GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Cara Mudah Membersihkan Komedo Membandel di Wajah

Dipublish tanggal: Agu 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Mudah Membersihkan Komedo Membandel di Wajah

Siapa sih yang tak risih ketika wajahnya penuh dengan komedo? Baik pria maupun wanita pasti merasa tidak nyaman jika terdapat komedo atau jerawat pada wajah. Karena hal tersebut tentunya mempengaruhi penampilan dan mengurangi tingkat percaya diri seseorang. 

Dengan adanya komedo sebenarnya tidak menyebabkan rasa sakit, kemerahan, nyeri, maupun pembengkakan seperti halnya jerawat. Namun adanya komedo ini harus dihilangkan jika ingin tampil lebih maksimal. Komedo sendiri dapat disebabkan oleh faktor keringat dan sel kulit mati yang menumpuk sehingga menyebabkan folikel rambut membesar. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Baca juga: Cara Alami Mengangkat Sel Kulit Mati

Mengenal jenis komedo

Ada dua jenis komedo yang biasanya dialami, yaitu komedo terbuka (blackheads) dan komedo tertutup (whiteheads). Dari istilah tersebut, mungkin dapat langsung dipahami bahwa komedo ternyata tak hanya berwarna putih yang biasa muncul di area hidung, melainkan juga berwarna hitam. Yang membedakan adalah lokasi komedo, di mana komedo tertutup akan berada di bawah kulit. Sebaliknya, komedo terbuka berada di permukaan kulit.

Warna hitam pada komedo (blackhead) sering terjadi akibat paparan udara dan teroksidasi. Jadi warna hitam pada hidung bukan karena kotoran yang menempel, melainkan hasil dari oksidasi minyak dengan udara.

Cara mudah membersihkan komedo menempel di wajah

Sama halnya dengan jerawat, adanya komedo baik whiteheads maupun blackheads tentu sangat mengganggu penampilan. Untuk itu, wajar jika banyak orang yang berupaya menghilangkannya dengan menerapkan cara-cara berikut:

1. Gunakan Pore Strips

Salah satu cara menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan pore strips yang banyak dijual di toko maupun apotek. Bentuknya berupa stiker yang digunakan dengan cara ditempel pada bagian wajah yang berkomedo seperti hidung maupun area lainnya. Diamkan selama 15-20 menit pada hidung, kemudian lepaskan pore strips tersebut secara perlahan.

Komedo yang menempel pada hidung akan ikut tertarik keluar pada saat strips dilepas. Untuk mengurangi ukuran pori-pori, gunakanlah toner setelah melepas pore strips. Meskipun penggunaan pore strips ini efektif untuk menghilangkan komedo yang tertempel di kulit, namun produk ini tidak mampu mencegah munculnya komedo. Gunakanlah pore strips setiap seminggu sekali, kemudian diikuti dengan perawatan kulit wajah lainnya untuk meminimalisir pertumbuhan komedo.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

2. Gunakan Masker Tomat

Selain menggunakan produk-produk hasil olahan pabrik, komedo juga bisa dihilangkan secara alami. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tomat sebagai masker wajah. Masker tomat juga efektif untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga mencegah bakteri masuk untuk membentuk jerawat maupun komedo. 

Menggunakan bahan tomat untuk masker wajah ini didukung oleh kandungan likopen yang bersifat antioksidan dan terbukti ampuh mencegah maupun menghilangkan komedo. Sel-sel kulit mati pun juga ikut terangkat sehingga wajah akan terlihat lebih bersih.

Berikut ini cara membuat masker tomat dengan mudah:

  • Cuci dan bilas tomat hingga bersih terlebih dahulu
  • Setelahnya, tumbuk atau blender tomat hingga halus
  • Jika sudah halus, oleskan pada permukaan kulit wajah secara menyeluruh dan merata, terutama pada bagian berkomedo seperti hidung 

Diamkan masker tomat selama 30 menit sampai mengering, lalu bilas dengan air dingin. Untuk hasil yang terbaik, aplikasikan masker tomat ini secara rutin misalnya seminggu sekali.

Baca juga: Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo

3. Gunakan Masker Putih Telur

Di samping masker tomat, ada juga alternatif cara alami lain yang bisa dicoba yaitu masker dengan putih telur. Kandungan protein dalam putih telur inilah yang efektif mengecilkan pori-pori wajah yang terbuka. Selain itu, kandungan magnesium di dalam putih telur juga akan menyerap minyak berlebih. Kombinasi protein dan magnesium akan bersama-sama membantu mengurangi komedo yang menempel di wajah.

Cara membuat masker putih telur dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan memisahkan putih telur dari kuning telur terlebih dulu. Paling tidak gunakan satu atau dua butir telur kemudian kocok putih telur supaya tidak terlalu kental dan oleskan pada wajah hingga merata. Tunggu sampai 15 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukanlah 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Blackhead Removal, Treatment & Pictures. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/blackheads/article.htm)
Blackhead removal: Things to consider. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/311991.php)
How to Get Rid of Blackheads: 12 Ways. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-blackheads)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app