Perawatan Tubuh

Cara Menguruskan Badan

Dipublish tanggal: Mar 11, 2019 Update terakhir: Mar 21, 2020 Tinjau pada Mar 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cara Menguruskan Badan

Ya siapa sih diantara kamu yang tidak ingin memiliki badan yang kurus dan langsing. 

Di jaman sekarang ini, definisi badan ideal bagi sebagian besar masyarakat dunia ialah bila kaum wanita memiliki badan yang langsing, perut yang rata dan cenderung kurus, sedangkan definisi badan ideal bagi kaum pria ialah bila memiliki badan yang tinggi serta six packs dengan perut yang rata. 

Stereotipe ini bisa tercipta umumnya disebabkan oleh pengaruh film dan pandangan masyarakat bahwa cantik itu ialah kurus. Ganteng itu ialah six pack. Nah untuk kamu yang memiliki badan yang kurus dan six pack, maka kamu harus bersyukur dan menjaganya, namun bila kebalikannya, kamu mempunyai badan yang cenderung gemuk dan perut yang bergelambir, kamu tidak perlu berkecil hati karena disini khusus untuk kamu akan dibahas bagaimana cara menurunkan berat badanmu. Yuk simak lebih lanjut dibawah ini.

Cara Alami dalam Menguruskan Badan

Di jaman sekarang ini, untuk menurunkan berat badan memang bukan hal yang sulit. Banyak sekali produk-produk kesehatan, obat-obatan dan klinik-klinik kecantikan yang menawarkan produk untuk menurunkan berat badan secara instan. 

Bahkan sedot lemak sekarang ini bukanlah hal yang aneh lagi di jaman milenial sekarang ini. 

Namun daripada membeli obat-obatan dan produk instan yang belum pasti efek sampingnya. Mendingan kamu cek dahulu 4 cara alami yang rutin dapat kamu lakukan dibawah ini yang dijamin bisa membuat berat badanmu menurun.

1. Perbanyak Aktivitas Fisik

Aktifitas fisik mulai dari intensitas ringan seperti jalan kaki, yoga, taichi dapat membantu pembakaran lemak berlebih. Namun apabila kamu ingin melihat hasil yang lebih cepat dan signifikan olahraga intensitas tinggi seperti lari, aerobic, muay-thai dapat kamu coba.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua olahraga intensitas tinggi cocok untuk semua orang. Mereka yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) terumata, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga ahli sebelum menentukan olahraga yang cocok. Aktvitas fisisik yang dianjurkan yaitu 5 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit.

2. Mengontrol makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh

Untuk kamu yang ingin diet, kamu harus mengontrol semua asupan yang masuk ke dalam tubuhmu, karbohidrat dan lemak ialah dua hal yang harus kamu batasi untuk masuk ke perutmu, sedangkan serat dan protein bisa kamu tambahkan sebagai asupan sehat bagi tubuhmu. Gunakan lemak baik seperti olive oil, miyak zaitun alpukat dan kacang-kacangan.

Contohnya, kamu harus mengurangi konsumsi nasi putih, kamu bisa menggantinya dengan nasi merah yang kaya serat, daging-daginganpun dikurangi, diganti dengan ikan dan telur, perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk kebutuhan serat dalam tubuhmu.

Membatasi kalori makanan pada wanita 1200-1500kalori perhari dan pada pria 1500-1800 kalori perhari.

3. Detox tubuh dengan buah

Dalam proses diet dan penurunan berat badan, sebaiknya kamu mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan yang terbukti sehat dan memiliki sumber vitamin yang penting untuk tubuh kamu. 

Konsumsilah buah yang kaya akan antioksidan untuk membantu proses detoksifikasi dalam tubuhmu. Proses detoksifikasi sendiri memilik arti untuk membuang segala racun atau zat jahat dalam tubuhmu. 

Berikut ialah buah yang kaya akan antioksidan dan baik untuk membantu proses detoksifikasi tubuh kamu seperti buah naga, buah pome atau delima, buah anggur, buah bit, kelompoh buah berries seperti strawberry, blueberry,dan semacamnya

4. Hindari Mengonsumsi Garam dengan Kadar yang Banyak

Garam yang disarankan pada tubuh sebanyak 2000-3000mg perhari atau kurang dari 1 sendok teh. Tahukah kamu bahwa garam memiliki sifat untuk mengikat air ? Pengkonsumsian garam dalam jumlah yang banyak akan membuat air terikat dalam tubuhmu lebih banyak lagi sehingga menyebakan penumpukanair di dalam tubuh . 

Hindari cemilan yang banyak mengandung lemak seperti snack, keripik dan sejenisnya.

Cara Instan dalam Menurunkan Berat Badan

Selain cara-cara alami diatas, disini khusus untuk kamu akan diinfokan mengenai cara yang sedang HITS dan banyak dilakukan oleh para pesohor dunia termasuk artis-artis Indonesia seperti Ivan Gunawan. 

Sedot Lemak

Ya. Sedot Lemak atau liposuction ialah prosedur medis atau operasi untuk menghilangkan lemak yang tidak diinginkan. Sedot Lemak bisa dilakukan baik untuk perempuan ataupun laki-laki. Pada kaum hawa, area paha, perut dan pinggul merupakan area favorit untuk disedot lemaknya. 

Perlu diketahui ketika kamu ingin melakukan sedot lemak, kamu diharuskan dalam kondisi sehat dan bukan perokok. 

Operasi sedot lemak bisa dilakukan oleh dokter ahli bedah plastik dan dilanjutkan oleh dokter kulit untuk pemulihan kulit yang sudah disedot lemaknya. 

Resiko Sedot Lemak

Memang cara ini terkesan instan dalam mengurangi lemak tubuhmu, namun tetap ada resiko yang mengincar para peserta sedot lemak ini seperti pendarahan, infeksi, memar, perubahan warna kulit, dan mati rasa pada bagian yang disedot lemaknya. 

Resiko yang parah juga dapat berupa pembekuan darah atau gumpalan lemak yang bergerak melalui aliran darah menuju paru-paru atau otak.

Demikianlah berbagai macam cara alami dan cara instan yang dapat kamu tempuh dalam menurunkan berat badanmu. Apapun pilihanmu, baiknya kamu menerapkan pola hidup sehat dan mengontrol makanan yang masuk ke tubuhmu untuk hasil yang optimal.

 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
12 Steps to Manage Your Weight - Weight Center. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/weight/weight-management.aspx)
Siddhi, Viviana. (2017). How to Manage Body, Mind and Spirit?. Journal of Yoga & Physical Therapy. 07. 10.4172/2157-7595.1000279.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/322679059_How_to_Manage_Body_Mind_and_Spirit)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app