Manfaat Infused Water, Mitos atau Fakta?

Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Nov 27, 2020 Waktu baca: 5 menit
Manfaat Infused Water, Mitos atau Fakta?

Lelah habis berolahraga atau merasa haus saat di perjalanan? Biasanya Anda akan minum air untuk melegakan tenggorokan atau menghilangkan rasa haus, karena minum air putih memiliki peranan penting bagi tubuh, salah satunya untuk membantu menjaga fungsi kerja berbagai organ tubuh. 

Baca juga: Benarkah Minum Air Putih 8 Gelas Sehari Sudah Cukup?

Iklan dari HonestDocs
Beli Larutan Steril via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 20

Setiap orang memang memerlukan asupan air di dalam tubuh, tetapi air tidak hanya didapatkan melalui air putih saja, tetapi kandungan air dalam sayuran dan buah pun dapat membantu kita memenuhi cairan tubuh yang penting agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Tetapi jika Anda tetap ingin mendapatkan sari-sari kandungan yang sehat dari sayur dan buah tanpa harus mengonsumsi jus atau makan sayur dan buah langsung, Anda mungkin dapat mencoba membuat infused water sendiri di rumah.

Apa itu infused water?

Minuman air detoksifikasi atau yang lebih dikenal dengan istilah infused water adalah air putih yang telah ditambahkan beberapa potongan buah-buahan atau irisan sayur segar dan dipercaya dapat membantu tubuh membuang racun, meningkatkan energi, hingga membantu menurunkan berat badan.

Infused water sendiri hanya mengandung sedikit kalori sehingga dianggap lebih baik dibandingkan jus buah ataupun soda yang lebih banyak mengandung gula alami. Jika Anda menyukai minuman dingin, Anda juga dapat menyimpan infused water dalam lemari es selama 1-12 jam untuk memastikan rasa dan sari-sari kandungan meresap lebih lama.

Tetapi pastikan untuk segera membuang irisan sayur dan buah tersebut setelahnya agar tidak membusuk dan malah menjadi racun bagi tubuh. Jika Anda ingin segera meminum infused water tetapi tak memiliki banyak waktu, Anda dapat menghancurkan buah ataupun sayur sehingga rasa dan sari kandungan yang terdapat di dalamnya dapat terlepas lebih cepat.

4 Fakta manfaat infused water

1. Menurunkan berat badan

Minum air putih yang banyak dianggap dapat menurunkan berat badan, begitupun dengan manfaat infused water. Salah satu cara menurunkan berat badan dengan air putih adalah dengan minum air putih sebelum makan, sehingga rasa lapar akan berkurang dan membuat Anda merasa kenyang yang akhirnya Anda hanya akan makan sedikit. Selain itu, manfaat air juga terbukti dapat meningkatkan laju metabolisme untuk sementara sehingga kalori akan terbakar lebih banyak. 

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dan Membentuk Tubuh Ideal

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

2. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Manfaat infused water dan minum air putih secara teratur tentu akan membuat Anda terhindar dari dehidrasi, termasuk baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan memperlancar aktivitas buang air besar secara teratur. Karena dehidrasi kronis dapat menyebabkan konstipasi (sembelit) dan menimbulkan rasa kembung pada perut sehingga dengan minum air putih yang banyak ataupun minum infused water dapat membantu proses aliran makanan menuju usus dengan lancar dan mencegah Anda mengalami sembelit.

3. Meningkatkan suasana hati (mood) dan energi

Kekurangan cairan dalam tubuh ternyata tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik saja, tetapi juga dapat mempengaruhi suasana hati (mood), konsentrasi, dan energi. Bahkan dehidrasi juga dapat menyebabkan sakit kepala dan menganggu fungsi kerja otak. Sehingga bagi Anda yang bosan hanya minum air putih tanpa rasa dan ingin mencoba minuman rasa buah yang cukup sehat, mungkin Anda dapat mencoba infused water dan mendapatkan manfaat infused water yang baik bagi tubuh.

4. Meningkatkan fungsi sistem imun tubuh

Jika Anda terbiasa makan makanan sehat seperti sayur dan buah, maka tubuh Anda akan terasa lebih sehat sekaligus dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini pun mungkin berlaku jika Anda mengonsumsi infused water. Karena secara khusus, manfaat infused water yang mengandung bahan-bahan kaya vitamin C memang bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh, meskipun begitu jumlah nutrisi yang didapatkan dari infused water biasanya tidak terlalu banyak.

Baca juga: Jaga Sistem Imun dengan Konsumsi Vitamin dan Mineral

3 Mitos manfaat infused water

1. Mendetoksifikasi tubuh

Detoksifikasi atau detox adalah proses pembuangan racun dalam tubuh yang diklaim dapat berefek pada penurunan berat badan. Tetapi salah satu manfaat infused water ini masih menjadi perdebatan akibat belum ditentukannya apa yang benar-benar disebut racun dan bagaimana cara hal tersebut terjadi. 

Tubuh sendiri memiliki cara alami dalam menghilangkan racun dalam tubuh yang dilakukan oleh ginjal dan hati melalui urin, keringat, maupun feses. Tetapi untuk membantu fungsi kerja organ tersebut, Anda diharapkan mencukupi kebutuhan air putih dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

2. Menyeimbangkan pH tubuh

Jika alkaline water dikenal dapat membantu menjaga keseimbangan pH tubuh dengan meningkatkan sifat basa dan mengurangi kadar asam dalam tubuh, maka infused water tidak memiliki manfaat tersebut. Menurut teori, keseimbangan asam basa ini baik bagi kesehatan, namun masih diperlukan beberapa penelitian untuk mengkonfirmasi apakah makanan atau minuman yang dikonsumsi berpengaruh pada perubahan pH dalam tubuh.

3. Mengubah tampilan kulit

Minum air putih memang terbukti dapat menjaga kesehatan kulit karena dapat meningkatkan hidrasi pada kulit. Tetapi jika infused water dianggap dapat mengubah penampilan kulit (complexion) seseorang itu mungkin keliru. Complexion adalah istilah kecantikan seputar kulit dan berkaitan dengan warna, tekstur, hingga tampilan kulit seseorang yang tak mudah berubah hanya dengan mengonsumsi infused water. Karena manfaat infused water hanya dimaksudkan untuk membantu menjaga kesehatan kulit Anda.

Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit

Cara membuat infused water

Setelah mengetahui manfaat infused water, berikut ini beberapa cara membuat infused water yang dapat Anda coba di rumah. Selain bermanfaat bagi kesehatan, Anda hanya membutuhkan air putih dan pilihan buah serta sayur segar, lalu potong sayur dan buah tersebut menjadi beberapa irisan tipis. Semakin banyak bahan yang Anda gunakan akan semakin memperkuat rasa di dalam infused water nantinya.

Beberapa sayur dan buah yang umumnya sering digunakan sebagai bahan infused water antara lain: lemon, jeruk, daun mint, strawberry, kiwi, apel, timun, nanas, belimbing, anggur, bahkan ada pula yang menambahkan jahe dan kayu manis dalam ramuan infused water. Resep infused water yang paling sering digunakan adalah campuran irisan lemon dengan daun mint, terutama bagi mereka yang sedang dalam program diet penurunan berat badan.

Baca juga: Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

Cara membuat infused water lemon pun sebenarnya mudah. Sebagai salah satu buah yang paling sering dijadikan bahan pembuatan infused water, lemon memiliki kandungan serat pektin yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Jadi Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah lemon dan memotongnya menjadi beberapa irisan tipis, ditambah sekitar 4 buah daun mint segar, lalu masukkan ke dalam air putih. Diamkan semua bahan ke dalam kulkas selama beberapa jam hingga sari-sari lemon dan daun mint larut di dalam air.

Dari sejumlah manfaat infused water, Anda tidak hanya mencukupi kebutuhan cairan tubuh saja, tetapi juga mendapatkan kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada buah dan sayur di dalam infused water tersebut walau tidak banyak. Tetapi pastikan bahwa buah dan sayur yang Anda gunakan masih dalam keadaan segar dan telah dicuci bersih.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Magee E., WebMD (2006). Pomegranate Power. (https://www.webmd.com/food-recipes/features/pomegranate-power)
Davis J.L., Nazario B., WebMD (2008). Antioxidants in Fruits. (https://www.webmd.com/diet/features/antioxidants-in-fruits)
Zelman K.M., Chang L., WebMD (2008). 6 Reasons to Drink Water. (https://www.webmd.com/diet/features/6-reasons-to-drink-water)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app