GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Kenali Manfaat Daun Ungu sebagai Obat Wasir Alami

Dipublish tanggal: Okt 2, 2020 Update terakhir: Okt 14, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kenali Manfaat Daun Ungu sebagai Obat Wasir Alami

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Daun ungu atau daun handeuleum adalah salah satu tanaman herbal yang sering digunakan sebagai obat ambeien alami;
  • Daun ungu memiliki senyawa penting, seperti flavonoid, steroid, saponin, tanin, glikosida, dan alkaloid untuk mengurangi gejala ambeien;
  • Merk kapsul daun ungu yang ada di pasaran di antaranya Ambeven dan Mediven yang bisa dibeli secara bebas tanpa resep dokter;
  • Penggunaan kapsul daun ungu sebagai obat ambeien alami umumnya bisa dikonsumsi sebanyak 3 kapsul dalam sekali minum, 3 kali sehari;
  • Klik untuk membeli kapsul daun ungu atau obat ambeien (wasir) lainnya dari rumah Anda melalui HDMall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Mungkin Anda merupakan salah satu dari sebagian orang yang belum mengenal manfaat daun ungu bagi kesehatan. Daun ungu yang termasuk tanaman perdu memiliki ciri-ciri daun tunggal dengan tinggi bisa mencapai 2 meter. Tak hanya dijadikan sebagai tanaman hias, daun ungu juga bisa dijadikan obat herbal alami. Apa itu daun ungu dan apa kegunaannya? Simak informasi seputar daun ungu berikut ini.

Manfaat daun ungu bagi kesehatan

Daun ungu atau daun handeuleum dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang sering digunakan sebagai obat ambeien alami. Daun ungu ini memiliki kandungan senyawa penting, seperti flavonoid, steroid, saponin, tanin, glikosida, dan alkaloid yang ampuh mengurangi gejala ambeien.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ambeien atau wasir merupakan kondisi pembengkakan pembuluh darah vena yang terjadi pada area anorektal, yaitu di sekitar anus atau rektum bagian bawah. Ambeien dapat menyebabkan nyeri saat duduk maupun buang air besar, bahkan disertai dengan darah.

Baca juga: Faktor Penyebab Wasir yang Sering Terabaikan 

Tak hanya mengatasi ambeien, daun ungu yang memiliki nama latin graptophyllum pictum ini juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya, di antaranya:

  • Mengatasi peradangan (efek anti-inflamasi);
  • Membantu melunakan tinja;
  • Mencegah perdarahan pada anus;
  • Mencegah konstipasi atau diare;
  • Melancarkan menstruasi atau haid;
  • Mengurangi rasa nyeri pada sendi;
  • Mengobati luka dan bisul.

Bagaimana cara menggunakan obat herbal yang benar?

Penggunaan obat apa pun, termasuk obat herbal tetap harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai takaran yang tepat. Begitupun dengan obat herbal daun ungu yang umumnya tersedia dalam bentuk kapsul dan daun rebusan.

Penggunaan kapsul daun ungu sebagai obat wasir alami umumnya dikonsumsi sebanyak 3 kapsul dalam sekali minum, 3 kali sehari. Obat herbal daun ungu bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Beberapa merk kapsul daun ungu yang ada di pasaran adalah Ambeven dan Mediven yang bisa dibeli secara bebas.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Susah Buang Air Besar 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Herbal via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 37

Untuk pemakaian daun ungu dalam bentuk daun rebusan, bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Cuci daun ungu sebanyak 6 lembar;
  • Bersihkan dan digiling halus;
  • Campur ke air mendidih ½ cangkir;
  • Tambahkan madu 1 sendok makan;
  • Peras dan saring air rebusan;
  • Minum sebanyak ¾ gelas 2-3 kali sehari.

Meski daun ungu yang termasuk obat herbal memiliki bahan alami, perlu diketahui bahwa penggunaannya tidak selalu aman bagi sebagian orang. Sejumlah efek samping daun ungu yang mungkin terjadi bisa berupa sakit perut, sakit kepala, hingga munculnya ruam kemerahan pada kulit.

Berkonsultasi ke dokter dan menggunakan obat sesuai aturan pakai tentu diperlukan untuk memastikan bahwa penggunaan obat herbal daun ungu dapat memberikan manfaat sesuai kondisi kesehatan yang dialami.

Perlu diperhatikan pula, mengobati ambeien dengan daun ungu juga harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat, di antaranya tidak menunda BAB, memperbanyak minum air putih, serta mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah agar membantu melancarkan buang air besar (BAB).

Selain menggunakan daun ungu sebagai obat ambeien alami, penderita wasir bisa menggunakan minyak kelapa. Kandungan anti-inflamasi dan analgesik yang dimiliki minyak kelapa dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat wasir.

Baca juga: Penggunaan Minyak Kelapa untuk Mengobati Wasir 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Harvard Health. 6 self-help tips for hemorrhoid flare-ups. (https://www.health.harvard.edu/blog/6-self-help-tips-for-hemorrhoid-flare-ups-201307196496).
Badan POM. Daun Ungu Untuk Meringankan Gejala Wasir. (http://www.pom.go.id/ppid/2016/buletin_edisiI_2015.pdf).
Sya’haya, S. & Iyos, RN. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Ungu (Graptophyllum pictum Griff) terhadap Penyembuhan Hemoroid.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app