Cukup Olahraga 25 Menit, Kebiasaan Merokok Bisa Berhenti

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cukup Olahraga 25 Menit, Kebiasaan Merokok Bisa Berhenti

Olahraga yang dilakukan secara rutin tidak hanya memberikan perubahan fisik saja, akan tetapi olahraga dapat membantu para perokok aktif untuk menghentikan kebiasaan merokok dengan cara yang sangat mudah. Ada banyak jenis olahraga yang dapat untuk Anda lakukan sesuai dengan hobi.

Saat melakukan olahraga untuk melatih diri agar sembuh dari kebiasaan merokok tidak harus menghabiskan banyak waktu. Cukup dengan melakukan olahraga selama 25 menit, maka Anda sudah bisa menghentikan kebiasaan merokok Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

 Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menghentikan merokok melalui kegiatan olahraga.

Jenis olahraga yang dapat Anda lakukan pun juga cukuplah mudah, karena Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki, yoga, berenang, jogging, angkat beban, berkebun, bersepeda maupun jenis olahraga lain yang Anda sukai. 

Melakukan olahraga secara rutin akan membantu Anda untuk mengatasi rasa cemas atau stres yang disebabkan karena berhenti merokok.

Apabila Anda belum mengetahui bagaimana cara menghentikan kebiasaan merokok melalui olahraga, Anda bisa mengetahuinya melalui ulasan berikut:

Pilih olahraga sesuai dengan keinginan

Ada banyak jenis olahraga yang bisa untuk Anda pilih sesuai dengan keinginan dan selera. Untuk menghentikan kebiasaan merokok tidak harus melakukan olahraga jenis tertentu. 

Karena segala jenis olahraga apapun jika dilakukan secara rutin dan dengan cara yang tepat dapat mengurangi kebiasaan merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Lakukan olahraga secara rutin agar hasilnya pun juga efektif. Jika rasa stres sering kali muncul akibat tidak merokok, maka olahraga cara paling tepat untuk menghilangkan rasa stres yang sedang Anda alami.

Tentukan waktu yang tepat untuk olahraga

Anda harus melakukan olahraga secara rutin, untuk itu Anda harus bisa menentukan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Jika Ada memiliki banyak rutinitas di pagi hingga siang hari, maka Anda bisa melakukan olahraga setiap sorenya.

Melakukan olahraga setiap sorenya tidak perlu terlalu lama, karena Anda bisa melakukan olahraga cukup dengan 25 menit saja. Untuk membuat pelatihan khusus, Anda bisa membuat jadwal olahraga yang bisa Anda lakukan setiap 3 hingga 5 hari dalam seminggu.

Tidak perlu memilih olahraga yang berat

Apabila Anda belum terbiasa dengan olahraga yang berat, misalnya seperti mengangkat beban, bubble atau olahraga berat yang lainnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa lakukan olahraga untuk menghentikan kebiasaan merokok tidak ada ketentuan khusus mengenai jenis olahraga yang harus dilakukannya.

Anda bisa memulai olahraga yang ringan, misalnya seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, yoga, senam maupun jenis olahraga apa pun yang sekiranya tidak membuat Anda merasa terbebani.

Ajaklah teman-teman yang sama-sama ingin menghentikan rokok

Tidak ada salahnya jika Anda ingin mengajak teman-teman yang memiliki niat yang sama, yaitu ingin menghentikan kebiasaan merokok. Dengan cara inilah yang akan mendorong Anda untuk lebih bersemangat melakukan olahraga agar kebiasaan buruk dapat Anda hindari secepat mungkin.

Ada banyak olahraga yang sangat asyik dilakukan bersama dengan teman-teman, misalnya seperti olahraga yoga, berenang, senam, jogging, bersepeda maupun yang lainnya. Karena olahraga tidak harus di luar rumah, di dalam rumah pun juga bisa Anda lakukan.

Berhenti merokok tidak harus menyiksa diri, karena Anda bisa melakukan olahraga secara rutin, yaitu cukup dengan 25 menit setiap harinya, maka Anda bisa mengurangi kebiasaan merokok sekaligus memiliki fisik yang lebih sehat.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Readers' stories of how they quit smoking. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/readers-stories-of-how-they-quit-smoking)
How exercise can help you to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320484)
Physical activity as an aid to smoking cessation during pregnancy: Two feasibility studies. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2559842/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app