Shandy Aulia Rajin Pilates, Seperti Apa Gerakan Pilates untuk Ibu Hamil?

Dipublish tanggal: Agu 1, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Shandy Aulia Rajin Pilates, Seperti Apa Gerakan Pilates untuk Ibu Hamil?

Baru-baru ini kabar bahagia datang dari Shandy Aulia. Artis berusia 32 tahun ini mengumumkan kehamilan anak pertamanya yang sudah memasuki usia kehamilan 3 bulan melalui media sosial miliknya. Yang menarik, para netizen sudah tidak lagi mengomentari waktu penantian Shandy Aulia dalam mendapatkan buah hati, melainkan rutinitas pilates yang terbiasa ia jalanilah yang membuat netizen cemas.

Momen kehamilan yang sudah ditunggu selama 7,5 tahun pun membuat Shandy telah mempersiapkan berbagai macam hal untuk memperlancar proses kehamilan dan persalinannya nanti. Salah satunya dengan melakukan olahraga pilates yang secara rutin telah dilakukannya sebelum kehamilan. Selain itu, usia kehamilan yang masih muda pun tidak membatasi aktivitas Shandy Aulia dalam melakukan olahraga pilates.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Menurut Shandy Aulia, berolahraga saat hamil sangat penting karena dari sebelum hamil hingga sekarang, dirinya telah rutin melakukan pilates untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Tetapi Shandy Aulia mengingatkan kepada para wanita untuk memahami kondisi tubuh masing-masing terutama ketika hamil serta meminta pendampingan dari instruktur profesional.

Manfaat pilates untuk ibu hamil

Pilates sendiri memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, di antaranya:

  • Mengurangi rasa sakit selama kehamilan
  • Memperkuat berbagai bagian otot
  • Melancarkan pernapasan
  • Menjaga berat badan ideal

Selain itu, senam pilates dapat membuat tubuh merasa rileks sehingga membuat ibu hamil dapat tidur lebih nyenyak dan mempercepat proses pemulihan pasca persalinan. Baca juga: 10 Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil

4 Contoh gerakan pilates untuk ibu hamil

Rutin berolahraga pilates sejak sebelum hamil hingga memasuki masa kehamilan tidak hanya membangun kekuatan, keseimbangan, dan stamina, tetapi juga dapat membantu mempermudah proses persalinan dan membuat ibu hamil merasa rileks dalam menjalani masa kehamilan hingga waktu melahirkan tiba. Pilates sendiri memiliki berbagai macam gerakan, berikut ini beberapa gerakan pilates untuk ibu hamil yang bisa dicoba:

1. Sword

Gerakan pilates untuk ibu hamil yang pertama adalah the sword. Anda hanya perlu berdiri dengan kaki dibuka sedikit lebih lebar dari pinggul dan letakkan tangan di pinggul lalu angkat salah satu tangan ke atas. Secara perlahan ayunkan tangan ke bawah dengan lutut ditekuk. Ganti sisi tangan dan ulangi. Manfaat gerakan pilates ini akan memperkuat otot kaki, otot punggung, dan otot perut serta menjaga keseimbangan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

2. Thigh Stretch

Awali gerakan pilates ini dengan menaruh lutut pada matras dengan lutut dibuka selebar pinggul, lalu tangan dibiarkan berada di samping tubuh. Jika lutut terasa sakit, tambahkan tumbukan handuk atau selimut di bawah lutut. Secara perlahan, angkat kedua tangan Anda setinggi bahu dengan telapak tangan berada di bawah sambil menarik napas panjang. Setelahnya, buang napas dan turunkan kedua tangan Anda perlahan. Gerakan pilates ini akan berguna untuk memperkuat bagian pinggul, bokong, perut, dan punggung bagian bawah.

3. Wag the Tail

Anda dapat berlutut lebih dulu dengan tubuh menghadap ke bawah lalu biarkan tumpuan tubuh berada pada kaki. Letakkan kedua tangan Anda pada matras selebar bahu. Pada gerakan pilates ini, biarkan badan bertumpu pada salah satu kaki dan kedua tangan. Perlahan, angkat salah satu kaki, misalnya kaki kiri terlebih dahulu lalu tekuk perlahan sambil menarik perut. Ulangi dan ganti sisi tubuh yang lain. Gerakan pilates ini bermanfaat untuk memperkuat punggung bagian bawah dan perut serta meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas.

4. Sword Arm

Berlututlah terlebih dahulu pada matras dan hadap ke bawah. Gerakan pilates ini akan bertumpu pada salah satu sisi tangan dan kaki saja. Mulailah menarik salah satu tangan ke atas dan menggeser kaki ke arah samping sejajar dengan tubuh bagian lainnya, ikuti dengan tarikan napas secara perlahan. Buang napas dan turunkan lengan ke posisi awal. Lakukan secara berulang dan ganti sisi tangan. Otot bagian lengan, perut, pinggul, dan punggung akan semakin terbentuk dan keseimbangan tubuh menjadi lebih baik jika Anda rutin melakukan gerakan pilates ini.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pregnancy Pilates: A Workout for the Whole 9 Months. Parents. (https://www.parents.com/pregnancy/my-body/fitness/a-pilates-workout-for-the-whole-9-months/)
Do Pilates to Support a Fit Pregnancy. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/pilates-and-pregnancy-2704627)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app