benar. 

Setelah melakukan perawatan keratin rambut, biasanya Anda akan disarankan tidak menggunakan shampoo dan kondisioner yang memiliki kandungan sulfat. 

Sebenarnya perawatan keratin juga bisa dilakukan di rumah. Misalnya Anda memilih shampo dan kondisioner yang memiliki kandungan keratin. Alhasil pengeluaran Anda untuk pergi ke salon bisa berkurang.

3. Kelebihan dan kekurangan perawatan keratin rambut

Kelebihan yang ditawarkan pada perawatan keratin rambut adalah rambut Anda akan menjadi lebih halus, lurus, dan mudah diatur. 

Hanya saja perawatan ini menjadi berbahaya jika salon mencampur produk tersebut dengan jumlah formaldehid yang lebih banyak. 

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli kulit atau dokter jika Anda memiliki kondisi dermatitis seboroik atau psoriasis.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Sedangkan kekurangan pada perawatan keratin rambut yaitu, obat keratin yang digunakan diduga memiliki kandungan zat karsinogenik atau dapat memicu kanker

Meskipun sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan, tidak ada salahnya Anda konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Selain itu, perawatan keratin rambut mungkin akan membuat rambut menjadi lebih halus dan lembut di awal, tapi setelah 6 bulan rambut akan mengalami masalah baru seperti rambut rontok, rambut bercabang, atau rambut rusak. 

Jadi, walaupun Anda sudah melakukan perawatan keratin, sebaiknya Anda tetap melakukan perawatan pendukung lainnya. Misalnya, setiap selesai keramas selalu menggunakan kondisioner. 

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What Is a Keratin Hair Treatment and Is It Right For Me?. Byrdie. (Accessed via: https://www.byrdie.com/what-is-keratin-hair-treatment)
Keratin Hair Straightening Treatments: Benefits and Effects. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/beauty/features/keratin-hair-straightening-treatments#1)
Keratin: Benefits and Uses for Hair. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/keratin)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app