HEALTH SHOP

Penyakit

Obat

Cari Rumah Sakit

Tanya Dokter

Artikel

Hewan Peliharaan

Apotik

ติดต่อเรา

Temukan info penyakit, obat-obatan, rumah sakit, dan artikel kesehatan lainnya di sini

Ambeien Cefuroxime Acyclovir Ranitidin
Bekas Luka

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka

Update terakhir: May 20, 2019 Tinjau pada Jun 20, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 740.186 orang

Adakalanya penyembuhan luka tidak sebaik yang kita harapkan, artinya ketika luka menyembuh ia malah meninggalkan bekas, tentu bekas luka ini akan merusak penampilan apalagi luka terletak di wajah atau bagian tubuh lain yang mudah terlihat. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita mengetahui cara menghilangkan bekas luka yang ampuh dan terbukti efektif.

Tahukah Anda, luka lecet atau ringan akan menyembuh dengan sempurna tanpa meninggalkan bekas. Luka akan menimbulkan bekas karena pembentukan jaringan parut (scar) yang biasanya terjadi pada luka yang dalam, misalnya luka robek karena KLL, luka yang memerlukan jahitan, luka bakar, terkena kenalpot atau bekas luka jerawat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

bekas luka jahitan

Pada kesempatan kali ini akan saya share cara menghilangkan bekas luka secara alami dan medis yang sudah terbukti efektif meminimalisir atau menyamarkan bekas luka bahkan menghilangkannya dengan tuntas. Berikut caranya:

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

Jus Lemon Jus lemon mengandung alpha hydroxy acids (AHA) yang memiliki fungsi peremajaan kulit sehingga membantu menggantikan sel-sel kulit yang mati dan rusak dengan sel-sel kulit yang baru serta membantu mengembalikan tampilan kulit normal. Disamping itu, jus lemon juga bermanfaat sebagai agen eksfoliatif ringan yang membantu proses regenerasi dan menghilangkan bekas jerawat. Gunakan bola kapas steril untuk menerapkan jus lemon pada kulit bekas luka setelah kulit dicuci bersih. Diamkan selama 10 menit, lalu Cuci kulit dengan air mengalir. Selama memakai jus lemon hindari paparan langsung sinar matahari karena dapat membuat kulit sensitif. Jika kulit terasa sakit, memerah atau pedih, hindari pemakainnya untuk beberapa hari.

Madu Madu murni dapat berfungsi sebagai pelembab alami, juga membantu mempromosikan regenerasi sel kulit dan dapat membantu menghilangkan bekas luka. Untuk hasil terbaik campurlah madu dengan baking soda (1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh baking soda), pijatkan pada wajah atau bekas luka selama 3 sampai 4 menit, lalu bersihkan.

Kunyit, Yogurt dan Jus Lemon Ambil mangkuk kecil dan tambahkan 4 sampai 5 tetes jus lemon, ½ sdt kunyit dan 1 sdt yoghurt. Campur bahan lembut dan oleskan pada bekas luka selama 10 menit. Andapun akan merasakan perbedaan yang signifikan dalam beberapa hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Jus Bawang Merah Jus bawang memiliki sifat anti-inflamasi, merangsang produksi kolagen kulit sehingga dapat berperan sebagai agen pengisi (filler). Karena manfaat jus bawang yang luar biasa ini, berbagai produsen menjual Jel bawang merah untuk menghilangkan bekas luka secara efektif. Jus bawang bekerja lambat dan mungkin memakan waktu berbulan-bulan untuk menghasilkan efek nyata sehingga dibutuhkan kesabaran.

Jel Lidah Buaya Jel Lidah Buaya atau Aloe vera gel memiliki kemampuan luar biasa dalam mempromosikan regenerasi sel kulit. Selain itu dapat memberi efek menenangkan ketika dioleskan pada kulit, karena akan mengurangi inflamasi dan pembengkakan. Gel lidah buaya tersedia secara komersial dalam bentuk lotion, gel dan salep. Akan tetapi yang terbaik adalah menggunakannya dalam keadaan mentah dan belum diolah. Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya ini cukup mudah, yaitu dengan cara mematahkan kulit lidah buaya maka gel akan keluar lalu oleskan pada bekas luka setidaknya 2 - 3 kali sehari.

Minyak Zaitun (Olive Oil) Minyak zaitun berperan baik sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas luka karena sifat keasaman yang tinggi dan fungsi antioksidan yang terkandung di dalamnya. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin yang dapat meremajakan kulit seperti Vitamin E dan Vitamin K. Cara menggunakannya: ambil sejumlah kecil minyak zaitun di telapak tangan dan gunakan jari untuk memijat lembut minyak zaitun di seluruh bekas luka. Gosok perlahan dan biarkan selama 10 menit, kemudian dibersihkan dengan mencuci atau mengelap dengan kain bersih.

Pilihlah salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami di atas yang kira-kira mudah untuk dilakukan, namun jika Anda masih belum mendapatkan hasil yang maksimal, silahkan mengikuti cara perawatan profesional di bawah ini.

Cara Medis Menghilangkan Bekas Luka

Cara ini terbukti ampuh menghilangkan bekas luka, namun tidak bisa Anda lakukan sendiri di rumah, melainkan harus dilakukan oleh tenaga profesional (dokter) dan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Terapi Laser Sinar laser memberikan energi cahaya intens yang dapat mengurangi pigmentasi (penghitaman kulit) sehingga efektif menghilangkan bekas luka yang menghitam, dan bekas luka terutama pada wajah. Terapi Laser adalah salah satu prosedur yang paling direkomendasikan saat ini.

Operasi atau Bedah Merupakan prosedur yang melibatkan operasi pengangkatan bekas luka terutama untuk bekas luka yang sangat menonjol.

Dermabrasi Digunakan pada bekas luka yang kasar atau tidak rata dengan kulit, dermabrasi akan membuat kulit terlihat lebih halus dan lembut, sehingga akan menyamarkan bekas luka.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)