Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Enam Rahasia Keringat

Update terakhir: Jul 25, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 902.560 orang

Enam Rahasia Keringat

Keringat adalah salah satu bentuk pengeluaran yang dilakukan tubuh. Meski terkadang mengganggu, keringat ternyata berfungsi bagi kestabilan tubuh. Ulasan berikut akan membahas beberapa hal yang tidak Anda ketahui mengenai keringat : 

  • Tingkat aktifitas olahraga mempengaruhi kuantitas keringat
    Ketika keringat keluar dari kulit Anda, keringat menjalankan fungsinya sebagai pendingin tubuh, untuk mengatasi panas tubuh yang berlebih. Atlet akan mengeluarkan keringat lebih banyak daripada mereka yang bukan atlet, karena tubuh mereka telah menjadi mahir menjaga dingin dengan meningkatkan jumlah keringat.
     
  • Pria berkeringat lebih banyak daripada wanita
    Secara umum, pria benar-benar memproduksi keringat lebih banyak dari perempuan. Pria dapat memproduksi keringat sekitar empat kali lebih banyak. Hal ini disebabkan pria memiliki badan yang lebih besar sehingga kelenjar keringat lebih besar dan memiliki variasi hormonal yang lebih tinggi dibandingkan wanita.

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Physiology menemukan bahwa ketika sehat secara fisik pria dan wanita berolahraga secara rutin,pria memproduksi keringat berlebih, meskipun meskipun kedua jenis kelamin memiliki jumlah kelenjar keringat yang sama aktif.
     
  • Keringat diciptakan berbeda
    Meskipun Anda mengangggap keringat sama saja, ternyata keringat diciptakan berbeda dan memiliki dua jenis. Kelenjar keringat Ekrin bertanggung jawab untuk memproduksi "keringat air”  yang sebagian besar terdiri dari air dan garam. Kelenjar-kelenjar yang ditemukan di seluruh tubuh, biasanya lebih terkonsentrasi pada tangan, kaki dan wajah, dan bekerja untuk mendinginkan tubuh Anda, akibat berolahraga atau suhu panas.

    Ada pula kelenjar Apokrinyang memproduksi keringat lebih sedikit, terletak di folikel rambut (seperti di ketiak) dan bertanggung jawab untuk baukeringat. Sedangkan tujuan dari kelenjar apokrin tidak jelas,menurut American Academy of Dermatology, mereka diyakini sebagai ‘aroma’kelenjar.  
     
  • Keringat dapat menghentikan sinyal stres
    JikaAnda berkeringat disebabkan oleh stres, Anda tidak sadar dapat mengirim ketegangan untuk orang di sekitar Anda. Ketika Anda stres, keringat keluar dari keduakelenjar keringat dan kelenjar bau air keringat. Segera setelah Anda mulai merasa stres, Anda dapat memancarkan aroma yang terdeteksi oleh orang lain.

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One menunjukkan perubahan dalam aktivitas otak ketika terkena keringat orang lain dalam situasi-dalam hal ini emosional tegang. Setiap orang yang diteliti memiliki reaksi kimia yang diikuti dengan berkeringat, yang menyebabkan mereka menjadi lebih waspada terhadap ancaman potensial, dan menampilkan tingkat yang lebih tinggi kewaspadaan.

 

  • Ada nama untuk berkeringat berlebihan
    Penelitian menunjukkan 1% hingga 3% dari populasi memiliki hiperhidrosis, kondisi yang ditandai oleh keringat berlebihan karena kelenjar keringat berlebih. Meskipun penyebab pasti hiperhidrosis tidak diketahui, gejala mulai tampak saat remaja. Orang-orang akan berkeringat tanpa alasan yang jelas, tidak ada bedanya jika mereka berada dalam ruangan yang sejuk dan tidak merasa stres.

    Daerah yang paling terpengaruh oleh hiperhidrosis adalah ketiak, tangan, kaki dan wajah. Hiperhidrosis dapat diobati dengan berbagai prosedur. Botox, misalnya, yang sebagian besar dikenal untuk menghaluskan kerutan, juga telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk mengobati keringat ketiak berlebihan. Pilihan laintermasuk antiperspirant kekuatan klinis, sedot lemak atau perawatan elektromagnetik. Jika Anda berpikir Anda menderita keringat berlebihan, pastikan untuk mengunjungi dokter untuk menyingkirkan penyebab yang mendasarinya.
     
  • Waktu terbaik untuk menggunakan anti keringat adalah malam hari
    Anti keringat atau antiperspirant biasanya mengandung alumunium atau zirconian sebagai bahan aktif yang secara fisik dapat menyumbat kelenjar keringat dan menghentikan produksi keringat.

    Antiperspirant paling efektif jika diaplikasikan pada kulit yang sangat kering. Jika Anda menggunakannya pada pagi hari seusai mandi, maka besar kemungkinan disaat Anda beraktifitas, ketiak Anda akan kembali basah. Jika permukaan kulit basah, reaksi kimia yang terbentuk dari aluminium akan terjadi pada permukaan kulit, bukan di pori-pori.

    Gunakalah antiperspirant pada malam hari ketika produksi keringat berada pada titik terendah. Bahkan ketika Anda mandi keesokan harinya, antiperspiran masih akan efektif, karena dapat bertahan selama beberapa hari.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit