HEALTH SHOP

Penyakit

Obat

Cari Rumah Sakit

Tanya Dokter

Artikel

Hewan Peliharaan

Apotik

ติดต่อเรา

Temukan info penyakit, obat-obatan, rumah sakit, dan artikel kesehatan lainnya di sini

Sariawan Asam Lambung Ketoconazole Gusi Bengkak
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Perawatan Wajah

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Update terakhir: DEC 12, 2019 Tinjau pada DEC 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.783.222 orang

Menghilangkan Jerawat secara alami dapat membantu mengobati jerawat yang sudah ada dan mencegah munculnya jerawat di kemudian hari.

Cara  alami menghilangkan jerawat bisa sama efektifnya dengan obat-obatan. Bahkan mungkin lebih manjur. Terkadang, semua kebutuhan tubuh Anda adalah keseimbangan gizi yang tepat dan perawatan kulit yang tepat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cara Alami Menghilangkan Jerawat akan memperhatikan aspek-aspek khusus sesuai dengan kondisi jerawat yang ada, sekaligus bekerja secara menyeluruh sebagai pencegahan agar jerawat tidak kambuh lagi.

Menghilangkan Jerawat secara alami ini umumnya lebih aman daripada obat kimia dan biasanya memerlukan biaya yang jauh lebih sedikit. Karena bahan-bahan yang digunakan mudah didapat, bahkan umumnya sudah tersedia di rumah.

Berikut cara alami menghilangkan jerawat :

Gunakan es kemudian kompres hangat

Rasa dingin (es) akan mengurangi kemerahan dan meredakan peradangan. caranya : bungkuslah es batu dengan tissue yang bersih, kemudian tempelkan pada wajah yang ada jerawatnya tahan selama 5-10meniy ) lakukanlah dua kali sehari atau setiap jam jika Anda bisa. Ketika jerawat mulai muncul mata (komedo putih) , kompres hangat dapat digunakan untuk mengeluarkan nanah yang berada dibawah kulit. Kompres hangat dengan menggunakan washlap 10-15 menit sehari 3-4 kali.

Masker Madu

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Oleskan madu asli pada wajah yang berjerawat sekali atau dua kali seminggu - Madu memiliki sifat antibakteri sehingga sangat bagus untuk desinfektan dan penyembuhan jerawat. Madu juga lembut pada kulit sensitif, sehingga aman digunakan. Madu merupakan moisturizer alami yang memperbaiki proses pembentukan kulit baru (regenerasi kulit).

Sabun yang mengandung sulfur/belerang

Cucilah muka dua kali sehari dengan sabun yang mengandung sulfur yang dirancang untuk jerawat. Cuci muka ketika bangun tidur di pagi hari dan kemudian, tepat sebelum  tidur di malam hari.

Mencuci wajah harus dengan lembut, jangan menggosok atau menggunakan semacam kain kasar. Mencuci wajah secara berlebihan akan merangsang kelenjar sebaceous akhirnya dapat menghasilkan minyak lebih banyak, sehingga meningkatkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Cobalah Tea Tree Oil

Tiga kali sehari, oleskan setetes Tea Tree Oil pada jerawat untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan. Penelitian telah menemukan bahwa 5% tea-tree oil efektif dalam menyembuhkan jerawat karena mengadung solusi benzoyl peroxide 5%.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Makan wortel

Wortel kaya akan beta-karoten (vitamin A) - Vitamin A memperkuat jaringan pelindung kulit dan benar-benar dapat mencegah jerawat. Vitamin A membantu mengurangi produksi sebum. Vitamin ini sangat penting untuk pemeliharaan dan perbaikan jaringan yang kulit dan selaput lendir. Vitamin A juga merupakan antioksidan kuat yang dibutuhkan untuk membersihkan tubuh dari racun. Tahukah Anda bahwa kekurangan vitamin A sebenarnya dapat menyebabkan jerawat.

Kurangi pemakaian make-up

Memakai make up pada kulit akan menyumbat pori-pori, menyebabkan jerawat dan komedo lebih banyak. Jika merasa untuk memakai make-up, pastikan itu produk make-up tersebut berbasis air.

Jangan pencet jerawat

Adanya jerawat pada wajah mungkin sangat menggemaskan dan menggoda untuk memencet, menggaruk, menggosok atau menyentuh jerawat dan komedo tersebut lantaran ingin cepat sembuh. Memencet jerawat sebenarnya meningkatkan produksi sebum. Plus, ketika Anda menekan, maka selaput di bawah kulit dapat pecah, menyebabkan infeksi dan sebum menyebar di bawah kulit. Hasilnya jerawat akan tumbuh lebih banyak.

Cuci sarung bantal

Ketika tidur, sadar atau tidak wajah akan menempel pada sarung bantal setiap hari. Sarung bantal menyerap minyak dari kulit dan akhirnya memudahkan menempelnya debu dan kotoran yang mengandung bakteri sehingga dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu dianjurkan untuk rajin-rajin mencuci sarung bantal setidaknya 3 hari sekali.

Cara Alami Menghilangkan Jerawat  ini dapat Anda mulai dari sekarang, lalu perhatikan apa yang terjadi setelah lebih kurang 4 minggu.

 

Referensi
Ahmed, et al. (2018). Honey as a Potential Natural Antioxidant Medicine: An Insight into Its Molecular Mechanisms of Action. Oxidative medicine and cellular longevity, 2018, 8367846.
American Academy of Dermatology (2014). Acne Can Put a Damper on Hopes of Glowing Skin During Pregnancy.
American Academy of Dermatology AAD. Acne Scars.
American Academy of Dermatology AAD. Acne.
Anthony, K. Healthline (2017). Baking Soda for Acne Treatment.
Anthony, K. Healthline (2017). Carotenoids: Everything You Need to Know
Cafasso, J. Healthline (2017). Home Remedies for Burns.
Chang, B. Everyday Health (2014). 6 Lies You've Heard About Adult Acne.
Drugs (2018). Yes To Tomatoes Acne Fighting Paper Mask.
Edgar, J. WebMD (2011). Medicinal Uses of Honey.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)