Dactinomycin: Manfaat, Efek Samping dan, Dosis

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 898.668 orang

Tumor ditandai oleh pembelahan sel, yang tidak lagi terkontrol seperti pada jaringan normal. Sel-sel "normal" berhenti membelah ketika mereka bersentuhan dengan sel-sel sejenis, suatu mekanisme yang dikenal sebagai penghambatan kontak. Sedangkan pada sel kanker, sel-sel tersebut kehilangan kemampuan ini. Sehingga sel kanker terus berkembang secara tidak terkontrol.

Salah satu pengobatan kanker adalah dengan menggunakan kemoterapi. Kemoterapi (obat anti-neoplastik) dibagi menjadi lima kelas berdasarkan cara mereka bekerja untuk membunuh kanker. Meskipun obat ini dibagi menjadi beberapa kelompok, pada kenyataannya beberapa obat tertentu memiliki fungsi yang sama.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Antibiotik antitumor adalah salah satu dari lima kelas pengobatan kemoterapi. Obat ini dibuat dari produk alami yang diproduksi oleh spesies Streptomyces jamur tanah. Obat ini bekerja selama beberapa fase siklus sel. Ada beberapa jenis antibiotik antitumor, Dactinomycin adalah salah satunya. Dactinomycin termasuk dalam kategori kromomisin.

Dactinomycin adalah nama generik untuk obat dengan nama dagang Cosmegen®. Dalam beberapa kasus, tenaga medis profesional dapat menggunakan nama dagang Cosmegen atau nama lain Actinomycin-D ketika merujuk pada nama obat generik dactinomycin.

Apa saja kegunaan obat Dactinomycin?

Dactinomycin digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker seperti:

  • Tumor Wilms
  • Rhabdomyosarcoma
  • Kanker ovarium (sel germinal)
  • Neoplasma trofoblas gestasional
  • Sarkoma Ewing
  • Tumor testis metastatik (nonseminoatous)
  • Neoplasma trofoblas gestasional
  • Tumor padat rekuren atau lokoregional (sarkoma, karsinoma, dan adenokarsinoma)
  • Sarkoma jaringan lunak
  • Osteosarkoma

Bagaimana dosis dan cara penggunaan Dactinomycin?

Obat ini harus diberikan di bawah pengawasan dokter di rumah sakit. Dactinomycin diberikan melalui pembuluh darah (intravena, IV). 

Dactinomycin diklasifikasikan sebagai obat vesikan, yang berarti dapat menyebabkan kerusakan jaringan yang bersentuhan langsung dengan obat tersebut. Oleh karena itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, obat ini perlu diberikan dengan sangat hati-hati oleh tenaga profesional medis yang berkualifikasi. Anda harus segera memberi tahu petugas medis jika Anda merasa sakit atau bengkak di tempat infus.

Jumlah Dactinomycin yang akan Anda terima tergantung pada banyak faktor, termasuk tinggi dan berat badan Anda, kesehatan umum Anda atau masalah kesehatan lainnya, dan jenis kanker. Dokter Anda akan menentukan dosis dan jadwal Anda. Pedoman untuk pemberian dosis juga mencakup pertimbangan jumlah neutrofil absolut (ANC). Dosis dapat dikurangi, ditunda atau dihentikan pada pasien dengan depresi sumsum tulang, atau efek samping lainnya.

  • Dosis pada orang dewasa: Untuk setiap dua minggu terapi, dosis maksimum tidak boleh melebihi 0,015 mg/kg atau 0,4-0,6 mg/m2 IV sekali. Diberikan setiap hari selama 5 hari berturut-turut.
  • Dosis untuk anak-anak: Untuk setiap dua minggu terapi, dosis maksimum tidak boleh melebihi 15 mcg/kg atau 0,4-0,6 mg/m2 IV sekali sehari. Diberikan selama 5 hari berturut-turut.

Hal apa yang perlu diperhatikan saat menggunakan Dactinomycin

  • Obat ini tidak boleh diberikan jika Anda mengalami infeksi cacar air atau herpes zoster
  • Obat ini tidak boleh diberikan bersamaan dengan terapi radiasi bersamaan: karena dapat meningkatkan terjadinya efek samping
  • Kesuburan: tidak ada informasi yang ditemukan mengenai hubungan antara penggunaan obat ini dan kesuburan
  • Kehamilan: Kehamilan FDA Kategori D ada bukti positif risiko janin manusia, tetapi manfaat dari penggunaan pada wanita hamil dapat diterima meskipun ada risiko (misalnya jika obat diperlukan dalam situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius yang obat-obatan yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif)
  • Menyusui tidak dianjurkan karena potensi sekresi ke dalam ASI

Efek samping yang sering terjadi pada pasien yang menerima Dactinomycin:

Jumlah sel darah putih, merah dan trombosit Anda mungkin menurun untuk sementara waktu. Hal ini dapat meningkatkan Anda mengalami risiko infeksi, anemia, dan atau perdarahan.

  • Rambut rontok (terjadi dalam beberapa minggu)
  • Mual dan muntah (terjadi dalam beberapa jam hingga beberapa hari)
  • Kelelahan
  • Luka pada mulut (terjadi dalam beberapa minggu)
  • Masalah hati (hepatotoksisitas dan peningkatan enzim hati)
  • Diare (terjadi dalam beberapa hari hingga beberapa minggu)
  • Peningkatan risiko infeksi

Kami sangat menganjurkan Anda untuk berbicara dengan profesional perawatan kesehatan Anda tentang kondisi dan perawatan medis khusus Anda. Informasi yang terkandung dalam situs web ini dimaksudkan untuk membantu dan mendidik, tetapi bukan merupakan pengganti saran medis.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp