Creambath, Hair Spa, Hair Mask: Mana Yang Lebih Baik?

Ketiga jenis perawatan rambut tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Namun sayangnya banyak yang belum mengetahui cara memilih perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi rambut. Untuk mengetahui perbedaan ketiganya dan jenis perawatan mana yang lebih baik, simak ulasan singkatnya dibawah ini.
Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Okt 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Creambath, Hair Spa, Hair Mask: Mana Yang Lebih Baik?

Rambut kini tidak hanya identik sebagai mahkota wanita, pria pun kini mulai memperhatikan penampilan rambutnya. Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan bebas masalah, perawatan harus Anda lakukan secara rutin. 

Tidak cukup dengan keramas, Anda juga dituntut pergi ke salon untuk melakukan serangkaian treatment seperti creambath, hair spa, dan juga hair mask.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Ketiga jenis perawatan rambut tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Namun sayangnya banyak yang belum mengetahui cara memilih perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi rambut. 

Untuk mengetahui perbedaan ketiganya dan jenis perawatan mana yang lebih baik, simak ulasan singkatnya dibawah ini.

Creambath

Creambath merupakan jenis perawatan rambut yang paling dasar dan dikenal sudah sejak lama. Bahan yang dipakai pada umumnya terbuat dari olahan yang bersifat alami dan tradisional seperti buah-buahan dan sayuran. Pemilihan bahan untuk creambath juga harus tepat sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala. 

Creambath biasa diaplikasikan pada rambut yang tidak begitu memiliki banyak masalah seperti rontok, rambut diwarnai, dan bercabang. Creambath dilakukan dengan cara mengoleskan krim secara merata pada rambut sembari dilakukan pemijatan dengan lembut.

Fungsi dari perawatan rambut ini adalah memberikan efek rileks serta melancarkan peredaran darah di kepala. Usai dipijat, rambut kemudian dibalut dengan handuk dan diuapi menggunakan mesin. 

Tujuannya untuk membuka pori-pori di kulit kepala agar nutrisi yang terdapat pada krim creambath bisa meresap sempurna.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Hair spa

Untuk membantu mengatasi berbagai masalah rambut rusak seperti kering, berminyak, kusam, hingga kaku, Hair Spa menjadi pilihan perawatan yang tepat. 

Hair spa bertujuan untuk menjadikan rambut Anda sehat secara keseluruhan dengan memberikan nutrisi pada akar rambut, merevitalisasi kulit kepala, serta menguatkan folikel rambut.

Karena bertujuan untuk menyehatkan rambut yang rusak, pada umumnya krim yang digunakan untuk hair spa lebih kaya kandungan vitaminnya. Selain itu ada tambahan minyak esensial sehingga aromanya lebih harum. 

Treatment ini juga terdiri dari pijatan ringan dan proses steam supaya sirkulasi darah pada kulit kepala menjadi lancar. Folikel rambut juga akan menyerap lebih banyak oksigen sehingga pertumbuhan rambut menjadi lebih baik.

Meski dari segi nutrisi yang diberikan, hair spa lebih unggul dari creambath, namun ada beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui. Perawatan rambut ini bisa membuat warna rambut semakin memudar. Selain itu harganya juga lebih mahal daripada creambath. 

Kebanyakan salon mematok harga sesuai dengan panjang pendeknya rambut. Semakin panjang rambut, maka makin mahal pula harganya.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Hair mask

Kerusakan rambut yang sudah sangat parah akibat terlalu sering gonta-ganti warna rambut, pelurusan, pengeritingan, bisa diatasi dengan melakukan hair mask. Perawatan terbaik ini bertujuan untuk menyamarkan kerusakan rambut sekaligus melembabkannya. 

Melakukan hair mask secara teratur akan membuat rambut terasa lebih tebal dan kuat serta membantu mencegah kerusakan rambut yang lebih parah.

Treatment ini tidak menggunakan pijatan rambut sama sekali. Tujuannya agar rambut tidak semakin rontok dan rusak. Terapis tetap akan memberikan pijatan di bagian anggota tubuh lainnya seperti leher, bahu, dan punggung.

Hair mask alami

Jika Anda tidak sempat pergi ke salon, beberapa bahan alami dibawah ini bisa dimanfaatkan sebagai krim hair mask. Anda bisa melakukan treatment hair mask di rumah dan rambut sehat nan tebal bisa Anda dapatkan.

1. Masker rambut dari pisang

2. Masker rambut dari alpukat

3. Masker rambut dari strawberry

4. Masker rambut dari yoghurt

5. Masker rambut dari oats

6. Masker rambut dari minyak kelapa

7. Masker rambut dari campuran susu dan madu

8. Masker rambut dari santan

9. Masker rambut dari madu dan minyak zaitun

10.  Masker rambut dari kuning telur

Merawat rambut menjadi keharusan bagi siapa saja baik itu pria maupun wanita. Jika rambut Anda mengalami kerusakan, cobalah menggunakan salah satu treatment yang disebutkan diatas. Sesuaikan saja dengan tingkat kerusakan yang rambut Anda alami. 

Perawatan rambut juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan masker dari bahan alami seperti pisang, minyak kelapa, madu dan susu, yoghurt, dan lain sebagainya.

 

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
5 Frizzy Hair Home Remedies, Plus Products and Prevention Tips. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/frizzy-hair-home-remedies)
10 Home Remedies for Dry Hair. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-dry-hair)
12 home remedies for dry hair. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321850)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app