Efek Kelainan Memakan Puntung Rokok

Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Sep 9, 2019 Waktu baca: 2 menit
Efek Kelainan Memakan Puntung Rokok

Bahaya dari kebiasaan merokok memang sudah tidak bisa dipungkiri akan mengganggu kesehatan setiap orang. Namun bagaimana efek kesehatan terhadap mereka yang memiliki kebiasaan memakan puntung rokok tersebut? 

Pastinya Anda akan terkejut mendengar kebiasaan tersebut. Untuk itulah, berikut ini penjelasan efek kesehatan dari kelainan memakan puntung rokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Antidot via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 17

Mengapa Seseorang Bisa Sampai Makan Rokok?

Masih berhubungan dengan satu hal yang di atas pastinya membuat Anda bertanya-tanya, benarkah ada orang yang sampai memakan puntung rokok? Mungkin sebagian orang menganggap hal tersebut sebagai bualan belaka. 

Namun perlu Anda ketahui bahwa ternyata kasus tersebut memang benar-benar ada. Tentang orang yang memakan puntung rokok.

Biasanya orang yang memiliki kebiasaan memakan puntung ini memiliki kelainan makan atau biasa juga disebut dengan istiliah eating disorder. Mereka yang mengidap kelainan makan ini memang dikenal dengan kebiasaan makannya yang suka mengincar menu tidak biasa. Mulai dari puntung rokok, kapur, cat minyak, beras, bantal hingga masih banyak yang lainnya.

Namun pada kenyataannya, ternyata bagi mereka yang memiliki kebiasaan memakan puntung rokok ini beberapa diantaranya tidak berhubungan dengan kelainan makan. 

Soalnya ada beberapa diantara mereka yang memang sengaja memakan puntung merokok dengan berbagai mitos yang ada. Terutama mitos bahwa memakan rokok tidak seberbahaya menghisap rokok.

Meskipun terdengar konyol, pada kenyataanya masih banyak orang di luar sana yang menganggap dengan sungguh terhadap mitos yang satu ini. Bahkan masih banyak yang beranggapan bahwa dengan memakan puntung rokok ini maka tidak akan membahayakan kesehatan. Padahal jelas dengan abu dan rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa berbahaya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Efek Kesehatan dari Memakan Puntung Rokok

Hal penting berikutnya yang juga pastinya ingin Anda ketahui adalah efek kesehatan yang bakal dirasakan ketika memakan puntung rokok ini. Apabila mengingat bahaya yang dimiliki oleh bahan dari rokok maka pasti mustahil apabila memakan rokok ini tidak memiliki dampak kesehatan bagi tubuh Anda. 

Sesuatu yang pasti sebaiknya Anda hindari daripada semakin buruk.

Sedangkan untuk efek kesehatan yang paling terburuk adalah terjadinya keracunan nikotin. Hal pertama yang mesti diketahui bahwa ambang batas setiap orang terhadap nikotin itu berbeda. 

Normalnya, untuk orang dewasa apabila 40-60 miligram nikotin sudah masuk ke dalam tubuh maka keracunan nikotin sudah tidak bisa dihindari lagi dan pastinya akan segera terjadi.

Efek dari keracunan nikotin ini sendiri adalah Anda akan merasa sakit perut yang hebat, sulit bernapas, otot-otot yang terasa sakit, muntah hingga yang paling parah adalah kemudian kejang-kejang. 

Apabila sudah sampai pada tahap kejang-kejang maka orang tersebut mesti segera dicarikan bantuan secepatnya. Soalnya nyawanya yang akan menjadi pertaruhannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Antidot via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 17

Upaya Menghentikan Kebiasaan Memakan Puntung Rokok

Mengetahui segala bahaya yang dimiliki dari kebiasaan memakan puntung rokok tentu ada baiknya untuk segera menghentikannya. Soalnya kesehatan dari diri Anda sendiri yang bakal menjadi ancamannya. 

Untuk bisa menghentikan kebiasaan memakan puntung rokok ini memang tidaklah mudah. Namun Anda mesti mencobanya agar demi kesehatan tubuh Anda sendiri.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi psikolog atau dokter khusus. Soalnya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa memakan puntung rokok ini merupakan kelainan makan. 

Dengan menghubungi psikolog maupun dokter khusus tentunya diharapkan, Anda bisa menemukan jalan keluar dari kebiasaan makan yang salah tersebut.

Lepas dari hanya dihisap apalagi sampai dimakan, tentunya bahaya dari rokok sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Sudah banyak sekali masalah kesehatan yang muncul akibat dari rokok ini. Jadi ada baiknya bagi Anda untuk mulai menghindarinya dari sekarang juga.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chewing Tobacco Health Effects (Cancer Facts, How to Quit). MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/smokeless_tobacco/article.htm)
Ingestion of Cigarettes and Cigarette Butts by Children. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/mmwr/preview/mmwrhtml/00046181.htm)
Tobacco and cigarette butt consumption in humans and animals. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3088460/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app