Carbomer : Manfaat,Efek Samping,dan Dosis

Update terakhir: Feb 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.081.227 orang

Saat mata kering pastinya Anda akan merasa sangat tidak nyaman, mata Anda terasa kering, terasa seperi ada suatu yang mengganjal dan gejala lainnya. Mata kering biasanya disebabkan karena pelumas yang tidak memadai pada air mata Anda. 

Mata kering bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja namun terjadinya mata kering lebih sering terjadi pada usia di atas 50 tahun, seseorang yang mengalami perubahan hormone,  kurangnya asupan makaan yang mengandung vitamin A dan penggunaan lensa kontak.

Penanganan mata kering bertujuan untuk mengurangi dan meringankan gejala yang timbul. Untuk penderita mata kering yang ringan, maka penderita dapat menggunakan obat pelumas mata atau yang dikenal dengan air mata buatan yang biasanya dikemas dalam bentuk obat tetes, gel dan salep mata yang dijual bebas di apotik. 

Khusunya pada artikel ini akan membahas salah satu pengobatan mata kering dengan obat Carbomer. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kegunaan, dosis dan efek samping obat Carbomer. Selamat membaca.

Apa sih kegunaan obat Carbomer?

Carbomer merupakan istilah yang digunakan untuk serangkaian polimer yang terutama dibuat dari asam akrilat. Obat Carbomer biasnaya digunakan untuk mengatasi mata kering. Obat ini digunakan sebagai pengganti air mata untuk mengatasi mata kering. 

Obat ini menyebar cepat di atas konjungtiva dan kornea membentuk film pelumas dengan waktu kontak yang lama.

Obat Carbomer pada umumya merupakan suatu senyawa polimer yang biasa digunakan di dunia kosmetik. Carbomer berwarna putih, bubuk halus tapi sering digunakan sebagai gel dalam kosmetik dan produk skin care lainnya. 

Carbomer dapat ditemukan dalam berbagai jenis produk termasuk kulit, rambut, kuku, dan produk rias, serta pasta gigi.

Berapa dosis obat Carbomer untuk pengobatan mata kering?

Obat Carbomer tersedia dalam sediaan gel dan obat tetes. Obat ini dapat diperoleh dengan atau tanpa resep dari dokter. Berikut dosis obat Carbomer yang biasa diberikan untuk pengobatan mata kering:

Dewasa
Sebagai obat gel 0,2-0,3%: teteskan 1 tetes ke lipatan konjungtiva dari mata yang kering 3-4 kali sehari atau sesuai kebutuhan, pemberian obat tergantung pada tingkat keparahan kondisinya.

Simpan dan letakan obat ini pada suhu ruangan dibawah 25 derajat celcius dan hindari paparan langsung dengan sinar matahari. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan letakan di lemari pendingin.

Apa saja efek samping obat Carbomer?

Hampir semua obat memiliki efek samping penggunaan, baik itu dalam bentuk tablet, injeksi, gel, obat tetes dan lain-lain. Berikut efek samping yang mungkin muncul pada penggunaan obat Carbomer (setiap individu mungkin mengalami efek samping yang berbeda-beda):

  • Penglihatan kabur
  • Kelopak mata mengeras
  • Iritasi kornea
  • Peningkatan produksi air mata
  • Edema periorbital dan konjungtiva
  • Ketidak nyamanan ocular seperi nyeri, gatal, dan kemerahan
  • Dermatitis kontak

Jika terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan di atas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan mengganggu aktivitas Anda, segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Perhatian dan peringatan obat Carbomer

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan Anda ingat sebelum atau saat menggunakan obat Carbomer:

  • Konsultasikan ke dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap penggunaan obat Carbomer atau obat-obatan lainnya. Serta riwayat penggunaan obat-obatan yang Anda konsumsi dan riwayat penyakit terdahulu
  • Hati-hati pengunaan obat ini pada ibu hamil dan menyusui. Sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter mengenai keamanan penggunaan obat Carbomer saat dalam kondisi tersebut
  • Jika Anda pengguna lensa kontak. Sebaiknya lepas lensa kontak Anda sebelum menggunakan obat ini dan gunakan kembali setelah 30 menit obat di teteskan atau dioleskan
  • Obat ini dapat menyebabkan penglihatan kabur sementara, jika hal ini terjadi, sebaiknya hindari aktvitas seperti mengemudi atau mengoperasikan mesin serta aktivitas berat lainnya
  • Bersihkan tangan Anda sebelum atau sesudah menggunakan obat ini

Jika setelah menggunakan obat ini tidak ada perbaikan pada kondisi mata Anda atau terjadi perburukan kondisi. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit