Fakta Menarik Tentang Tanda Lahir

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Fakta Menarik Tentang Tanda Lahir

Sekitar lebih dari 50 persen manusia di muka bumi ini memiliki tanda lahir di tubuhnya. Tanda lahir, diartikan sebagai noda pada kulit yang terbentuk ketika orang masih dalam bentuk janin di dalam perut ibu. 

Salah satu jenis tanda lahir yang paling umum ditemukan yaitu hemangioma. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang tanda lahir manusia yang harus anda tahu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Tanda lahir berwarna merah

Jika beberapa orang menganggap tanda lahir seperti tompel adalah yang paling banyak ditemukan, bisa jadi mereka salah.  Tanda lahir yang paling umum ditemukan adalah tanda lahir yang berwarna merah. Sebagian besar tanda lahir yang muncul disebabkan oleh adanya kapiler yang terletak di bawah kulit manusia. 

Sedangkan jenis tanda lahir yang paling umum berupa bercak berwarna merah atau biasa disebut tanda “bangau”.  Tanda lahir ini biasanya ditemukan di belakang leher, dahi atau kelopak mata. 

Jenis tanda lahir ini merupakan tanda yang muncul akibat dari pembuluh darah kapiler yang dapat muncul di mana saja, biasanya akan hilang memudar seiring berjalannya waktu.

Beberapa tanda lahir ada yang berbahaya

Kebanyakan tanda lahir memang tidak berbahaya. Namun, tidak ada salahnya jika Anda memeriksa ke dokter, apabila tanda lahir berubah bentuk atau bahkan membesar.  Bahkan, ada kasus tanda lahir baru yang muncul tiba-tiba. 

 Hal ini bisa jadi tanda lahir yang berupa tahi lalat yang baru muncul merupakan ciri kanker kulit dan hiperpigmentasi kulit yang diakibatkan karena penuaan, hal ini terkadang sulit untuk dibedakan. 

Untuk itu, pastikan selalu rutin memeriksakan jika ada tanda perubahan tanda dan warna kulit di tubuh Anda ke dokter sehingga dapat mencegah risiko gangguan penyakit kulit yang serius.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Penyebab munculnya tanda lahir masih belum diketahui

Mitosnya, cukup banyak orang yang berkata dan berasumsi jika ibu hamil yang sedang diet bisa menjadi faktor bayinya memiliki banyak tahi lalat pada tubuhnya. Namun, hal tersebut ternyata sama sekali salah.  

Sampai saat ini belum diketahui apa yang menjadi penyebab munculnya tanda lahir, meskipun kebanyakan para dokter dan ahli percaya bahwa tanda lahir yang timbul pada tubuh manusia sudah terbentuk semenjak bayi berada di dalam kandungan.

Menghapus tanda lahir tidak berbahaya

Beberapa orang sering merasa tanda lahir mereka cukup mengganggu dan merasa tidak percaya diri, sehingga berniat untuk menghapus tahi lalat.  Proses menghapus tanda lahir sering dilakukan dengan operasi menggunakan laser atau dengan metode bedah kulit yang dilakukan oleh ahli. 

Walaupun biayanya cukup mahal, metode menghapus tanda lahir yang tepat dapat dilakukan tergantung jenis dan letak tanda lahir tersebut di tubuh Anda.

Ada perkumpulan orang yang memiliki tanda lahir di dunia

Jangan pernah berpikir jika Anda satu-satunya yang memiliki tanda lahir cukup unik.  Nyatanya, terdapat asosiasi atau perkumpulan yang mempunyai tugas untuk memberikan support sekaligus meningkatkan kesadaran akan individu yang memiliki tanda lahir ini. Nama perkumpulan atau asosiasi ini adalah Nevus Outreach. 

Selain itu, perkumpulan ini memberikan bantuan untuk menemukan penyembuhan atau perawatan yang tepat bagi orang yang memiliki tanda lahir dengan ukuran yang cukup besar pada tubuh, yang terlihat tidak wajar dan berbahaya. 

Dengan bergabung bersama organisasi ini, Anda dapat mengetahui bahwa Anda bukan satu-satunya di dunia yang memiliki tanda lahir unik pada tubuh Anda

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Birthmark Types, Causes, Risks and Pictures. Healthline. (https://www.healthline.com/health/birthmark)
Birthmarks: Causes, types, and treatments. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/174886.php)
Birthmarks Slideshow: Pictures of Port Wine Stains, Moles, and Other Common Birthmarks. WebMD. (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-birthmarks)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app