Cara Mudah Merawat Bulu Mata Supaya Lebat dan Lentik

Dipublish tanggal: Jul 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Mudah Merawat Bulu Mata Supaya Lebat dan Lentik

Mata merupakan salah satu organ penglihatan yang sangat penting, tidak hanya untuk melihat, tetapi juga dalam hal penampilan. Tidak hanya mata yang perlu dirawat, tetapi bulu mata yang lebat dan lentik menjadi salah satu impian banyak wanita. Bulu mata sendiri berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran sehingga pada bulu mata biasanya terdapat bakteri dan kotoran yang menempel. 

Sebagian orang menganggap salah satu cara untuk membuat bulu mata panjang dan lentik adalah dengan mengaplikasikan penggunaan maskara. Padahal pemakaian maskara yang terlalu sering justru tidak baik untuk kesehatan bulu mata itu sendiri. Karena bulu mata merupakan bagian mata yang cukup rapuh, sehingga ada banyak hal yang menyebabkan bulu mata menjadi mudah rontok. Salah satu penyebab bulu mata rontok adalah ketika mata terkena kotoran atau debu, Anda secara tidak sengaja akan mengusap mata termasuk bulu mata.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Saat membersihkan kosmetik pada bagian mata atau setelah menggunakan maskara, ada baiknya untuk tidak terlalu menekan atau menggosok bagian sekitar mata terlalu keras. Jika ingin membersihkan mata setelah make up dan pemakaian maskara sebaiknya tuang terlebih dahulu make up remover pada kapas. Lalu tutup mata Anda dan tempelkan kapas itu selama beberapa detik lalu usap secara perlahan.

Cara merawat bulu mata supaya lebat dan lentik

1. Membersihkan bulu mata secara rutin dan jangan berbagi alat make up

Seperti bagian tubuh lainnya, bulu mata juga perlu dibersihkan setiap hari. Membersihkan bulu mata dapat menggunakan micellar water atau make up remover. Usahakan jangan sampai meninggalkan sisa make up pada bulu mata karena dapat merusak bulu mata. 

Selain itu, supaya bulu mata tetap bersih, usahakan jangan berbagi alat make up terhadap siapa pun. Walaupun hal ini biasanya sulit dilakukan karena biasanya wanita cenderung suka mencoba make up teman atau menawarkan kepada teman untuk mencoba make up miliknya. Tetapi hal ini perlu dipertimbangkan dan tidak dianjurkan, karena berbagi make up dengan orang lain dapat menjadi media yang memudahkan terjadinya pertukaran bakteri.

2. Kurangi pemakaian bulu mata palsu

Seringkali perempuan menggunakan cara instan untuk membuat bulu mata terlihat panjang dan lentik, salah satunya adalah dengan menggunakan bulu mata palsu. Pemakaian bulu mata justru dapat membuat kerusakan pada bulu mata asli Anda karena lem yang digunakan untuk merekatkan bulu mata terbuat dari bahan kimia yang dapat membuat alergi, iritasi, serta membuat bulu mata semakin rapuh. Selain itu, jika Anda tidak hati-hati saat melepas bulu mata palsu, maka bulu mata asli Anda akan ikut tercabut dan mengurangi jumlah bulu mata asli Anda. 

Baca juga: Risiko Bahaya Dari Ekstensi Bulu Mata Yang Perlu Diwaspadai

3. Gunakan vitamin, serum, atau conditioner bulu mata

Tidak hanya rambut di kepala yang membutuhkan vitamin, serum ataupun conditioner, melainkan bulu mata juga membutuhkan perawatan khusus. Vitamin yang bisa dioleskan secara langsung dan memiliki manfaat untuk kesehatan bulu mata, yaitu vitamin E. Vitamin E mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membatu pertumbuhan bulu mata menjadi lebih sehat dan tebal. Vitamin E juga berfungsi meningkatkan sirkulasi folikel rambut.

Baca juga: Cara Efektif Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata

Saat ini sudah ada banyak produk yang menjual serum bulu mata. Serum bulu mata ini memiliki banyak fungsi, termasuk membuat bulu mata menjadi lebih sehat, panjang, lentik, dan tebal. Serum bulu mata biasanya digunakan pada malam hari sebelum tidur dan setelah mandi. 

Sementara itu, conditioner bulu mata yang biasanya mengandung petroleum jelly memiliki manfaat untuk melembabkan dan memperkuat bulu mata. Jika bulu mata kuat maka dapat mencegah rontoknya bulu mata sebelum waktunya sehingga bulu mata dapat tumbuh panjang. Sama seperti serum bulu mata, petroleum jelly ini sebaiknya digunakan saat malam hari.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
5 tips to care for eyelash extensions for first-timers. Her World Singapore. (https://www.herworld.com/beauty/5-tips-care-eyelash-extensions-first-timers-oil-cleanser-micellar-water-steam-sleep/)
How To Take Care Of Your Eyelashes, Because You Really Should. HuffPost. (https://www.huffpost.com/entry/eyelash-care-101_n_56c5fc49e4b0c3c55054055f)
Magnetic Fake Lash Extensions: Are They Safe?. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/magnetic-lashes-safety)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app