Cara Praktis dan Cepat Menghilangkan Komedo pada Wajah

Dipublish tanggal: Jul 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Praktis dan Cepat Menghilangkan Komedo pada Wajah

Selain jerawat, komedo juga merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Meskipun efek komedo tidak seperti jerawat yang menimbulkan kemerahan, pembengkakan, ataupun rasa nyeri namun komedo tetap saja mengganggu penampilan karena terkadang akan mengurangi rasa percaya diri dan menyebabkan wajah menjadi kurang halus karena kemunculan komedo.

Komedo pada umumnya disebabkan oleh keringat dan sel kulit mati yang terkumpul menjadi satu pada ujung luar folikel rambut. Berdasarkan bentuknya, komedo dibedakan menjadi dua, yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kesehatan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 2
  • Komedo hitam atau komedo terbuka (blackheads)
  • Komedo putih atau komedo tertutup (whiteheads)

Komedo terbuka terjadi di permukaan kulit dan berada dalam kondisi terbuka, hal inilah yang membuat kulit menghasilkan minyak berlebih. Minyak berlebih (sebum) pada permukaan kulit tersebut akan terkena udara dan sinar matahari serta akan mengalami oksidasi. Hal tersebut yang menyebabkan komedo berwarna hitam. Maka penyebab komedo hitam yang sebenarnya bukanlah pori-pori yang tersumbat, melainkan efek oksidasi dari minyak yang terkena udara.

Sementara komedo tertutup terjadi di bawah permukaan kulit dan berada dalam kondisi yang tertutup. Penyebab dari komedo putih ini disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat dan membesar. Jika dibandingkan dengan komedo hitam, komedo putih lebih sulit dilihat karena berada di bawah permukaan kulit. 

Sehingga untuk mengetahui jenis komedo yang ada pada kulit Anda, Anda perlu menekan pori-pori kulit. Komedo sendiri merupakan jenis jerawat ringan yang dapat dibantu atasi melalui proses facial, namun jika Anda ingin menggunakan cara alami untuk menghilangkan komedo ini Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut.

Cara menghilangkan komedo pada wajah

1. Menggunakan masker wajah

Saat ini sudah banyak produk kecantikan yang dijual di pasaran, termasuk masker wajah yang khusus digunakan untuk mengangkat komedo. Biasanya masker yang diproduksi mengandung bahan tanah liat (clay mask) yang dianggap mampu mengangkat sisa-sisa polutan dan komedo. Selain itu, bahan tanah liat (clay mask) juga mampu membersihkan wajah secara mendalam serta memiliki penyerapan yang baik sehingga mampu mengurangi minyak di wajah.

Anda dapat menggunakan masker tanah liat (clay mask) dua minggu sekali, tetapi jangan menggunakan masker tanah liat terlalu sering karena akan membuat kulit kering dan lebih tipis.

Baca juga: Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

2. Menggunakan pore strip

Berbagai produk pore strip memiliki manfaat untuk mengangkat komedo yang menempel terutama pada bagian hidung. Pore strip yang berbentuk seperti sticker biasanya ditempelkan ke area yang memiliki banyak komedo seperti hidung. Setelah Anda tempelkan pore strip, tunggu selama 15-20 menit. Setelahnya lepas pore strip secara perlahan. Saat pore strip dilepas, Anda bisa melihat adanya bekas komedo yang menempel pada pore strip.

3. Menggunakan pembersih wajah

Wajah yang kotor dapat memicu munculnya komedo, karena itu Anda perlu menjaga kebersihan kulit wajah. Untuk membantu membersihkan wajah dan mencegah komedo, Anda bisa menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung asam salisat atau asam glikolik. Asam salisat dan asam glikolik memiliki fungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Selain itu, kedua asam tersebut dapat membuat wajah terhindar dari pembengkakan dan kemerahan.

Saat ingin membersihkan wajah, basahi wajah Anda terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih. Lalu letakkan cairan pembersih pada muka dan pijat secara lembut. Hindari terkena mata atau kulit yang luka. Tetapi untuk menghindari alergi pada wajah, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan produk pembersih wajah tersebut. Cara menggunakan pembersih ini juga sangat mudah, sama seperti menggunakan sabun pembersih muka.

Baca juga: Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

4. Menggunakan gosok gigi

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, tetapi gosok gigi juga dapat membantu menghilangkan komedo membandel yang menempel pada wajah. Pilihlah sikat gigi yang lembut dan jangan menyikat terlalu keras karena bisa melukai wajah.

Anda dapat menggunakan sikat gigi ke dalam campuran baking powder serta odol (pasta gigi) untuk mencegah bakteri atau kuman masuk ke dalam pori-pori kulit. Setelahnya, tempelkan campuran tersebut pada bagian wajah yang berkomedo. Gosok secara perlahan dengan gosok gigi, lalu diamkan selama beberapa menit. Lalu bilas muka dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka.

5. Menggunakan pasta gigi

Selain membersihkan gigi, pasta gigi juga bisa menghilangkan komedo. Pilihlah pasta gigi yang mengandung mint, fluoride, dan mineral karena dapat membantu menghaluskan kulit wajah yang kasar akibat adanya komedo. Cara menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan komedo pada wajah juga cukup mudah, yaitu cukup oleskan pasta gigi ke area wajah yang memiliki banyak komedo, lalu gosok secara perlahan. Diamkan selama 3-5 menit dan bilas wajah dengan air bersih.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Blackhead Removal, Treatment & Pictures. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/blackheads/article.htm)
Blackhead removal: Things to consider. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/311991.php)
How to Get Rid of Blackheads: 12 Ways. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-blackheads)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Ketahui Cara Alami Dalam Mengatasi Komedo
Ketahui Cara Alami Dalam Mengatasi Komedo

Jika dibiarkan, tumpukan komedo ini bisa terinfeksi bakteri dan meradang yang akan membentuk jerawat. Kalau sudah seperti ini, anda tentu baru menyadari pentingnya menghilangkan komedo dari wajah.

Buka di app