Cara Memanjangkan Bulu Mata Bagi Wanita

Dipublish tanggal: Sep 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Memiliki bulu yang panjang mata dapat meningkatkan kecantikan bagi sebagian wanita. Aura kecantikan yang ditampilkan rasanya jauh lebih terpancar dan membuat bagian wajah lebih indah. 

Demi mendapatkan bulu mata panjang, tak jarang wanita melakukan berbagai cara hingga mengeluarkan uang yang banyak. Bahkan memakai cara yang cukup berbahaya bagi kesehatan apalagi bagi mata.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan juga indah, Anda tak perlu repot untuk mencoba berbagai cara yang mungkin dapat membahayakan mata. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan bulu mata panjang dan mempercantik penampilan Anda. 

Namun semua itu dapat dilakukan hanya dengan memperhatikan perawatan bulu mata secara baik dan tepat. Sehingga ketika nantinya bulu mata yang diidamkan sudah didapatkan, bulu mata indah tersebut dapat dipertahankan secara lama.

Merawat Bulu Mata yang Baik

Agar pesona kecantikan dari bulu mata Anda dapat dilihat orang dalam waktu lama, maka Anda dapat menggunakan beberapa cara dibawah ini :

  1. Rutin secara berkala mengganti maskara yang digunakan 3 sampai 6 bulan sekali.
  2. Jangan sembarangan untuk mencabut atau menggosok bagian bulu mata. Hal tersebut dapat membuat bulu mata rontok dan bisa lepas dari akarnya.
  3. Rajin untuk membersihkan alat kosmetik untuk bulu mata seperti maskara. Hilangkan kotoran atau gumpalan yang menempel pada maskara secara rutin.
  4. Hentikan pemakaian kosmetik atau maskara saat mata terkena infeksi.

Perawatan yang baik dan tepat akan menjaga bulu mata tetap pada kondisi yang memesona. Tanpa perawatan, tambahan apapun untuk mempercantik bulu mata akan sia-sia saja. Selain itu, jika dirasa ada hal yang tak bisa ditangani oleh Anda sendiri, jangan malu untuk bertanya kepada ahli atau dokter untuk membantu mengatasinya.

Memperpanjang Bulu Mata

Setelah hal yang paling mendasar dan penting tentang perawatan bulu mata sudah diketahui, sekarang saatnya memberikan cara-cara yang bisa dipakai untuk memperpanjang bulu mata. Berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mempepanjang bulu mata :

Menggunakan Castor Oil

Castor Oil atau kita sering menyebutnya minyak jarak, dapat digunakan untuk menambah panjang dan cantiknya bulu mata. Minyak jarak seringkali digunakan untuk meningkatkan kualitas dan panjang rambut dan jenis bulu pada kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Zat Ricinoleic Acid yang diduga terdapat pada minyak jarak mampu membantu pertumbuhan rambut termasuk juga bulu mata. Tentu saja penggunaan minyak jarak ini perlu untuk diiringi dengan anjuran dokter lebih dulu.

Obat Glaukoma dari Dokter

Glaukoma adalah sakit atau tekanan yang dialami oleh mata sehingga menyebab iritasi. 

Umumnya kita menemui obat glaukoma dalam bentuk obat tetes mata. Pada penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Rumah Sakit Umum Southampton dan Universitas St Louis di AS menganalisa efek dari aplikasi sehari-hari Bimatoprost ke kelopak mata bagi pasien dengan hypotrichosis idiopatik atau kehilangan bulu mata. 

Ternyata aman dan efektif dalam menumbuhkan bulu mata dan dapat diaplikasikan langsung pada kelopak mata. Pada penelitian sebelumnya, durasi pertumbuhan terbatas hingga empat bulan saja.

Selain itu, obat glaukoma yang dianggap sukses dalam menumbuhkan bulu mata adalah yang memiliki kandungan prostaglandin. Umumnya pemakaian obat ini untuk mengurangi tekanan tinggi pada bola mata. Namun efek sampingnya ternyata juga dapat menumbuhkan bulu mata.

Harap untuk diingat, meskipun beberapa obat diatas memiliki kemampuan menumbuhkan bulu mata, tetaplah untuk mengonsultasikannya kepada dokter. Agar nantinya tak ada penggunaan berlebih ataupun yang membahayakan mata.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Lidah buaya

Salah satu cara tradisional yang sampai kini masih digunakan oleh masyarakat. Lidah buaya dipercaya memiliki khasiat khususnya pada bagian tubuh yang ditumbuhi rambut. 

Perawatan menggunakan gel atau zat yang terdapat pada lidah buaya dapat menumbuhkan dan mempercantik bulu mata. Namun belum ada penelitian khusus mengenai hal tersebut untuk membuktikannya.

Mempercantik diri merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh wanita. Bulu mata salah satu daya tarik yang dapat menambah kecantikan seorang wanita. Setelah mengetahui cara-cara diatas, semoga Anda bisa memiliki referensi dalam mempercantik diri dengan memanjangkan bulu mata. 

Tetapi satu hal yang jangan juga dilupakan yakni fungsi utama bulu mata itu sendiri untuk melindungi mata. Mempercantik bulu mata tentu saja boleh tapi jangan sampai malah membuat mata menjadi kesulitan untuk melihat.


14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Law SK. (2010). Bimatoprost in the treatment of eyelash hypotrichosis. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2861943/)
Gibson LE. (2015). Is there a medication to thicken eyelashes? (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/latisse/faq-20058367)
Bitton E, et al. (2017). Effects of LATISSE (bimatoprost 0.03 per cent topical solution) on the ocular surface. DOI: (http://doi.org/10.1111/cxo.12507)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app